Editorial Policies

Focus and Scope

Nectar-Jurnal Pendidikan Biologi bertujuan untuk mempublikasikan artikel ilmiah yang berkualitas di bidang Biologi dan Pendidikan Biologi. Artikel yang diterbitkan diharapkan menjadi sumber informasi dan referensi untuk penelitian di bidang terkait. Ruang lingkup artikel yang diterbitkan mencakup bidang-bidang berikut:

  1. Pembelajaran Biologi
  2. Pembelajaran Sains (dalam Topik Biologi)
  3. Sumber Belajar / Bahan Ajar / Media Pembelajaran Biologi
  4. Kurikulum Biologi
  5. Manajemen Sekolah / Manajemen Laboratorium Biologi
  6. Profesi Guru Biologi
  7. Evaluasi Pembelajaran Biologi
  8. Botani     
  9. Zoologi
  10. Ekologi
  11. Genetika
  12. Mikrobiologi
  13. Ilmu Lingkungan
  14. Etnobiologi / Sains

 

Section Policies

Articles

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed
 

Peer Review Process

Nectar: Jurnal Pendidikan Biologi adalah jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Tidar. Setiap artikel yang dikirim ke jurnal ini akan diperiksa oleh tim editorial untuk memastikan kesesuaian artikel dengan fokus dan cakupan jurnal, serta kesesuaian gaya penulisan artikel dengan templat jurnal. Artikel yang telah ditinjau oleh editor dan dipilih pada pemeriksaan awal akan dikirim ke dua pengulas. Kedua pengulas tidak mengetahui identitas dan afiliasi penulis untuk setiap artikel yang diulas (proses tinjauan double-blind). Peninjau memberikan komentar dan saran terkait dengan substansi dan aspek teknis untuk meningkatkan artikel. Artikel yang telah dikomentari oleh pengulas akan dikembalikan ke penulis untuk direvisi. Proses peninjauan untuk setiap artikel memakan waktu sekitar satu bulan. Keputusan akhir untuk penerimaan artikel dan publikasi akan dibuat oleh editor berdasarkan komentar dan saran peninjau.

 

Publication Frequency

Nectar: Jurnal Pendidikan Biologi terbit dua kali setahun, yaitu di Bulan Juni dan Desember.

 

Open Access Policy

This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.

 

Etika Publikasi

Bagian ini menjelaskan aspek etis dari semua pihak yang terlibat dalam publikasi artikel dalam Jurnal Biologi dan Pendidikan Indonesia. Pihak yang terikat dengan etika publikasi ini termasuk penulis, editor, dan pemimpin redaksi. Pernyataan dalam etika publikasi ini didasarkan pada Pedoman Praktik Terbaik COPE untuk Editor Jurnal.
Tugas Author
• Pastikan bahwa artikel yang dikirim adalah artikel asli yang bebas dari plagiarisme.
• Memastikan bahwa artikel yang diserahkan dalam Nectar: Jurnal Pendidikan Biologi belum pernah dipublikasikan sebelumnya, atau sedang dalam proses peninjauan di jurnal lain.
• Penulis hanya diperbolehkan untuk mengirimkan artikel ke jurnal lain jika ia telah menerima surat penolakan dari jurnal ini, atau jika penulis mengirim surat penarikan artikel yang disetujui oleh jurnal.
• Mengikuti setiap proses dalam publikasi dengan baik, termasuk mengirim artikel yang direvisi berdasarkan rekomendasi peninjau dalam waktu yang telah ditentukan.
Tugas Reviewer
• Menyatakan adanya konflik kepentingan dengan jurnal sebelum menerima penugasan ulasan artikel.
• Tinjau artikel yang telah diserahkan oleh editor secara objektif dan profesional.
• Tuliskan saran dan komentar tentang substansi dan aspek teknis dari artikel, termasuk yang terkait dengan metodologi, hasil, dan diskusi.
• Laporkan jika ada masalah etika yang muncul dalam artikel yang ditinjau oleh Pemimpin Redaksi.
• Waspadai elemen-elemen plagiarisme dan berbagai publikasi dalam artikel yang sedang ditinjau.
• Melaksanakan tugas review sesuai dengan periode waktu yang telah dialokasikan. Perpanjangan waktu untuk meninjau artikel harus sesuai dengan Pemimpin Redaksi.
Tugas Editor
• Periksa semua artikel yang dikirimkan untuk menghindari plagiarisme dan pelanggaran akademik.
• Periksa kesesuaian gaya penulisan artikel dengan templat jurnal.
• Memastikan bahwa semua artikel yang telah lulus ujian awal diteruskan untuk ditinjau oleh pengulas sesuai dengan bidang keahlian masing-masing.
• Memastikan bahwa artikel yang ditugaskan untuk setiap pengulas tidak bertentangan dengan konflik kepentingan.
• Pastikan kerahasiaan identitas penulis sebelum artikel dikirim ke pengulas.
• Memastikan kerahasiaan naskah, tidak menyajikan informasi apa pun tentang naskah tersebut kepada pihak-pihak yang tidak ada hubungannya dengan proses publikasi.
• Memberikan informasi yang jelas kepada penulis mengenai kriteria untuk artikel yang memenuhi syarat untuk publikasi, dan tahapan publikasi mulai dari pengiriman hingga penerbitan.
• Mencari pandangan penulis, pembaca, pengulas dan anggota dewan editorial tentang bagaimana meningkatkan proses jurnal mereka.

