Analisis Butir Soal Simulasi Ujian Sekolah Mata Pelajaran Matematika SMA Negeri 1 Salaman

Imam Toifur, Erna Setyowati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan efektivitas pengecoh soal Simulasi Ujian Sekolah Mata Pelajaran Matematika SMA Negeri 1 Salaman. Penelitian ini adalah sebagai salah satu upaya untuk memperbaiki proses pembelajaran dan evaluasi/penilaian. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan
instrumen soal pilihan ganda simulasi ujian sekolah mata pelajaran matematika. Objek penelitian yang digunakan adalah hasil tes peserta didik kelas XII MIPA SMA Negeri 1 Salaman Tahun Pelajaran 2021/2022. Untuk analisis data menggunakan Microsoft Excel. Hasil penelitian menunjukkan 27 butir kriteria valid dan 3 butir kriteria tidak valid dengan tingkat reliabilitas tinggi sebesar 0,76. Untuk tingkat kesukaran, soal yang tergolong mudah berjumlah 17 butir, sedang 10 butir, dan sukar 3 butir. Pada tingkat daya beda terdapat 9 butir berkategori baik, 12 butir kategori cukup, 7 butir kategori jelek, dan 2 butir kategori negatif. Untuk analisis efektivitas pengecoh diperoleh 4 butir kategori sangat baik, 6 butir kategori baik, 5 butir kategori kurang baik, 5 butir kategori tidak baik, dan 10 butir kategori sangat tidak baik. Secara keseluruhan terdapat 7 butir soal yang dapat digunakan dalam tes berikutnya.


Keywords


daya pembeda, efektivitas pengecoh, reliabilitas, tingkat kesukaran, validitas

Full Text:

PDF

References


Abubakar, R. (2021). Pengantar metodologi penelitian. Yogyakarta: SUKA-Press UIN Sunan Kalijaga.

Arikunto, S. (2018). Dasar-dasar evaluasi pendidikan. (Ed. 3). Damayanti, R.

(Ed.). Jakarta: Bumi Aksara.

Asrul, A., Ananda, R., & Rosnita, R. (2014). Evaluasi pembelajaran. Bandung: Citapustaka Media.

Hardani, H., Auliya, N.H., Andriani, H., Fardani, R.A., Ustiawaty, J., Utami, E.F., Sukmana, D.J., & Istiqomah, R.R. (2020). Metode penelitian kualitatif & kuantitatif. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu.

Ismail, F., Astuti, M., & Sholikhah, H. A. (2020). Evaluasi pembelajaran

berbasis riset. Palembang: Karya Sukses Mandiri.

Meliasari, S., Astuti, S.W., Putri, T.Y., & Walid, A. (2022). Analisis soal Ujian

Akhir Semester (UAS) mata pelajaran biologi di Sekolah Menengah Atas

(SMA) Negeri 6 Seluma tahun ajaran 2018/2019. Eduproxima: Jurnal

Ilmiah Pendidikan IPA, 4(1), 37-43. Diakses dari https://doi.org/10.29100/eduproxima.v4i1.2764

Qodir, A. (2017). Evaluasi dan penilaian pembelajaran. Ngalimun, N. (Ed.).

Yogyakarta: K-Media.

Rahayu, R. & Djazari, M. (2016). Analisis kualitas soal pra ujian nasional mata pelajaran ekonomi akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia,

(1), 84-94. Diakses dari https://doi.org/10.21831/jpai.v14i1.11370

Republik Indonesia. (2021). Peraturan Pemerintah Nomor 57 Tahun 2021

tentang Standar Nasional Pendidikan.

Republik Indonesia. (2003). Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003

tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Republik Indonesia. (2007). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor

Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.

Republik Indonesia. (2021). Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 1 Tahun 2021 tentang Peniadaan Ujian Nasional dan Ujian Kesetaraan serta Pelaksanaan Ujian Sekolah dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19).

Salirawati, D. (2018). Smart teaching: Solusi menjadi guru profesional.

Syamsiyah, N. (Ed.). Jakarta: Bumi Aksara.

Shete, A.N, Kausar, A., Lakhkar, K., & Khan, S.T. (2015). Item analysis: An

evaluation of multiple choice questions in physiology examination. Journal of Contemporary Medical Education, 3(3), 106-109. Diakses dari https://www.jcmedu.org/archive/jcmedu-volume-3-issue-3-year-2015.html

Sofyan, A., Feronika, T., & Milama, B. (2019). Evaluasi pembelajaran sains

berbasis kurtilas. E-book: UINJKT. Diakses dari https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/52226

Sugiyono, S. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supriyadi, S. (2013). Evaluasi pembelajaran bahasa Indonesia. Gorontalo: UNG Press.

Wulan, E.R., & Rusdiana, H.A. (2014). Evaluasi pembelajaran dengan pendekatan kurikulum 2013.Bandung: Pustaka Setia.




DOI: https://doi.org/10.31002/mathlocus.v3i1.2341

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.