Pengetahuan Mahasiswa Pendidikan Biologi Tentang Peralatan Laboratorium Biologi

Noverilita Pramesti Baby Ayuni, Meifiqih Zunaena, Rezti Dwi Oktaviani, Nina Kristinah, Safira Yuliyati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk  mengetahui tingkat pemahaman  pengetahuan alat-alat laboratorium. Metode yang dilakukan dengan cara metode survey. Metode survey dengan cara membagikan angket kepada 100 responden mahasiswa pendidikan Biologi semester 1 tahun ajaran 2019/2020.Penelitian ini dilaksanakan di Universitas Tidar, Magelang pada bulan Desember 2019. Data dikumpulkan dengan kuesioner dan tes pengetahuan. Hasil data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data yaitu tingkat pemahaman mahasiswa terhadap jenis dan fungsi alat laboratorium sebesar 51,48 dan termasuk dalam kategori rendah.


Full Text:

PDF

References


Ardhiansyah, dkk. (2011) . Pendidikan Biologi yang Berorientasi Pada Peserta Didik dengan Berwawasan Lingkungan. Jurusan Pendidikan Biologi : Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta.

Asphriyani, Desi (2016) Meningkatkan kreativitas anak melalui bentuk dasar geometri pada anak kelompok b Tk aisyiyah 58 surakarta Tahun ajaran 2015/2016. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Barnawi. 2012. Manajemen Sarana Dan Prasarana Sekolah. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Bektas, O., Tuysuz, M., Kirbulut, Z. D., & Cetin-Dindar, A. (2011). Pre-service chemistry teachers’ knowledge regarding laboratory equipment and their functions. Procedia- Social and Behavioral Sciences, 15, 510-514.

Bua, A. T. Laporan Praktikum Instrumentasi Pengenalan Alat Laboratorium Dan Pembuatan Reagen.

Decaprio, Ricard. 2013. Tips Mengelola Laboratorium Sekolah. Yoyyakarta: Diva Press.

Dewi, I. S., Sunariyati, S., & Neneng, L. (2014). Analisis Kendala Pelaksanaan Praktikum Biologi di SMA Negeri Se-Kota Palangka Raya. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 2(1).

Dinatha, N. M. (2018). Profil Pengetahuan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ipa Terhadap Alat Laboratorium Dan Fungsinya Pada Mata Kuliah Praktikum Kimia Dasar. Imedtech: Instructional Media, Design And Technology, 1(2)

Hamidah, A. (2014). Persepsi Siswa Tentang Kegiatan Praktikum Biologi di Laboratorium SMA Negeri Se-Kota Jambi. Sainmatika: Jurnal Sains dan Matematika Universitas Jambi, 8(1).

Imam Mashudi, M. O. H. (2015). Sistem Penggerak Pada Media Pembelajaran Mesin Motor 4 Langkah. Jurnal Rekayasa Mesin, 2(03).

Indy, R., Waani, F. J., & Kandowangko, N. (2019). Peran Pendidikan Dalam Proses Perubahan Sosial Di Desa Tumaluntung Kecamatan Kauditan Kabupaten Minahasa Utara. Holistik, Journal Of Social and Culture.

Juvitasari, P. M., Melati, H. A., & Lestari, I. Deskripsi Pengetahuan Alat Praktikum Kimia Dan Kemampuan Psikomotorik Siswa Man 1 Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(7).

Mustaji. 2009. Workshop Penyusunan Panduan Penggunaan Laboratorium Di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya Rabu, 23 Desember 2009.

Riandi, 2012. Diakses tanggal 9 Januari 2019. Pengelolaan Laboratorium. Diakses tanggal 5 Januari 2013.

Rustaman, N. (1995). Peranan praktikum dalam pembelajaran biologi. Bandung: ____.

Soetarto, E.S., Suharni. T.T, Nastiti. S.Y dan Sembiring, L. 2008. Petunjuk Praktikum Mikrobiologi Untuk Mahasiswa Fakultas Biologi. Laboratorium Mikrobiologi Fakultas Biologi Universitas Gadjah Mada : Yogyakarta

Suryani, D. A. (2015). Pemanfaatan Laboratorium Pancasila Sebagai Media Pembelajaran Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Di Smp Negeri 1 Bantul (Doctoral Dissertation, Universitas Negeri Semarang).

Suwarno,Wiji. (2006). Dasar-dasar Ilmu Pendidikan, (Yogyakarta: Ar-Ruzz)

Winarsih, S. (2007). Pengaruh Persepsi Mutu Pembelajaran Praktek Laboratorium Kebidanan terhadap Kepuasan Mahasiswa di Program Studi Kebidanan Magelang Poltekkes Semarang Tahun 2007 (Doctoral dissertation, Program Pasca Sarjana Universitas Diponegoro)




DOI: https://doi.org/10.31002/nectar.v1i1.979

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 NECTAR : Jurnal Pendidikan Biologi