Media Pembelajaran Biolarga (Biologi Ular Tangga) untuk Menghafal Nama-Nama Ilmiah

Akhmat Sofiyan, Anissa Fellytania Maris, Zumrotul Affiyah, Luluk Khumaiya

Abstract


Materi Biologi sering kali dianggap sulit oleh mayoritas siswa khususnya dalam memahami istilah-istilah dan konsep biologi. Hal tersebut tergambarkan pada materi nama-nama ilmiah mahluk hidup yang dianggap sulit dikarenakan bahasa yang digunakan merupakan bahasa latin yang asing bagi peserta didik dan peserta didik sulit untuk menghafal nama-nama ilmiah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk membuat sebuah media pembelajaran biologi bernama BIOLARGA (BIOlogi uLAR tangGA) yang digunakan untuk memudahkan peserta didik dalam menghafal nama-nama ilmiah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) model 3-D (Define, Design, Develop). Hasil penelitian ini berupa media pembelajaran biologi yaitu BIOLARGA (BIOlogi uLAR tangGA) yang digunakan sebagai media pembelajaran pada materi nama-nama ilmiah, yang nantinya diharapkan dapat membantu memudahkan peserta didik dalam menghafal nama-nama ilmiah hewan dan tumbuhan, dikarenakan nama-nama ilmiah hewan dan tumbuhan menggunakan bahasa yang latin yang sulit untuk dipahami peserta didik. Kelebihan media pembelajaran ini diantaranya adalah pembuatannya mudah, murah, dan dapat mengembangkan kreativitas siswa, serta media ini akan membuat siswa lebih aktif dalam belajar karena media ini menggunakan cara bermain sambil belajar.

Full Text:

PDF

References


Achmad Munib (2004) Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: UPT MKK UNNES

Agustiya, dkk. 2017. Influence of CTL Model by Using Monopoly Game Media to The Student’s Motivation and Science Learning Outcomes. Journal of Primary Education.6 (2).114-119.

Ainley, M., Hidi, S., &Berndorff, D. (2002).Interest, learning and the psychological processes that mediate their relationship. Journal of Edu‐cational Psychology, 94,(3), 545‐561

Diana. (2012). Efektivitas permainan ular tangga untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak ADHD.Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 1, (3)

Ferry, D. (2019).Peningkatan Hasil Belajar dan Keaktifan Mahasiswa Melalui Strategi Pembelajaran Peta Konsep pada Mata Kuliah Evolusi.Journal on Educatio.

Fitri, H. & Ismulyati, S. 2016. Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Media Animasi pada Materi Koloid di Kelas XI IPA3 SMAN 1 Unggul Darul Imarah Aceh Besar. Jurnal Edukasi Kimia, 1(1), 19-24.

Hafrison, Mohd. 2008. Permainan dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara di Kelas Rendah Sekolah Dasar: Sebuah Alternatif Model Pembelajaran Bahasa Bernuansa Psikolinguistik. Jurnal Bahasa dan Seni, Vol.9 No. 2 halaman 116-125.

Handayani, K. D., Nyoman, D., &Wayan, L. (2013).Penerapan permainan tradisional meong-meongan untuk perkembangan sikap sosial anak kelompok B taman kanak-kanak Astiti Dharma Penatih Denpasar. e-Journal Program Pasca sarjana Universitas Pendidikan Ganesa Jurusan Pendidikan Dasar, Vol. 3.

Harahap, H.S. (2019). Pengembangan Media Ajar Interaktif Biologi Berbasis Macromedia Flash dalam Komputer pada Materi Sistem Pernapasan Manusia.Jurnal Pembelajaran dan Biologi Nukleus, 5(2), 54-66.DOI : 10.36987/jpbn.v5i2.1356

Irawan, A., & Wardani, M. A. (2017).Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Menggunakan Permainan Ular Tangga pada Tingkat Sekolah Menengah Pertama. JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran): Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 2(2), 342-248.

Iswinarti. (2010). Nilai-nilai terapiutik permainan tradisional engklek untuk anak usia sekolah dasar. Naskah Publikasi. Penelitian Dasar Keilmuwan. Fakultas Psikologi. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang

Lestari, W. D., Yuhanna, W. L., & Lukitasari, M. (2020).Pengembangan Media Bio Pop-Up Book Terintegrasi Science, Environment, Technology, And Society (SETS) pada Pembelajaran Biologi Materi Daur Biogeokimia. Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 8(2), 130-139.

Maslahah, U. (2013). Peningkatan kemampuan kognitif anak melalui permainan ular tangga raksasa. Jurnal ilmiah PG-PAUD IKIP Veteran Semarang

Nawawi, N., Kusnoto, Y. (2019). An analysis of online game influence toward the biology learning achievement of students at sman 1 suhaid and smpn 1 suhaid, kapuas hulu. Indonesian Journal of Biology Education, 2(2), 14-20. DOI: 10.31002/ijobe.v2i2.1790

Nurseto, T. (2011).Membuat media pembelajaran yang menarik.Jurnal Ekonomi & Pendidikan, 8, (1).

Pramita, A. (2016). Pengembangan Media Permainan Ular Tangga pada Materi Senyawa Hidrokarbon Kelas XI SMA untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa (Development Of Media Snakes and Ladders Game On Hydrocarbon Compound XI Grade Senior High School To Improve Understanding The Concept of Students). Unesa Journal of Chemical Education, 5(2).

Sinta, S., & Hera, R. (2020).Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Berbasis Microsoft Power Point untuk Meningkatkan Pemahaman dan Motivasi Siswa Kelas X pada Materi Virus di SMA Swasta Darul Aitami Meureubo. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(1)

Siskawati, M., Pargito, P., & Pujiati, P. (2016).Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli untuk Meningkatkan Minat Belajar Geografi Siswa. Jurnal studi sosial, 4(1).

Sudirman.(2012). Pegembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pedagogia.

Supardi, Suparman. 2010. Gaya Mengajar yang Menyenangkan Siswa. Yogyakarta: Pinus Book Publisher.

Susanto, A., Raharjo., Muji S. R. (2012). Permainan Monopoli sebagai Media Pembelajaran Sub Materi Sel pada Siswa SMA Kelas XI IPA.Jurnal Pendidikan Biologi Volume 1 No. 1 : Universitas Negeri Surabaya




DOI: https://doi.org/10.31002/nectar.v1i2.1360

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 NECTAR : Jurnal Pendidikan Biologi