Mengembangkan Jiwa Bioentrepreneurship dan Jaga Lingkungan Pelajar Sekolah Menengah Atas Masa Pandemi Covid-19 Melalui Mata Pelajaran Biologi

Rozilawaty Rozilawaty

Abstract


Sebagai langkah antisipasi penyebaran cepat penyakit coronavirus 2019 (COVID-19) yang kini telah mencapai tingkat global. Akibatnya, metode pembelajaran yang digunakan di SMP dan SMA diganti dari pembelajaran tatap muka di kelas menjadi pembelajaran jarak jauh secara online, termasuk untuk IPA dan Biologi yang membuat transfer ilmu dan penanaman karakter didalam pembelajaran daring terkendala termasuk jiwa kewirausahaan dan jaga lingkungan alam. Artikel riset ini mengulas peran mata pelajaran biologi didalam mengembangkan jiwa wirausaha dan peduli lingkungan serta strategi transfer ilmu pada masa pandemi Covid-19. Artikel ini merupakan kajian literatur atau literature review yang berasal dari beberapa hasil riset sebelumnya. Terdapat beberapa strategi pembelajaran daring yang dapat dilaksanakan untuk penanaman jiwa wirausaha dan jaga lingkungan pada siswa melalui Mata Pelajaran Biologi yang telah diuji dalam riset terdahulu. Konsep Materi Biologi yang dikemas dengan praktikum pembuatan produk bisnis berbasis bioteknologi sederhana dapat dipraktekan siswa di rumah selama pandemi covid-19 sebagai upaya meningkatkan kreatifitas dan alternatif bisnis yang menjanjikan. Selain itu perlu pelatihan skill kewirausahaan terintegrasi bagi guru mata pelajaran termasuk biologi agar memanfaatkan peluang bisnis didalam konsep materi pembelajaran di kelas. Sedangkan karakter jaga lingkungan alam dapat dimulai dari sekitar rumah peserta didik itu sendiri. Salah satu strategi menanamkan karakter peduli lindungan diantaranya membuat E-Modul Berbasis Karakter Peduli Lingkungan di Masa Pandemi Covid-19 melalui mata pelajaran biologi, pemanfaatan daily journal siswa dengan memasukkan nilai karakter menjaga lingkungan dan evaluasi aktivitas harian subpoin menjaga lingkungan sekitar.

Full Text:

PDF

References


Apriana, E. (2014). Pengintegrasian Konsep Biokonservasi Dalam Pembelajaran Biologi Sebagai Upaya Menumbuhkan Literasi dan Kesadaran Lingkungan Di Kalangan Siswa. Jurnal Serambi Ilmu, 3(1), 1–10.

Jayawardana, H. B. ., & Gita, R. S. D. (2020). Inovasi Pembelajaran Biologi di Era Revolusi Industri 4 . 0. Prosiding Seminar Nasional Biologi Di Era Pandemi Covid-19, (September), 58–66.

Jusuf, R., & Maaku, A. (2020). Kurikulum Darurat Covid 19 di Kota Kotamobagu; Fenomena dan Realita Guru Madrasah. Jurnal Ilmiah Iqra’, 14(2), 155.

Khaleyla, F., Wisanti, W., Ambarwati, R., Rahayu, D. A., & Kristinawati Putri, E. (2021). Software preference for online learning of science and biology teachers under COVID-19 pandemic. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 7(1), 35–42.

Kurniati, T., Yusup, I. R., Hermawati, A. S., & Kusumahwardani, D. (2021). Respon Guru Terhadap Kendala Proses Pembelajaran Biologi di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 40–46.

Latif, A., Saptono, S., Retnoningsih, A., & Semarang, U. N. (2021). Journal of Innovative Science Education Stem and Bioentrepreneurship Oriented Project Learning Model to Improve t he Senior High Schooll Students ’ Soft Skills , Entrepreneurial Interest and Learning Outcome. (37).

Limiansi, K., Pratama, A. T., & Anazifa, R. D. (2020). Transformation in Biology Learning during the Covid-19 Pandemic: From Offline to Online. Scientiae Educatia, 9(2), 189.

Mandailina, V., Syaharuddin, S., Pramita, D., Ibrahim, I., & Haifaturrahmah, H. (2021). Pembelajaran Daring Dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Selama Pandemi Covid-19: Sebuah Meta-Analisis. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 3(2), 120–129.

Marisa, U., Yulianti, & Hakim, A. R. (2020). Pengembangan E-Modul Berbasis Karakter Peduli Lingkungan di Masa Pandemi Covid-19. Seminar Nasional PGSD Unikama, 4(September), 323–330.

Nevrita, Amelia, T., & Rahmatina, D. (2019). Student’s Science Literacy Skills with Problem Based Learning in Senior High School in Tanjungpinang Kemampuan Literasi Sains Siswa SMA Kota Tanjungpinang dengan Penerapan Problem Based Learning. Bioeducation Journal, 3(2), 121–130.

Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Santoso, P. B., Wijayanti, L. M., Choi, C. H., & Putri, R. S. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1–12.

Rarasandy, L., Indriani, D. R., & Santosa, K. (2013). Pembelajaran Biologi Mengarah Pada Penanaman Karakter Peduli Lingkungan Pada Materi Pengelolaan Lingkungan. Lembaran Ilmu Kependidikan UNNES, 42(2), 129–136.

Ratten, V., & Usmanij, P. (2021). Entrepreneurship education: Time for a change in research direction? International Journal of Management Education, 19(1), 100367.

Retnowati, R., Awaludin, M. T., & Heryawati, E. R. (2020). Developing an integrated biology module for students’ environmental attitude instruments. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 6(2), 327–334.

Ridlo, S. (2020). Character Building of Environmental Care on Students in Sekolah Indonesia Kota Kinabalu (SIKK) Malaysia. Journal of Biology Education, 9(2), 193–201.

Safira, I., Ismail, & Mushawwir Taiyeb, A. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Berbasis Web pada Konsep Sistem Pencernaan di Sekolah Menengah Atas. UNM Journal of Biological Education, 1(2), 12–27.

Sartika, D. (2019). Pentingnya Pendidikan Berbasis Stem dalam Kurikulum 2013. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan Mandalanursa, 3(3), 89–93.

Shaly, M. O., & Venus, M. C. J. (2018). The Perceptions of Students of the Need to Protect the Environment. Rajagiri Journal of Social Development, 10(1), 35–56.

Simbolon, J. F. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh (Pjj) Di Tengah Pandemi Covid- 19 Pada Mata Pelajaran Biologi Kelas X Sma Negeri 2 Medan Tp. 2020/2021. Jurnal Ilmiah Aquinas, 4(1), 91–97.

Suryaningsih, Y., & Aripin, I. (2020). Ecopreneurship dalam Pembelajaran Biologi. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 2, pp. 911-922).

Sutarto, S., Sari, D. P., & Fathurrochman, I. (2020). Teacher strategies in online learning to increase students’ interest in learning during COVID-19 pandemic. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 8(3), 129.

Wardhani, I. Y., Amanda, S. M., & Kusuma, A. R. (2020). Bioentrepreneurship Sebagai Upaya Meningkatkan Kreatifitas Dan Alternatif Bisnis Di Masa Pandemi. Journal Of Biology Education, 3(2), 99.

Wokocha, G. A. (2020). Biology Perspectives To Entrepreneurial Education For Sustainable Development In Rivers State. Journal Of Social Sciences and Public Policy Cenresin, 12(2), 44–61.




DOI: https://doi.org/10.31002/nectar.v2i2.1879

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 NECTAR : Jurnal Pendidikan Biologi