Editorial Policies

Focus and Scope

MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika menerbitkan penelitian artikel, ulasan artikel, dan studi kasus yang berfokus pada matematika dan pendidikan matematika. Ruang lingkup artikel yang terbit di MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika merupakan artikel dalam bidang:
1. Pendidikan Matematika
2. Matematika (analisis, geometri, aljabar, statistik, matematika terapan)

 

 

Section Policies

Articles

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed
 

Peer Review Process

Jurnal MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika menggunakan kebijakan single reviewer. Adapun reviewer dari jurnal ini merupakan dosen pendidikan Matematika.

 

Open Access Policy

This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.

 

Publication Ethics

MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika merupakan jurnal yang memuat hasil penelitian dan kajian di bidang matematika dan pendidikan matematika.

Pernyataan ini menjelaskan etika publikasi dari semua pihak yang terlibat dalam penerbitan artikel dalam jurnal ini. 

Etika Editor

  1. Editor bertanggung jawab untuk memutuskan artikel yang sesuai dengan ruang lingkup (scope) jurnal untuk diterbitkan serta editor dapat berunding dengan editor lain terkait pelanggaran hak cipta, pencemaran nama baik, dan plagiarisme.
  2. Editor melaksanakan tugas mengatur penyuntingan secara menyeluruh dan memroses penerbitan.
  3. Editor beserta pengelola jurnal lainnya tidak boleh mengungkapkan informasi apapun mengenai naskah kepada siapapun selain penulis artikel yang bersangkutan.

Etika Reviewer MATH LOCUS

  1. Bersikap jujur, objektif, tidak bias, independen, dan hanya berpihak pada kebenaran ilmiah.
  2. Bersikap kritis dalam menilai suatu artikel sesuai dengan bidang kepakarannya, terbuka dengan hal yang baru, dan merahasiakan hal yang sedang ditelaah. 
  3. Membantu redaksi dalam menentukan artikel yang akan diterbitkan.
  4. Hasil penelaahan disampaikan secara jujur, objektif, dan didukung dengan argumentasi yang jelas. Kritik pribadi tidak diperkenankan.
  5. Tidak memanfaatkan artikel yang ditelaah untuk kepentingan sendiri tanpa seizin penulis.

Etika Penulis

  1. Penulis harus menyajikan artikel yang orisinil dan belum pernah dimuat di media publikasi lain. Jenis artikel yang dikirimkan dapat berupa hasil kajian/telaah maupun hasil penelitian.
  2. Penulis bertanggung jawab atas konfirmasi yang diajukan atas artikel yang telah ditulis.
  3. Penulis harus menyertakan rujukan dari pendapat dan karya orang lain yang dikutip.
  4. Penulis tidak mengalami keberatan jika naskahnya mengalami penyuntingan pada proses penelaahan dan layout tanpa mengubah substansi atau ide pokok.

 

Author Guidelines

  1. Naskah yang diterima ditulis dalam Bahasa Indonesia yang baik dan benar.
  2. Panjang naskah antara 6-15 halaman, ditulis dengan huruf Times New Roman 12, format kertas A4, margin: atas 3 cm; kiri 3 cm; kanan 2 cm; bawah 2 cm, dua kolom (kecuali gambar atau tabel yang ukurannya tidak dapat dikurangi karena ketidakterbacaannya), rata kanan kiri, dan spasi 1.15.
  3. Naskah memuat lima bagian: Pendahuluan (Introduction); Metode Penelitian (Research Method); Hasil dan Pembahasan (Result and Discussion); Simpulan (Conclusions); Daftar Pustaka (References).
  4. Nama penulis ditulis di bawah judul, diikuti afiliasi penulis (nama afiliasi, alamat, kota, negara) dan alamat email.
  5. Abstrak ditulis dalam dua bahasa: Indonesia dan bahasa Inggris, sebagai representasi naskah. Abstrak ditulis menggunakan TNR-11 dan idak melebihi 250 kata dan hanya satu paragraf untuk masing-masing format bahasa, ditulis secara naratif berisikan tujuan, metode, dan hasil penelitian, dalam satu paragraf.
  6. Kata kunci: kata-kata atau frase yang penting, spesifik, atau representasi dari artikel.
  7. Daftar pustaka diambil dari artikel berbentuk jurnal atau nonjurnal yang diterbitkan dalam 10 tahun terakhir (kecuali buku).Untuk menjaga konsistensi cara pengacuan, pengutipan dan daftar pustaka sebaiknya menggunakan aplikasi Reference Manager, seperti Zotero, Mendeley, atau aplikasi berbayar yang lain.
  8. Naskah harus ditulis sesuai dengan TEMPLATE MATH LOCUS.
  9. Naskah harus dalam bentuk Microsoft Word (.doc; .docx; atau .rtf) dan dikirim ke sistem jurnal via online dengan membuat akun di Open Journal System (OJS) [Klik REGISTER jika belum mempunyai akun atau klik LOG IN jika sudah memiliki akun].
  10. Semua nama penulis dan identitasnya harus disertakan di dalam formulir yang diisi oleh penulis: email; afiliasi; dan biografi pendek masing-masing penulis (di kolom ‘Bio Statement’).
  11. Semua korespondensi, informasi, dan keputusan untuk mengajukan naskah digunakan email yang ditulis di naskah dan/atau email yang digunakan untuk pendaftaran. Status naskah dapat dicek di OJS dengan mendaftar ke jurnal.
  12. Jika ada pertanyaan silakan menghubungi mathlocus@untidar.ac.id.

 

Article Processing Charges

Every article submitted to MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika will not have any 'Article Processing Charges'. This includes submitting, peer-reviewing, editing, publishing, maintaining and archiving, and allows immediate access to the full text versions of the articles.

 

Publication Frequency

MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika terbit dua kali dalam setahun pada bulan Juni dan Desember.

 

Abstracting and Indexing

MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika telah terindeks pada:
  1. Google Scholar
  2. Garuda
  3. Dimensions
  4. Crossref

 

Screening Plagiarism

Manuscripts submitted to MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika will be screened for plagiarism and self-plagiarism using turnitin. Depending on the level of originality and similarities with other documents, the managing editor will decide on whether to immediately reject the manuscripts, contact authors for further clarifications, or to proceed to the blind peer-review process.

 

sertifikat akreditasi

sertifikat akreditasi

sertifikat akreditasi

sertifikat akreditasi

sertifikat akreditasi

sertifikat akreditasi