Keanekaragaman Cyperaceae di Kawasan Persawahan Desa Tanipah Sebagai Bahan Pengayaan Konsep Keanekaragaman Hayati Berbentuk E-Booklet

Riska Yulia Putri, Hardiansyah Hardiansyah, Mahrudin Mahrudin

Abstract


Keanekaragaman tumbuhan pada suatu habitat dapat dijadikan sebagai bahan pengayaan untuk pembelajaran sekolah.  Demikian juga dengan tumbuhan Familia Cyperaceae dapat dijadikan bahan pengayaan konsep keanekaragaman hayati di SMA berupa booklet elektronik atau e-booklet. Cyperaceae merupakan tumbuhan Familia teki-tekian, berhabitus herba, batangnya kebanyakan berbentuk segitiga dengan bunga majemuk. Cyperaceae banyak ditemukan di kawasan persawahan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keanekaragaman Familia Cyperaceae di kawasan persawahan Desa Tanipah dan mendeskripsikan validitas serta uji kepraktisan isi e-booklet keanekaragaman Familia Cyperaceae di kawasan persawahan Desa Tanipah. Penelitian ini dilakukan dengan 1) Metode deskriptif dengan teknik pengambilan sampel menggunakan metode line transect untuk Keanekaragaman Familia Cyperaceae. 2) Model pengembangan e-booklet menggunakan Model Evaluasi Formatif Tessmer (1998) dengan tahap-tahap pengembangan meliputi; (1) evaluasi diri (self evaluation); (2) uji pakar (expert review); dan (3) uji perorangan (one-to-one). Hasil Penelitian Keanekaragaman Familia Cyperaceae di kawasan persawahan Desa Tanipah didapatkan 9 Spesies yaitu, Eleocharis dulcis, Eleocharis retroflexa, Fuirena umbellata, Cyperus haspan, Cyperus polystachyos, Fimbristylis aestivalis, Fimbristylis miliacea, Scleria sumatrensis, dan Rhynchospora corymbosa. Hasil uji validitas e-booklet  yang dikembangkan tergolong sangat valid dan hasil uji kepraktisan isi (one to one) termasuk ke dalam kategori sangat baik, sehingga dapat digunakan sebagai bahan pengayaan konsep keanekaragaman hayati di SMA.


Full Text:

PDF

References


Andreansyah. (2015). Pengembangan Booklet Sebagai Media Pembelajaran Geografi Pada Materi Dinamika Litosfer Dan Pengaruhnya Terhadap Kehidupan Di Muka Bumi Kelas X Di SMA Negeri 12 Semarang . Skripsi. Universitas Negeri Semarang, Semarang.

Asikin, S., & Thamrin, M. (2012). Manfaat Purun Tikus (Eleocharis dulcis) pada Ekosistem Sawah Rawa. Jurnal Litbang Pertanian, 31(1): 35-42. DOI: http://dx.doi.org/10.21082/jp3.v31n1.2012.p%25p.

Dharmono & Mahrudin. (2015). Modul Wetland Ecology. Banjarmasin: Universitas Lambung Mangkurat Press.

Flach, M. & Rumawas, F. (1996). Plant Resources of South East Asia No. 9. Plants Yielding Non Seed Carbohydrates. Bogor: Prosea Foundation.

Hanifah., Afrikani, T., dan Yani, I. (2020). Pengembangan Media Ajar E-Booklet Materi Plantae Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa. JBER. 1(1): 10-16. DOI: 10.55215/jber.v1i1.2631.

Hardiansyah. (2010). Pengantar Ekologi Tumbuhan. Banjarmasin: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan ULM.

Harianto, S. P. & Dewi, B. S. (2017). Biodiversitas Fauna Di Kawasan Budidaya Lahan Basah. Buku Ajar Biologi Konservasi: Universitas Lampung.

Ilma, S., & Wijarini, F. (2017). Developing of Environmental Education Textbook Based on Local Potencies. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia (Indonesian Journal of Biology Education), 3(3):194-201. DOI: https://doi.org/10.22219/jpbi.v3i3.4540.

