Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik Konsep Protista Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk SMA Kelas X

Siti Rukmanah, Aulia Ajizah, Riya Irianti

Abstract


Konsep Protista di SMA merupakan materi yang cukup sulit untuk dipelajari, karena berkaitan dengan makhluk hidup yang berukuran sangat kecil, sehingga untuk mempelajarinya; terutama mengklasifikasikannya diperlukan pengamatan terhadap makhluk hidup tersebut. Pengamatan secara langsung mengalami beberapa kendala, antara lain memerlukan mikroskop dan keterampilan peserta didik untuk dapat melakukan pengamatan secara benar. Oleh karena itu, disajikan Lembar kerja peserta didik (LKPD) yang di dalamnya terintegrasi langkah-langkah pendekatan saintifik dan dikerjakan secara online oleh peserta didik.  Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan kesesuaian dan kelayakan, keterbacaan dan respon peserta didik terhadap LKPD yang dikembangkan. Pengembangan LKPD menggunakan model 4-D yang terdiri atas Define, Design, Develop, dan Dissemination. Validasi produk dilakukan oleh 3 orang ahli materi, uji keterbacaan dan respon dilakukan oleh peserta didik terpilih. Hasil penelitian menunjukkan kategori yang sesuai dengan skor 4,33 dan kelayakan sebesar 4,49 yang berarti sangat layak. Uji keterbacaan tergolong sangat baik dengan nilai 4,57 dan mendapatkan respon yang sangat positif (4,47).



Full Text:

PDF

References


Andrian, Y., & Rusman. (2019). Implementasi Pembelajaran Abad 21 dalam Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 12(1), 14-23. DOI: 10.21831/jpipfip.v12i1.20116

Herawati, E. P., et al. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Interaktif untuk Pembelajaran Konsep Mol di Kelas X SMA. Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia, 3(2), 168-178. DOI: 10.36706/jppk.v3i2.8163

Hiroh, A. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Biologi Berbasis Problem Based Learning pada Materi Sistem Ekskresi untuk Peserta didik Kelas XI Sekolah Menengah Atas. Skripsi. Jambi: Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Faizah, S. N. (2017). Hakikat Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(2), 175-185. DOI: 10.30736/atl.v1i2.85

Fuad, A., et al. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran E-Magazine sebagai Sumber Belajar Biologi Siswa Kelas XII. Jurnal Biology Teaching and Learning, 3 (1), 38-45. DOI: 10.35580/btl.v3i1.14298

Istikharah, R., dan Zulkifli S. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Kelas X SMA/MA pada Materi Pokok Protista Berbasis Pendekatan Ilmiah. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 12(1), 1-6. DOI: 10.24114/jpms.v12i1.9001

Kartika, N. A. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Biologi sebagai Bahan Ajar pada Materi Sistem Regulasi. Skripsi. Bandar Lampung: Universitas Islam Negeri (Uin) Raden Intan Lampung.

Lathifah, M. F., et al. (2021). Efektifitas LKPD Elektronik sebagai Media Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19 untuk Guru di YPI Bidayatul Hidayah Ampenan. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(2), 25-30. DOI: 10.29303/jpmpi.v3i2.668

Lorenza, A. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) Berbasis Proyek pada Tematik di Kelas III Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ittihad Kota Jambi. Skripsi. Jambi: Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin.

Lubis, I. R., & Ichsan, J. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Berbasis Android untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Prestasi Kognitif Peserta Didik SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 1(2), 191- 201. DOI: 10.21831/jipi.v1i2.7504

Magdalena, I., et al. (2020). Analisis Pengembangan Bahan Ajar. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2(2),170-187.DOI:10.36088/nusantara.v2i2.805

Prastowo, A. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Putra, F. R. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Berbasis Model Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk Kelas VIII SMP Negeri 12 Padang. Skripsi. Padang: Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) PGRI Sumatera Barat.

Rasuh, N. T. (2021). Pengembangan LKPD Interaktif Berbasis Liveworksheets pada Topik Hidrolisis Garam untuk Mengidentifikasi Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik SMA. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Razak, M., et al. (2016). Efektifitas Pendekatan Saintifik terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Kognitif Biologi Peserta Didik kelas XII IPA SMA Negeri 4 Watampone. Jurnal Sainsmat, 5(1), 58-73. DOI: 10.35580/sainsmat5130502016

Setyobudi, E, A. (2017). Pembelajaran Materi Protista Berbasis Laboratorium untuk Pencapaian Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Sufairoh. (2016). Pendekatan Saintifik dan Model Pembelajaran K-13. Jurnal Pendidikan Profesional, 5(3), 116-125.

Thiagarajan, S., et al. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook. Bloomington: Indiana University.

Ulviani, Y., et al. (2017). Pengembangan LKS Berdasarkan Identifikasi Tumbuhan Paku Epifit pada Batang Kelapa Sawit. Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, 1(1), 109-116. DOI: 10.33369/diklabio.1.1.105-112

Qodriyah, L. (2019). Kelayakan Bahan Ajar pada Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 yang Disusun oleh Pendidik SMA Kelas XI di Kabupaten Demak. Skripsi. Demak: Universitas Negeri Semarang.

Yatno, R., et al. (2015). Media Pembelajaran Berbentuk Komik Berpendekatan Pengembangan Kontekstual pada Tema Bunyi untuk Siswa SMP/MTs. Unnes Science Education Journal, 4 (2), 828-834. DOI: 10.15294/usej.v4i2.7727




DOI: https://doi.org/10.31002/nectar.v3i2.2557

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 NECTAR : Jurnal Pendidikan Biologi