Proses Berpikir Konseptual Siswa Extrovert dan Introvert dalam Memecahkan Masalah Bangun Ruang Sisi Datar

Sandy Ramadhan, Astri Rakhmawati, Herlina Hidayati, Anwar Muttaqien

Abstract


Proses berpikir konseptual dalam memecahkan masalah sangat dipengaruhi oleh tipe kepribadian siswa. Kesalahan yang dilakukan oleh siswa pasti sangat beragam. Hal tersebut menyebabkan perbedaan dalam proses berpikirnya. Maka dari itu, perlu diketahui bagaimana proses berpikir konseptual siswa dengan berbagai tipe kepribadian dalam penyelesaian masalah bangun ruang sisi datar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan data metode tes dan metode wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam menyatakan ulang sebuah konsep siswa dengan tipe kepribadian extrovert cenderung tidak menuliskan informasi yang didapat di lembar jawaban, sedangkan siswa dengan tipe kepribadian introvert menuliskan secara terstruktur pada lembar jawaban. Dalam memilih prosedur pemecahan masalah, siswa extrovert lebih suka mengerjakan soal secara langsung tanpa menganalisis terlebih dahulu, berbeda dengan siswa introvert yang menganalisis terlebih dahulu, siswa extrovert cenderung memiliki alternatif pemecahan masalah lebih sedikit daripada siswa tipe kepribadian introvert. Selain itu, dalam penerapan konsep dan algoritma siswa introvert menuliskan kembali kesimpulan dari permasalahan pada lembar jawaban, sedangkan siswa tipe kepribadian extrovert tidak.

Keywords


bangun ruang sisi datar, extrovert dan introvert, proses berpikir konseptual

Full Text:

PDF

References


Dewiyani, M. & Sagirani, T. (2012). Proceeding: The thinking process profile the students of informatics system departement in solving the mathematics problem based on the personality type and gender. STIKOM Surabaya, 1-10.

Eysenck, H. J. (1998). Dimensions of personality. New Brunswick: Transaction Publishers.

Hallett, D., Nunes, T., Bryant, P., & Thorpe, C. M. (2012). Individual differences in conceptual and procedural fraction understanding: The role of abilities and school experience. Journal of Experimental Child Psychology, 113(4), 469-486.

Hamda, H. (2016). Berpikir konseptual dalam pemecahan masalah matematika dan implikasinya dalam kehidupan nyata. Prosiding Seminar Nasional, 2(1), 22-30.

Hermawan, A. B. (2012). Pengaruh pemahaman konsep bangun ruang terhadap keterampilan siswa dalam menyelesaikan permasalahan kontekstual di kelas VIII SMP Negeri 1 Leuwimunding Kabupaten Majalengka. (Skripsi). IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Cirebon.

Kemendikbud. (2014). Materi pelatihan implementasi kurikulum 2013 tahun 2014 mata pelajaran matematika SMP/MTs untuk guru. Jakarta:

Kemeterian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kilpatrick, J., Swafford, J., & Findel, B. (2001). Adding it up: Helping children learn mathematics. Washington: National Academy Press.

Marpaung. (1986). Sumbangan pikiran terhadap pendidikan matematika dan fisika. Yogyakarta: Pusat Penelitian Pendidikan Matematika/Informatika FPMIPA, IKIP Sanata Darma Yogyakarta.

Nottingham. (2015, Desember 14). Conceptual and Strategic Thinking.

(Online), (http://www.nottingham.ac.uk/hr/guidesandsupport/performanceatwork/pdpr/pdprbehavioural-competency-guide/thinking-and-nnovation/conceptual-and-strategicthinking.aspx)

Polya, G. (1973). How to solve it. United States of America: Pricenton University Press.

Rofiki, I. (2013). Profil pemecahan masalah geometri siswa kelas akselerasi SMP Negeri 1 Surabaya ditinjau dari tingkat kemampuan

matematika. Makalah dipresentasikan pada Seminar Nasional Matematika

dan Aplikasinya Universitas Airlangga, Surabaya Jawa Timur.

Suryabrata, S. (2003). Psikologi kepribadian. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Wafida, A. (2018). Analisis proses berpikir refraktif siswa dalam menyelesaikan soal berstandar pisa ditinjau dari tipe kepribadian extrovert-introvert. (Skripsi). UIN Sunan Ampel Surabaya, Surabaya.




DOI: https://doi.org/10.31002/mathlocus.v3i1.2343

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.