Fermentasi Kecap Ikan dengan Enzim Proteolitik Aplikasi Bioteknologi di Bidang Pengolahan Produk Perikanan

Haifar Amru Zein Al Hasan, Adli Afuza Priswanto, Rifda Nur Laila, Salma Puspita Sari, Siti Marfuah, Gilbert Andreas Sinaga

Abstract


Bioteknologi dalam bidang perikanan mengalami perkembangan yang cukup
pesat. Pemanfaatan bioteknologi dalam bidang perikanan salah satunya adalah fermentasi ikan runcah yang diolah menjadi kecap asin. Tujuan dari tulisan ini yaitu untuk mengetahui peran bioteknologi di bidang perikanan dan proses pembuatan kecap ikan dengan bantuan enzim proteolitik. Dalam pembuatan tulisan ini ditinjau berdasarkan studi literatur. Pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini dengan melakukan pencarian data dan
informasi melalui dokumen-dokumen tertentu yang dapat mendukung dalam
proses penulisan. Data yang diperoleh merupakan data sekunder. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, disimpulkan bahwa peran bioteknologi dalam bidang perikanan, yaitu penambahan enzim proteolitik dalam olahan
fermentasi kecap ikan. Penambahan enzim proteolitik dapat mempersingkat
waktu produksi kecap ikan tanpa mengurangi maupun menghilangkan aroma,
rasa, mutu, dan kandungan nutrisi yang terkandung dalam kecap ikan. Sumber dari enzim ini bisa didapatkan salah satunya dari getah pepaya.

References


Apriyani, I. (2017). Budidaya Ikan Lele Sistem Bioflok: Teknik Pembesaran Ikan Lele Sistem BioflokKelola Mina Pembudidaya. Deepublish.

Arfarita, N. (2015). Isolasi dan identifikasi bakteri penghasil protease yang diskrining dari terasi. el–Hayah, 5(3), 119-122.

Basmal, J. (1993). Pembuatan kecap ikan. di dalam Kumpulan hasil hasil penelitian pascapanen perikanan (Eds. Suparno,

Nasran, S. and Setiabudi, E.). Pusat Penelitian dan Pengembangan Perikanan. Jakarta. hal.140-141

Hendrawati, Heni. (2016). ANALISIS POTENSI TENAGA KERJA LOKAL DI KAWASAN BANDARA INTERNASIONAL JAWA BARAT (BIJB) DI KECAMATAN KERTAJATI KABUPATEN MAJALENGKA. S1 thesis, Universitas Pendidikan Indonesia.

Hidayat, G., Dewi, E. N., & Rianingsih, L. (2016). KARAKTERISTIK GELATIN TULANG IKAN NILA DENGAN HIDROLISIS MENGGUNAKAN ASAM FOSFAT DAN ENZIM PAPAIN (Characteristics of Bone Gelatin Tilapia (Oreochromis niloticus) Processed by Using Hydrolysis With Phosphoric Acid and Papain Enzyme). Jurnal Pengolahan Hasil Perikanan Indonesia, 19(1), 69-78.

Irianto, I. H. E. (2012). Produk Fermentasi Ikan. Jakarta: Penebar Swadaya Grup.

Isnawati, et al. (2015). Teknologi Pengolahan Hasil Perikana Jilid I. Yogyakarta: Liberty.

Kania, F. D. (2019). PENGGUNAAN EKTRAK DAUN SENGON DAN KULIT BUAH PEPAYA MUDA SEBAGAI SURFAKTAN DALAM PEMBUATAN BIODETERGEN CAIR (Doctoral dissertation, Politeknik Negeri Sriwijaya).

Moeljanto. (1992). Pengawetan dan Pengolahan Hasil Perikanan. Jakarta: Penebar Swadaya.

Mustofa, A.G. 2009. Application of dried papaya (Carica papaya L.) latex as a proteolytic enzymes source for increasing on the fertilizing rate and the hatching rate of the carps (Cyprinus carpio L.s) eggs. Torani (Jurnal Ilmu Kelautan dan Perikanan). 19 (1): 8 – 18.

Nurfadilah, N. (2018). PENGARUH PENAMBAHAN BUAH NENAS DAN GARAM DENGAN KONSENTRASI YANG BERBEDA DALAM PEMBUATAN KECAP IKAN LAYANG DECAPTERUS SP TERHADAP TOTAL COLONI BAKTERI. Jurnal Pengolahan Pangan, 3(2), 38-42.

Ridawati. (2017). Profil Sensori Hidrolisat Kecap Ikan lele (Clarias batracus) dengan Enzim Papain. Repository Universitas Negeri Jakarta.

Sari, F. R. (2015). Formulasi Sediaan Hidrogel Dengan Metode Beku-Leleh Mengandung Serbuk Enzim Papain Getah Buah Pepaya Muda (Carica Papaya L.) Sebagai Pembalut Luka.

Suhartono, S., & Artika, W. (2017). Isolasi dan uji aktivitas protease dari aktinobakteri isolat lokal (AKJ-09) Aceh. Jurnal Bioleuser, 1(3).

Uddin, Md.E., P. Maitra, H. Md. Faruquee, and Md. F. Alam. (2014). Isolation and characterization of proteases enzyme from locally isolated Bacillus sp. American J. of Life Sciences, 2(6): 338-344.

Winarno, F. G. (2019). Kimia pangan dan gizi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Yazid, E. A. (2016). PENENTUAN WAKTU FERMENTASI DAN pH OPTIMUM AKTIVITAS PROTEASE DARI HASIL FERMENTASI CAMPURAN MENGKUDU (Morinda citrifolia L), NANAS (Ananas comosus L), PISANG (Musa paradisiaca L) DENGAN METODE SPEKTROFOTOMETRI. Jurnal Sains, 6(11).




DOI: https://doi.org/10.31002/nectar.v2i1.1589

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 NECTAR : Jurnal Pendidikan Biologi