Analisis Kendala Mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Tidar Saat Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19

Melinda Nur Khasanah, Trianti Ningrum, Ivana Riqoh Aprilia

Abstract


Program studi pendidikan biologi Universitas Tidar telah memberlakukan pembelajaran daring mulai semester genap tahun akademik 2019/2020 sebagai upaya memastikan perkuliahan tetap berjalan di masa pandemi Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kendala yang dialami mahasiswa pendidikan biologi saat pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode penelitian survai deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket yang berisi 11 pertayaan yang dibagikan kepada mahasiswa pendidikan biologi angakatan 2018, 2019, dan 2020. Hasil penelitian ini menunjukkan beberapa kendala mahasiswa saat pembelajaran daring diantaranya yaitu: motivasi belajar yang menurun, lingkungan yang kurang mendukung, perangkat yang kurang memadahi, jaringan internet yang sulit, pemenuhan kebutuhan kuota, kesulitan memahami materi, kendala mengerjakan kuis, tugas maupun pengumpulannya. Prosentase responden yang mengalami kendala saat pembelajaran daring yaitu sebanyak 61,87%, sedangakan prosentase responden yang tidak mengalami kendala saat pembelajaran daring sebanyak 38,13%. Kendala yang dialami oleh para mahasiswa pendidikan biologi saat pembelajaran daring akan membuat pembelajaran daring menjadi tidak maksimal, sehingga penelitian ini diharapkan memiliki kontribusi sebagai evaluasi maupun acuan perbaikan pembelajaran agar pelaksanaan pembelajaran daring menjadi lebih baik kedepannya.

Kata Kunci: Kendala, pembelajaran daring, pandemi Covid-19


Full Text:

PDF

References


Bao, W. (2020). COVID-19 and Online Teaching in Higher Education : A case study of Peking University. March, 113–115. https://doi.org/10.1002/hbe2.191

Basilaia, G., & Kvavadze, D. (2020). Transition to Online Education in Schools during a SARS-CoV-2 Coronavirus (COVID-19) Pandemic in Georgia. Pedagogical Research, 5(4), em0060. https://doi.org/10.29333/pr/7937

Fitriyani, Ellya Helmud. (2016) “Pemilihan Paket Internet Android Pada Operator Telepon GSM Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP)”, Jurnal Sistem Infromasi, vol. 8, no. 1, ISSN Print: 2085-1588,

Goldschmidt, K., & Msn, P. D. (2020). The COVID-19 pandemic : Technology use to support the wellbeing of children. Journal of Pediatric Nursing, xxxx, 3–5. https://doi.org/10.1016/j.pedn.2020.04.013

Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Indonesia. (2020). Data COVID-19 Global dan Indonesia. Retrieved from https://covid19.go.id/

Hadisi, L., & Muna, W. (2015). Pengelolaan Teknologi Informasi dalam Menciptakan Model Inovasi Pembelajaran (E-Learning). Jurnal Al-Ta’dib, 8(1), 117–140.

Humas Untidar (2020, November 25). Berita terkini. Retrieved from https://untidar.ac.id

Kemendikbud (2020, November 25). Retrieved from www.kemdikbud.go.id

Lee, A. (2020). Wuhan Novel Coronavirus (COVID-19): why global control is challenging?. Public Health. January: 19 – 21. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.puhe.2020.02.001

Riduwan. 2006. Metode dan Teknik Penyusunan Tesis. Bandung: Alfabeta

Sari, P. (2015). Memotivasi Belajar dengan Menggunakan E-Learning. Jurnal Ummul Quro, 6(2), 20–35.

Sun, L., Tang, Y., & Zuo, W. (2020). Coronavirus pushes education online. Nature Materials, 20200205. https://doi.org/10.1038/s41563-020-0678-8

Verawardina, U., Asnur, L., Lubis, A. L., & Hendriyani, Y. (2020). Reviewing Online Learning Facing the Covid-19 Outbreak. 12(3), 385–392.

Wahyono, P., & Husamah, H. (2020). Guru profesional di masa pandemi COVID-19: Review implementasi, tantangan, dan solusi pembelajaran daring. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(1). https://doi.org/10.22219/jppg.v1i1.12462

Witular, P., Septarina Budiwati, S. H., & MH, C. (2018). Tinjauan Yuridis terhadap Tanggung Jawab Pihak Telkom kepada Konsumen Terkait dengan Gangguan Jaringan Internet pada Pemasangan WI-FI (Ditinjau dari Undang-undang ITE dan Undang-undang Perlindungan Konsumen) (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).




DOI: https://doi.org/10.31002/nectar.v1i2.1348

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 NECTAR : Jurnal Pendidikan Biologi