Pembelajaran Biologi Kompetensi Dasar Keanekaragaman Makhluk Hidup Di Kelas VII F MTs Negeri Salatiga

Abdul Latif Muslich

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran IPA tentang keanekaragaman makhluk hidup pada siswa kelas VII F MTs Negeri Salatiga dengan pendekatan tutor sebaya. Untuk mengatasi masalah di atas, penelitian menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Hasil dari penelitian ini adalah belum optimalnya peran siswa dalam pembelajaran juga berdampak pada kurangnya pemahaman siswa terhadap materi yang dipelajari. Pada siklus I siswa yang tuntas belajar hanya mencapai 73,53% dengan nilai rata-rata 74,94. Siswa yang terlibat aktif dalam menemukan konsep tentang materi yang dipelajari akan lebih mudah untuk memahami dan memahami dibandingkan dengan siswa yang hanya sekedar melihat dan mengamati. Selanjutnya pada siklus II penelitian perbaikan pembelajaran difokuskan pada pemanfaatan media yang diketahui siswa. Selama proses pembelajaran, siswa tampak lebih proaktif. Hasilnya ketuntasan belajar siswa mencapai 82,35% walaupun belum mampu mencapai 100%, namun dapat dikatakan siswa sudah mencapai ketuntasan belajar karena sudah memenuhi standar ketuntasan 75%.


Full Text:

PDF

References


Depdiknas. 2002. Pembelajaran Matematika untuk SD. Jakarta: Depdiknas

Depdiknas. 2003. Pembelajaran Matematika untuk SD. Jakarta: Depdiknas

Dewi, F. (2015). Proyek buku digital: Upaya peningkatan keterampilan abad 21 calon guru sekolah dasar melalui model pembelajaran berbasis proyek. Metodik Didaktik: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 9(2).

Djamarah, S. B., & Zain, A. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta. Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain.

Emda, A. (2018). Kedudukan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172-182.

Hamalik, Omar. 2001. Psikologi Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru

Hamdu, G., & Agustina, L. (2011). Pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar IPA di sekolah dasar. Jurnal penelitian pendidikan, 12(1), 90-96.

Jauhari, M. I. (2018). Peran Media Pembelajaran dalam Pendidikan Islam. Piwulang: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 54-67.

Masfufah, I. F. (2013). Model Pembelajaran Tutor Sebaya Dalam Proses Pembelajaran AlQur'an di Pondok Modern Badii'usy Syamsi Pucanganom Madiun Tahun Pelajaran Z0l2/2013 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Nurhadi. 2004. Beberapa Pendekatan Baru dalam Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Saptorini. 2004. Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Bandung: Remaja Rosdakarya

Suprihatin, S. (2015). Upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 3(1), 73-82.

Tafonao, T. (2018). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103-114.

Usman, Moh Uzer. 1994. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Alfabeta




DOI: https://doi.org/10.31002/nectar.v2i1.1393

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 NECTAR : Jurnal Pendidikan Biologi