 

Author Guidelines

Nectar: Jurnal Pendidikan Biologi adalah jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tidar. Jurnal ini menerima dan menerbitkan artikel penelitian yang belum pernah dipublikasikan sebelumnya. Fokus dan ruang lingkup jurnal ini adalah di bidang Biologi dan Pendidikan Biologi yang meliputi:

  • Pembelajaran Biologi
  • Pembelajaran Sains (dalam Topik Biologi)
  • Sumber Belajar / Bahan Ajar / Media Pembelajaran Biologi
  • Kurikulum Biologi
  • Manajemen Sekolah / Manajemen Laboratorium Biologi
  • Profesi Guru Biologi
  • Evaluasi Pembelajaran Biologi
  • Botani
  • Zoologi
  • Ekologi
  • Genetika
  • Mikrobiologi
  • Pendidikan Lingkungan Hidup
  • Etnobiologi / Sains

Penulis dapat mengirimkan artikel secara online melalui halaman web Nectar (http://jom.untidar.ac.id/index.php/nectar). Tahapan publikasi mulai dari pengiriman artikel, review, dan publikasi dapat dipenuhi melalui halaman. Korespondensi antara penulis dan tim jurnal dapat dilakukan melalui email di nectar@untidar.ac.id.

Beberapa ketentuan yang harus diperhatikan oleh penulis dalam menerbitkan artikel di Nectar: Jurnal Pendidikan Biologi meliputi yang berikut ini.

  • Penulis harus memastikan bahwa artikel yang dikirim ke Nectar: Jurnal Pendidikan Biologi adalah artikel asli yang belum dipublikasikan atau sedang dipertimbangkan untuk dipublikasikan di jurnal lain. Selain itu, penulis harus memastikan bahwa artikel yang dikirimkan tidak mengandung unsur plagiarisme.
  • Penulis yang mengirimkan naskah ke halaman jurnal Nectar: Jurnal Pendidikan Biologi telah setuju untuk mentransfer hak cipta ke Universitas Tidar.
  • Penulis harus memastikan bahwa artikel berada dalam fokus dan ruang lingkup jurnal dan diformat sesuai dengan template Nectar. Untuk memudahkan persiapan artikel, gunakan template yang disediakan dengan menyalin dan menempelkan teks hanya di template, menyesuaikan dengan gaya yang disediakan.