Pengaruh Model Project Based Learnig Pada Materi Pencemaran Lingkungan Terhadap Literasi Lingkungan Peserta Didik

Muhammad Sirat, Maya Istyadji, Ellyna Ellyna Hafizah

Abstract


Permasalahan lingkungan sering terdengar saat ini dikarenakan kegiatan manusia yang ceroboh dalam meningkatkan kualitas hidup tanpa memperhatikan akibat yang ditimbulkan di masa yang akan datang. Oleh sebab itu, diperlukan pendidikan untuk meningkatkan kesadaran akan lingkungan pada generasi muda. Penelitian ini berawal dari kemampuan literasi lingkungan peserta didik yang masih rendah sehingga diperlukan penerapan model Project Based Learnig pada materi pencemaran lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan ; (1) kemampuan literasi lingkungan peserta didik setelah diterapkan model project based learning pada materi pencemaran lingkungan (2) respon peserta didik terhadap model project based learning pada pembelajaran IPA materi pencemaran lingkungan. Penelitian ini menggunakan metode pre experimental design dengan desain one-shoot case study. Sampel penelitian sebanyak 28 peserta didik, yaitu kelas VII G. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil, lembar kerja proyek, dan angket literasi lingkungan. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; (1) validitas rencana pelaksanaan pembelajaran sangat valid (2) validitas tes hasil belajar sangat valid (3) validitas angket literasi linngkungan sangat valid (4) terdapat peningkatan kemampuan literasi lingkungan peserta didik yang signifikan.

Keywords


Pembelajaran IPA; literasi lingkungan; project based learning

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31002/nse.v5i1.2447

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indonesian Journal of Natural Science Education 

P-ISSN 2621-8747  |  E-ISSN 2621-8755

Published By:

Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar

Alamat Redaksi:

Jl. Kapten Suparman No. 39, Potrobangsan, Magelang Utara, Kota Magelang, Jawa Tengah 56116

email: ijnse@untidar.ac.id

Indexed By:

  

 

 Creative Commons License 

Indonesian Journal of Natural Science Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License.