KEBIJAKAN PEMERINTAH DAERAH JAWA TENGAH DALAM RANGKA PERCEPATAN PEMULIHAN PASCA PANDEMI COVID-19

Dimas Prasetyo, Natasya Okta Setiani, Intan Wulandari, Ayu Tri Dara Puspita, Nasyfa Septina

Abstract


Dalam artikel ini, penulis mencoba untuk menganalisa kebijakan pemerintah provinsi Jawa Tengah dalam mempercepat pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19 yang sempat terpuruk bahkan menurut data dari BPS pertumbuhan ekonomi di Jawa Tengah pada kuartal 2 tahun 2020 sebesar -5,91% atau mengalami penurunan pertumbuhan ekonomi namun terjadi perumbuhan pada kuartal I tahun 2021 sehingga hanya mengalami penurunan sebesar -0,84%.  Penelitian ini disusun dengan metode penelitian deskriptif kualitatif, yaitu mendeskripsikan suatu fenomena atau kondisi yang berada di masyarakat apa adanya tanpa mengalami rekayasa terhadap data yang ada. Dari hasil analisa penulis dapat disimpulkan bahwa Covid-19 menimbulkan dampak negatif di berbagai sektor kehidupan manusia termasuk di provinsi Jawa Tengah, sektor yang terdampak adalah seperti sektor pariwisata, sektor perekonomian, sektor kesehatan, dan lain sebagainya. Kondisi tersebut sangat menjelaskan tentang dibutuhkanya suatu kebijakan yang berperan dalam mengatasi hal ini sekaligus perlunya rencana tentang pemulihan pasca pandemi Covid-19. Strategi yang dilakukan dalam rangka pemulihan ekonomi di provinsi Jawa Tengah adalah dengan mempercepat vaksinasi dan pemberlakuan protokol kesehatan yang ketat, peningkatan daya beli, menstabilkan harga kebutuhan pokok, mendorong sektor ekonomi potensial agar kembali beraktivitas, dan lain-lain. Dengan strategi-strategi tersebut pertumbuhan ekonomi di provinsi Jawa Tengah yang sempat memburuk, sekarang berangsur  membaik dengan pertumbuhan rata-rata pada setiap kuartal dan triwulan mencapai 5%.


Keywords


Kebijakan, Pemerintah Daerah, Pemulihan, Pandemi Covid-19

Full Text:

PDF

References


Pangky Arbindarta Kusuma, dkk, “Strategi Pemulihan Dampak Wabah Covid Pada Sektor Pariwisata Di Daerah Istimewa Yogyakarta”, (Journal of Tourism and Economic Vol.4, No.1, 2021), Hal. 51.

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, “Strategi Pemulihan Ekonomi dari Praktisi, Akademisi, dan Pemerintah di Masa Pandemi Covid-19”, (Universitas Kristen Satya Wacana)19

“Ekonomi Jateng Tumbuh Positif pada Angka 5,66 Persen”, https://jatengprov.go.id/publik/ekonomi-jateng-tumbuh-positif-pada-angka-566-persen/ , Diakses pada tanggal 20 November 2021.

“Bank Jateng : Tetap Tumbuh Positif di Tengah Pandemi”,

https://www.bankjateng.co.id/bank-jateng-tetap-tumbuh-positif-di-tengah-pandemi , Diakses pada 25 Mei 2022.

“Pertumbuhan Ekonomi Jawa Tengah Triwulan I-2022 tumbuh 5,16 Persen (Y-on-Y) atau tumbuh 1,75 Persen (Q-to-Q)”,

https://jateng.bps.go.id/pressrelease/2022/05/09/1373/pertumbuhan-ekonomi-jawa-tengah-triwulan-i-2022-tumbuh-5-16-persen--y-on-y--atau-tumbuh-1-75-persen--q-to-q-.html , Diakses pada 25 Mei 2022.

“Jogo Tonggo, Kearifan Lokal Jateng Atasi Dampak Covid-19”, https://www.beritasatu.com/archive/631929/jogo-tonggo-kearifan-lokal-jateng-atasi-dampak-covid19 , Diakses pada 25 Mei 2022.

Data BPS (Badan Pusat Statistik) Jawa Tengah tahun 2021

Asih Widi Lestari. "Implementasi Peraturan Menteri Keuangan Nomor 214/ Pmk.01/ 2011 (Studi Pada Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Kudus)", (Jurnal Kebijakan Dan Manajemen Publik, 2015)

Arditama E, Lestari P. Jogo Tonggo : Membangkitkan Kesadaran Dan Ketaatan Warga Berbasis Kearifan Lokal Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Jawa Tengah. J Pendidik Undiksha [Internet]. 2020;8(2):157–67. Available from: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPP

Saleha Mufida, dkk, “Strategi Pemerintah Indonesia Dalam Menangani Wabah Covid-19 Dari Perspektif Ekonomi”, (Jurnal Politik Indonesia dan Global Volume 1 No.2 Oktober 2020), Hal. 125.

Teza Umisahroh, “Pembentukan Nilai-Nilai Moralitas Dalam Gerakan Jogo Tonggo Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kabupaten Karanganyar (Studi Kasus di Desa Karangrejo, Kecamatan Kerjo, Kabupaten Karanganyar)”, (Fakultas Ushuluddin Dan Dakwah IAIN Surakarta, 2021)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 LONTAR MERAH

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.