Analisis Teaching Factory terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Tingkat Akhir

Venty Zuslia, Hesti Prihandari, Bella Maya Triana, Laelatul Mifidah, Chidatun Nikmah, Elok Faiqoh, Achmad Ali Fikri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Teaching Factory terhadap motivasi belajar pada mahasiswa tingkat akhir. Penelitian ini menggunakan pendakatan kualitatif dengan metode studi kasus. Sample diambil dengan menggunakan teknik nonprobabiliy sampling dengan bentuk purposive sample. Populasi yang digunakan adalah seluruh mahasiswa Tadris Biologi IAIN Kudus. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan instrumen kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perhitungan frekuensi teaching factory terhadap  motivasi belajar mahasiswa tingkat akhir diperoleh nilai pada kategori yang kurang baik sehingga adanya penerapan teaching factory tidak berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi belajar mahasiswa tingkat akhir.


Full Text:

PDF

References


Amar, A. F., Hidayat, D., & Suherman, A. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Teaching Factory 6 Langkah (Model Tf-6M) Untuk Meningkatkan Motivasi Berprestasi Siswa Di Smk. Journal of Mechanical Engineering Education, 2(2), 189. https://doi.org/10.17509/jmee.v2i2.1479

Araujo, (2017). STUDI KASUS DALAM PENELITIAN KUALITATIF: KONSEP DAN PROSEDURNYA. Вестник Росздравнадзора, 6, 5–9.

Cahyani, A., Listiana, I. D., & Larasati, S. P. D. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 123–140. https://doi.org/10.37542/iq.v3i01.57

Dadang, M. H. (2011). Model Pembelajaran Teaching Factory Untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa Dalam Mata Pelajaran Produktif. 229.

Direktorat PSMK. (2015). Panduan Pelaksanaan Teaching factory. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Teknik Otomotif UMP 23 Mei 2015 TEACHING, 3(20), ISSN: 2338-0284. http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/penelitian/ibnu-siswanto-mpd/teaching-factory-bidang-keahlian-otomotif.pdf

Emda Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry Banda Aceh, A. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 93–196.

Fathurrohman, W. (2016). Pelaksanaan Teaching Factory ( Tefa ) Pada Program Keahlian Teknologi Dan Rekayasa Di Smk Negeri 4 Semarang.

Masni, H. (2015). Strategi meningkatkan motivasi belajar mahasiswa. Dikdaya, 5(1), 34–45.

Mendari, A. S., & Kewal, S. S. (2016). Motivasi Belajar Pada Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 13(2). https://doi.org/10.21831/jpai.v13i2.10304

Mustaqim, I. (2020). Pengaruh Kompetensi Dosen, Kurikulum Dan Motivasi Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa. Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal, 1(1), 63–75. https://doi.org/10.47467/reslaj.v1i1.67

Pujadi, A. (2007). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Mahasiswa: Studi Kasus pada Fakultas Ekonomi Universitas Bunda Mulia, (Vol. 3, Issue 1, pp. 40–51). http://eprints.utm.my/id/eprint/6091/1/aziziyahbrahamMaslow.pdf

Siswanto, I. (2011). Pelaksanaan Teaching Factory untuk Meningkatkan Kompetensi dan Jiwa Kewirausahaan Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Seminar Nasional 2011 “Wonderful Indonesia,” 396–404. http://staffnew.uny.ac.id/upload/198212302008121009/penelitian/Pelaksanaan+teaching+factory+untuk+meningkatkan+kompetensi+dan+jiwa+kewirausahaan+siswa+SMK.pdf

Triyono, M. B. (2015). teaching factory . Teaching factory. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Teknik Otomotif UMP 23 Mei 2015 TEACHING, 3(20), ISSN: 2338-0284. http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/penelitian/ibnu-siswanto-mpd/teaching-factory-bidang-keahlian-otomotif.pdf

Wijaya, M. (2013). Model Pengelolaan Teaching Factory Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Penelitian Pendidikan Unnes, 30(2), 125060. https://doi.org/10.15294/jpp.v30i2.5673

Winata, P. (2012). Implementasi Pembelajaran Teaching Factory Di Smk Negeri 2 Yogyakarta. Retrieved from http://eprints.uny.ac.id




DOI: https://doi.org/10.31002/nectar.v3i1.2270

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 NECTAR : Jurnal Pendidikan Biologi