Mansur, M. (2010). Text Book Writing: Dasar-Dasar Pemahaman, Penulisan, dan Pemakaian Buku Teks. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Melati, R., Widiya, M., Fitriani, L., & Sari, P., A. (2020). Pengembangan Booklet Berbasis Kearifan Lokal Pada Materi Tumbuhan (Plantae) Kelas X Mipa Man 1 (Model) Lubuklinggau. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi. 4 (2): 153-161. DOI: https://doi.org/10.33369/diklabio.4.2.153-161

Millah, E.S, Budipramana, L.S, & Isnawati. (2012). Pengembangan Buku Ajar Materi Bioteknologi di Kelas XII SMA IPIEMS Surabaya Berorientasi Sains, Teknologi, Lingkungan, dan Masyarakat (SETS). Jurnal Bio Edu. 1(1): 19-24. url http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu.

Pratiwi, D., Suratno., & Pujiastuti. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Biologi Berbasis Pendekatan SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) Pada Pokok Bahasan Sistem Pernapasan Kelas XI SMA Dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Edukasi UNEJ, I1(2): 5-9. DOI: https://doi.org/10.19184/jukasi.v1i2.1392.

Rahmatih, A. N., Yuniastuti, A., & Susanti, R. (2018). Pengembangan Booklet Berdasarkan Kajian Potensi dan Masalah Lokal Sebagai Suplemen BahanAjar SMK Pertanian. Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek) Ketiga, Surakata. 474-481.

Rehusisman, L. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Booklet dan Video Sebagai Penguatan Karakter Hidup Bersih dan Sehat. Jurnal Pendidikan. 2 (9): 1238-1243. DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v2i9.9964

Riefani, M. K., & Arsyad, M. (2019). Spesies Burung di Kawasan Ekowisata Mangrof Pagatan Besar, Kabupaten Tanah Laut, Indonesia. Seminar Nasional Lingkungan Lahan Basah, 4 (1): 192-196. URI: http://eprints.ulm.ac.id/id/eprint/5961.

Romansyah. (2016). Pedoman Pemilihan dan Penyajian Bahan Ajar Mata Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Jurnal Logika, 17(2):15-66. url: http://www.jurnal.unswagati.ac.id/.

Rosanti, D. (2016). Taksonomi Gulma Padi (Oryza sativa) di Areal Persawahan Jakabaring Palembang. Jurnal Ilmiah Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. 13(1):46-51. DOI: http://dx.doi.org/10.31851/sainmatika.v13i1.990.

Sariani, N., Muryani C., & Rindarjono M. G. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Geografi Berbasis Peduli Ligkungan Untuk Meningkatkan Sikap Peduli Lingkungan Siswa Pada Materi Sumber Daya Alam Di Kelas XI IPS SMA Bina Utama Pontianak. Jurnal GeoEco, 3(1): 40-46. ISSN: 2597-6044.

Setyaningsih, E., Sunandar, A., & Setiadi, A. E. (2019). Pengembangan Media Booklet Berbasis Potensi Lokal Kalimantan Barat Pada Materi Keanekaragaman Hayati Pada Siswa Kelas X di SMA Muhammadiyah 1. Jurnal Pedagogi Hayati. 3 (1). DOI: https://doi.org/10.31629/ph.v3i1.1068.

Simatupang, R.S., Cahyana, D., & Maftuah, E. (2014). Gulma Rawa: Keragaman, Manfaat dan Cara Pengelolaannya. Prosiding Biodiversiti Rawa Eksplorasi, Penelitian dan Pelestarian, Kalimantan Selatan: 98-123.

Soerjani, M., Kostermana, A.J.G.H., & Tjitrosoepomo, G. (1987). Weed of Rice In Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: CV. Alfabeta.

Suhartanto, H. (2008). Standar Penilaian Buku Teks Pelajaran. Pdf.

Tessmer, M. (1998). Planning and conducting formative evaluations: Improving the quality of education and training. London: Kogan.

Utami, W. F. (2016). Pengembangan Media Booklet Teknik Kaitan Untuk Peserta didik Kelas X SMKN 1 Saptosari Gunung Kidul. Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta. url: www.eprints.uny.ac.id/55023.




DOI: https://doi.org/10.31002/nectar.v3i1.2425

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 NECTAR : Jurnal Pendidikan Biologi