Pengetahuan Mahasiswa Biologi mengenai Binomial Nomenclature Makhluk Hidup di Universitas Tidar

Ghina Tsalatsatunnisa, Nabilah Sausan Almaas, Danik Indah Sukmawati, Dwi Nikmatul Izzah, Nastiti Rahayu Pujiyanti, Wiwit Indriyani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman Mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Tidar mengenai Binomial Nomenclature. Data yang dikumpulkan merupakan hasil dari tes keterampilam dan kuisioner mengenai Binomial Nomenclature. Dari 100 responden terdiri dari 50 Mahasiswa Pendidikan Biologi Semester 1 dan 50 Mahasiswa Pendidikan Biologi Semester 3 diperoleh hasil yaitu pada angket yang dibagi menjadi tiga aspek yang pertama untuk Mahasiswa Pendidikan Biologi Semester 1 aspek pengetahuan dengan kriteria baik sebanyak 70% mahasiswa, cukup 20% dan kurang 10%, aspek pemahaman dengan kriteria baik 42% mahasiswa, cukup 34%, dan kurang 24% mahasiswa, terakhir aspek penerapan dengan kriteria baik 22%, cukup 38%, dan kurang 40%. Mahasiswa Pendidikan Biologi Semester 3 memperoleh data sebagai berikut aspek pengetahuan dengan kriteria baik sebanyak 76% mahasiswa, cukup 16% dan kurang 8%, aspek pemahaman dengan kriteria baik 48% mahasiswa, cukup 26%, dan kurang 26% mahasiswa, terakhir aspek penerapan dengan kriteria baik 38%, cukup 22%, dan kurang 40%  Sedangkan pada tes keterampilan pengetahuan nama latin pada kehidupan sehari-hari diperoleh data hanya 35 semester 1 dan semester 3 yang mampu menjawab serta pada test kedua tentang cara penulisan binomial nomenclature,  37% mahasiswa semester 1 dapat menuliskan dengan benar dan 63% mahasiswa semester 3 dapat menuliskan dengan benar. Jadi dapat disimpulkan bahwa sebagian besar mahasiswa mengetahui apa itu Binomial Nomenclature namun tidak dapat mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari serta mahasiswa semester 3 memiliki tingkat pengetahuan yang lebih baik disbanding mahasiswa semester 1.


Full Text:

PDF

References


Amri, A., & Jafar, J. (2016). ANALISIS KESULITAN MAHASISWA MENGHAFAL NAMA-NAMA LATIN DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI ANGKATAN 2014 FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PAREPARE. Jurnal Biotek, 4(2), 262-277.

ANWAR, K. (2014). ANALISIS PENGUASAAN MAHASISWA PGSD FIP UNIMED TERHADAP TERMINOLOGI BAHASA LATIN DALAM MATA KULIAH KONSEP DASAR IPA. ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED, 1(1).

Arikunto, Suharsimi. 2011. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik). Jakarta: Rineka Cipta.

Harsono,T. (1996). Kapita Selekta Pembelajaran Biologi. Diktat Mata Kuliah. FMIPA Unimed.Untuk kalangan Mahasiswa Biologi Unimed.

Indrawan, mochamad. 2012. Biologi Konservasi. Jakarta : Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Kurniawan, D., Aristoteles, A., & Amirudin, A. (2016). Pengembangan Aplikasi Sistem Pembelajaran Klasifikasi (Taksonomi) dan Tata Nama Ilmiah (Binomial Nomenklatur) pada Kingdom Plantae (Tumbuhan) Berbasis Android. Jurnal Komputasi, 3(2).

Marwati, S., & Pertiwi, K. R. MENUMBUHKAN JIWA WIRAUSAHA MAHASISWA MELALUI PRAKTEK KERJA KELOMPOK BUDIDAYA SANSEVIERA.

Silalahi, M. (2016). Pengetahuan Mahasiswa Terhadap Keanekaragaman Tumbuhan di Lingkungan Kampus (Studi Kasus Prodi Pendidikan Biologi UKI). Al-Kauniyah Jurnal Biologi, 9(1), 19-25.

Stearn, W. T. (1959). The background of Linnaeus's contributions to the nomenclature and methods of systematic biology. Systematic zoology, 8(1), 4-22.

Sumerta, I. N., & Kanti, A. (2017). Keanekaragaman khamir yang diisolasi dari sumber daya alam pulau Enggano, Bengkulu dan potensinya sebagai pendegradasi selulosa. Berita Biologi, 15(3), 247-255.

ULFIA, A. M., & INDONESIA, U. N. P. G. R. TINGKAT PENGETAHUAN NAMA-NAMA ILMIAH HEWAN DAN TUMBUHAN PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI TAHUN 2015/2016.

Wallace, A. R. (1874). The Object and Method of Zoological Nomenclature. Nature, 9(223), 258.

Wiryono & Nurliana, S. (2011). The knowledge of Bengkulu University’s forestry students of tree diversity in their campus. Nusantara Bioscience, 3(2), 98-103.

Winkel, W.S. (1989). Psikologi Pengajaran.Jakarta: PT. Grasindo




DOI: https://doi.org/10.31002/nectar.v1i1.982

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 NECTAR : Jurnal Pendidikan Biologi