Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika Siswa

Canthika Putriana, Naili Luma'ati Noor

Abstract


Pandemi Covid-19 yang terjadi di Indonesia sejak pertengahan bulan Maret 2020 menjadikan semua sektor merasakan dampaknya, terutama sektor pendidikan. Karena terjadinya pandemi Covid-19, pelaksanaan pembelajaran di sekolah yang pada awalnya dilaksanakan secara tatap muka harus ditiadakan dan diganti dengan pembelajaran daring (dalam jaringan). Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh pembelajaran yang dilakukan secara daring terhadap motivasi dan prestasi belajar matematika siswa. Peneliti memperoleh data dari kuesioner yang dibagikan kepada 37 siswa SMA kelas XI sebagai responden secara online. Subjek penelitian dipilih dengan metode random sampling. Kuesioner digunakan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran daring terhadap motivasi serta prestasi belajar matematika pada siswa kelas XI. Berdasarkan hasil penelitian, pembelajaran daring tidak memberikan hambatan yang berarti bagi siswa dalam memahami materi pelajaran dan tidak menjadikan prestasi belajar matematika siswa turun. Pada beberapa siswa, motivasi belajar matematika turun karena tidak dapat memahami materi pelajaran yang disampaikan oleh guru yang tidak maksimal dan tidak bervariasi sehingga berdampak pada prestasi belajar siswa turun. Siswa menginginkan pembelajaran daring yang menarik, menyenangkan, bervariasi, dan kreatif. 


Keywords


metode random sampling, motivasi belajar, pandemi Covid-19, pembelajaran daring, prestasi belajar

Full Text:

PDF

References


Cahyani, A., Listiana, I. D., & Larasati, S. P. D. (2020). Motivasi belajar siswa SMA pada pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 123-140.

Emda, A. (2018). Kedudukan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 93-196.

Kemendikbud. (2020). Surat edaran Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi nomor 1 tahun 2020 tentang pencegahan penyebaran Covid-19 di perguruan tinggi. Jakarta.

Kusumaningrum, B. & Wijayanto, Z. (2020). Apakah pembelajaran matematika secara daring efektif? (Studi kasus pada pembelajaran selama masa pandemi Covid-19). Kreano: Jurnal Matematika Kreatif – Inovatif. 11(2), 136 – 142.

Muhson, A. (2010). Pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(2), 1-10.

Putranti, N. (2013). Cara membuat media pembelajaran online menggunakan Edmodo. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 2(2), 139-147.

Sari, D. P., Rusmin, Deskoni. (2018). Pengaruh iklim kelas terhadap motivasi belajar peserta didik di SMAN 3 Tanjung Raja. Jurnal Profit, 5(1), 80-88.




DOI: https://doi.org/10.31002/mathlocus.v2i1.1642

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.