About the Journal

Focus and Scope

Nectar-Jurnal Pendidikan Biologi bertujuan untuk mempublikasikan artikel ilmiah yang berkualitas di bidang Biologi dan Pendidikan Biologi. Artikel yang diterbitkan diharapkan menjadi sumber informasi dan referensi untuk penelitian di bidang terkait. Ruang lingkup artikel yang diterbitkan mencakup bidang-bidang berikut:

  1. Pembelajaran Biologi
  2. Pembelajaran Sains (dalam Topik Biologi)
  3. Sumber Belajar / Bahan Ajar / Media Pembelajaran Biologi
  4. Kurikulum Biologi
  5. Manajemen Sekolah / Manajemen Laboratorium Biologi
  6. Profesi Guru Biologi
  7. Evaluasi Pembelajaran Biologi
  8. Botani     
  9. Zoologi
  10. Ekologi
  11. Genetika
  12. Mikrobiologi
  13. Ilmu Lingkungan
  14. Etnobiologi / Sains

Peer Review Process

Nectar: Jurnal Pendidikan Biologi adalah jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Tidar. Setiap artikel yang dikirim ke jurnal ini akan diperiksa oleh tim editorial untuk memastikan kesesuaian artikel dengan fokus dan cakupan jurnal, serta kesesuaian gaya penulisan artikel dengan templat jurnal. Artikel yang telah ditinjau oleh editor dan dipilih pada pemeriksaan awal akan dikirim ke dua pengulas. Kedua pengulas tidak mengetahui identitas dan afiliasi penulis untuk setiap artikel yang diulas (proses tinjauan double-blind). Peninjau memberikan komentar dan saran terkait dengan substansi dan aspek teknis untuk meningkatkan artikel. Artikel yang telah dikomentari oleh pengulas akan dikembalikan ke penulis untuk direvisi. Proses peninjauan untuk setiap artikel memakan waktu sekitar satu bulan. Keputusan akhir untuk penerimaan artikel dan publikasi akan dibuat oleh editor berdasarkan komentar dan saran peninjau.

Publication Frequency

Nectar: Jurnal Pendidikan Biologi terbit dua kali setahun, yaitu di Bulan Juni dan Desember.

Open Access Policy

This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.