RANCANG BANGUN MESIN DIESEL 4 TAK 4 SILINDER ISUZU PANTHER TIPE 2.3 DAN PENGAMATAN PADA SISTEM PELUMAS

Wahyu Widayanti, Trisma Jaya Saputra, Nurhadi Nurhadi

Abstract


Laporan akhir ini bertujuan untuk rancang bangun mesin diesel 4 tak 4 silinder ISUZU Panther tipe 2.3 dan pengamatan pada sistem pelumas. Sistem pelumasan ISUZU Panther tipe 2.3 menggunakan sistem pelumasan tekan, sistem pelumasan tekan minyak pelumas didistribusikan kebagian-bagian yang memerlukan dengan cara di tekan oleh pompa minyak pelumas dengan tekanan tertentu. Minyak pelumas di dalam karter akan dihisap oleh pompa melalui saringan pelumas dan disalurkan kebagian-bagian yang memerlukan antara lain: (1) poros engkol, (2) poros nok, (3) timing system, dan (4) rocker arm. Pelumasan dinding silinder dan roda gigi pada poros engkol, poros nok di lakukan dengan cara disemprot dengan nosel. Penggunaan sistem pelumasan tekan minyak pelumas mampu melumasi bagian-bagian mesin secara lebih baik sampai kebagian yang lebih sempit dan rumit, karena pada sistem pelumasan ini mempunyai komponen atau alat yang bekerja atas dasar putaran mesin, sehingga akhir-akhir ini sistem pelumasan tekan menjadi sistem pelumasan standar untuk mesin-mesin mobil. Pemeriksaan sistem pelumasan ISUZU Panther tipe 2.3 menggunakan dipstick, paper filter dan termometer. Hasil pemeriksaan menunjukkan kondisi oli masih layak. Pemeriksaan selanjutnya, kondisi gasket tidak bocor, seal tidak merembas dan kondisi bagus. Bilamana kondisi diatas tidak terpenuhi maka oli harus diganti.


Keywords


ISUZU Panther Tipe 2.3, sistem pelumasan, viskositas.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 RIDTEM (Riset Diploma Teknik Mesin)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.