Analisis Efektivitas Pembelajaran Berbasis E-Learning pada Materi Sistem Peredaran Darah

Fatichatus Shofiana

Abstract


Teknologi informasi telah berkembang sangat pesat, salah satunya bisa dimanfaatkan dalam dunia pendidikan. Teknologi tersebut berdampak positif dalam sebuah pembelajaran yaitu dengan adanya teknologi e-learning. Pembelajaran berbasis e-learning dapat menjadi salah satu solusi  dari teknologi alternatif untuk digunakan dalam proses pembelajaran di masa pandemi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keefektivan pembelajaran berbasis e-learning pada materi sistem peredaran darah sebagai alternatif pembelajaran biologi di masa pandemi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif menggunakan instrumen jenis angket respon siswa terhadap fasilitas e-learning dan melakukan wawancara terhadap guru dan siswa mengenai hasil ulangan harian selama penggunaan e-learning. Penelitian ini menghasilkan bahwa penggunaan e-learning menunjukkan bahwa secara keseluruhan cukup efektif dengan tingkat kecenderungan 72,7%. Hasil respon ini menunjukkan respon yang baik terhadap penggunaan e-learning. E-learning pada materi sistem peredaran darah telah memenuhi kriteria validitas konten atau isi dan mendapat tanggapan yang sangat baik dari siswa dengan dibuktikan adanya nilai ulangan harian siswa-siswi yang memenuhi KKM. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi alternatif pembelajaran biologi yang lebih efektif.

Full Text:

PDF

References


Affandi, M. R. (2020). Analisis Efektivitas Media Pembelajaran E-Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X. Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah.diunduh https://ojs.fkip.ummetro.ac.id/index.php/fisika/article/view/2910

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Asmawati, Andi dkk. (2014). E-Learning Pada Mata Kuliah Anatomi Dan Fisiologi Manusia: Alternatif Untuk Menunjang Perkuliahan Yang Lebih Efektif. Jurnal Sainsmat, Maret 2014 (Vol III, No.1) diakses dari https://ojs.unm.ac.id/index/index

Astuti, A. D. (2018). Pengembangan Pembelajaran E-Learning dengan WEB sebagai Bahan Ajar Guru. Jurnal Terapan Abdimas. diakses dari http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JTA/article/view/2806

Dwi B, Amelia, A Hasanah & Putra A. (2020). Analisis Keefektifan Pembelajaran Online di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol 2 No 1. Diakses dari https://ummaspul.e-journal.id/MGR/article/view/559

Firman, H. (2007). Ilmu dan Aplikasi Pendidikan Bagian III. Bandung: Impereal Bhakti Utama.

Hamidi, Ahmad. (2020). Workshop Efektivitas Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Maenpo : Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan dan rekreasi ( Vol. 10 No 2) diakses dari https://jurnal.unsur.ac.id/maenpo/article/view/1124

Hanum, Numik Sulistyo. (2013). Keefektifan E-Learning Sebagai Media Pembelajaran (Studi Evaluasi Model Pembelajaran E-Learning SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto. Jurnal Pendidikan Vokasi (Vol.3 Nomor 1) diakses https://journal.uny.ac.id/index.php/jpv/article/view/1584

Kurniasari, Asrilia. (2020). Analisis Efektivitas Pelaksanaan Belajar dari Rumah Selama Pandemi. Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian (Vol 6 No 3)

Prawiradilaga, Salma, dkk. (2013). Mozaik Teknologi Pendidikan E-Learning. Jakarta: Prenadamedia Group

Purwanti, Lusi. (2020). Analisis Penggunaan Media Power Point dalam Pembelajaran Jarak Jauh pada Materi Animalia kelas VIII. Journal Of Biology Education (Vol.3 No.2) diakses dari jurnal JOBE pada 8 Juni 2021 https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/jbe/article/view/8446

Ramadhani, M. (2012). Efektivitas Penggunaan E-Learning Berbasis WEB pada Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Tergadap Hasil Belajra Siswa SMA Kelas X. diakses dari http://eprints.uny.ac.id/6803/

Setiawardhani, Ratna Tiharita. (2013). Pembelajaran E-Learning dan Internet dalam Rangka Mengoptimalkan Kreativitas Belajar Siswa. Jurnal Edunomic. Vol 1 No 2 diakses dari jurnal Edunomic https://www.fkip-unswagati.ac.id/ejournal/index.php/edunomic/article/view/21

Yaumi, M. (2018). Media dan Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group.




DOI: https://doi.org/10.31002/nectar.v2i2.1824

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 NECTAR : Jurnal Pendidikan Biologi