KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN MURDER (MOOD, UNDERSTAND, RECALL, DETECT, ELABORATE, REVIEW) MELALUI TEKNIK KIE UNTUK MENINGKATKAN ASPEK SEBAB AKIBAT KEMAMPUAN GENERIK SAINS SISWA

Firdiana Sanjaya

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan penerapan model pembelajaran MURDER dengan teknik KIE dalam kemampuan generiksains siswa. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah hasil lembar diskusi siswa dan nilai pretest-posttest. Metode penelitian menggunakan one group pretest-posttest. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji n-gain dan ketuntasan klasikal siswa. Hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran MURDER dengan teknik KIE efektif untuk meningkatkan kemampuan generik sains siswa. Peningkatan yang paling signifikan terjadi pada aspek sebab akibat.


Keywords


Kemampuan Generik Sains; KIE; MURDER; Sebab Akibat

Full Text:

PDF

References


Agustin, R. 2017. Pengembangan Keterampilan Generik Sains melalui Penggunaan Multimedia Interaktif. Jurnal Pengajaran MIPA, 18(2):253-257.

Ayunani, M. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe MURDER (Mood, Understand, Recall, Degest, Expand,Review) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 16 Palu. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako (JPFT), 1(1):33-27.

Brotosiswoyo, B. S. 2000. Hakikat Pembelajaran MIPA dan Kiat Pembelajaran Fisika di Perguruan Tinggi. Jakarta : PEKERTI-MIPA Universitas Terbuka.

Fadllan, A. 2011. Strategi Pengembangan Science Generic Skills (SGS) Calon Guru Fisika melalui Model Pembelajaran Group Investigation pada Mata Kuliah Kurikulum. Jurnal Phenomenon,1 (1):31-44.

Fitrianingrum, A. M., Sarwi, & B. Astuti. 2016. Keefektifan Project Based Learning Berbasis Eksperimen pada Penguasaan Konsep dan Kinerja Siswa SMA. Unnes Physics Education Journal Volume 5 No 2. Semarang : Universitas Negeri Semarang.

Greeno, J. 2006. Learning in activity. In K. Sawyer (Ed.), Cambridge handbook of the learning sciences (pp. 79-96). New York, NY: Cambridge University Press.

Gunawan, A. Setiawan, & D. H. Widyantoro. 2013. Model Virtual Laboratory Fisika Modern untuk Meningkatkan Keterampilan Generik Sains Calon Guru. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 20 (1):25-32.

Hake, R.R. 1998. Interactive-Engagement vs Traditional Methods: A Six Thousand- Student Survay of Mechanics Test Data for Introductory Physics Courses. Report – research. Arlington: National Science Foundation.

Hasanah, U., Wardono,& Kartono. 2016. Keefektifan Pembelajaran MURDER Berpendekatan PMRI dengan Assesmen Kinerja pada Pencapaian Kemampuan Literasi Matematika Siswa SMP Serupa PISA. Unnes Journal of Mathematics Education, 5 (2):101-108.

Haryani, D. 2011. Pembelajaran Matematika dengan Pemecahan Masalah untuk Menumbuhkembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA,1(1):121-126.

Herayanti, L. & Habibi. 2015. Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Simulasi Komputer untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Calon Guru Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1 (1):61-66.

Jozestani, L. K., A. Yarmohamadian, & M. Malekpur. 2015. Effectiveness of MURDER Method on the Improvement of Academic Performance of Children with Spelling Learning Disorder. Megazineof E-Learning Distibution in Academic, 6 (3):61-69.

Kusdiwelirawan, A., T. I. Hartini, & A. R. Najihah. 2015. Perbandingan Peningkatan Keterampilan Generik Sains antara Model Inquiry Based Learning dan Model Problem Based Learning. OMEGA Jurnal Fisika dan Pendidikan Fisika, 1(2):19-23.

Lay, F. Y. 2009. Logical Thinking Abilities among Form 4 Students in the Interior Division of Sabah, Malaysia. Journal Science dan Mathematics Education in Southeast Asia Volume 32 No 2, 161-187. Kinabalu : Universiti Malaysia Sabah.

Nur, A. S.,& A. Rahman. 2013. Pemecahan Masalah Matematika sebagai Sarana Mengembangkan Penalaran Formal Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Sainsmat Volume II No I. Makassar : Universitas Negeri Makassar.

Nurfaidah, Junarti, & Rizal. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa melalui Pembelajaran Kooperatif Berbantuan Media Gambar di Kelas IV SD Inpres 15 Wara Patoloan. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 5 (5):108-115.

Putri, C. R., Hasmunir, & M. Y. Harun. 2016. Penerapan Strategi Pembelajaran MURDER untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geografi dengan Menggunakan Metode Game Edukasi Permainan MISKIN Pada Siswa Kelas X IPS 2 di MAN Banda Aceh 1. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Geografi FKIP Unsyiah,1 (1):26-37.

Rahman, S., S. B. Mokhtar, & R. H. Y. M. I. M. Hamzah. 2011. Generic Skills among Technical Students in Malaysia. Procedia Social and Behavioral Sciences,15 (1):3713-3717.

Rusilowati, A., Hartono, & Supriyadi. 2012. Pengembangan Model Pembelajaran Better Teaching and Learning Berkarakter untuk Membekali Kompetensi Pedagogi Mahasiswa Calon Guru. Jurnal Penelitian Pendidikan Volume 29 No 2. Semarang : Universitas Negeri Semarang.

Setiyowati, E. A., & J. A. Pramukantoro. 2014. Model Pembelajaran Kooperatif MURDER untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Kompetensi Inti Teknik Elekronika di SMK Negeri 1 Nganjuk. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro,3 (1):155-162.

Siswono, T. Y. E. 2005. Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa melalui Pengajuan Masalah. Jurnal Terakreditasi “Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains” FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta, 5 (1):1-15.

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung : Tarsito.

Syahbana, A. 2012. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning. Edumatica,2 (1):45-57.




DOI: https://doi.org/10.31002/nse.v2i1.451

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indonesian Journal of Natural Science Education 

P-ISSN 2621-8747  |  E-ISSN 2621-8755

Published By:

Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar

Alamat Redaksi:

Jl. Kapten Suparman No. 39, Potrobangsan, Magelang Utara, Kota Magelang, Jawa Tengah 56116

email: ijnse@untidar.ac.id

Indexed By:

  

 

 Creative Commons License 

Indonesian Journal of Natural Science Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License.