Efektivitas Model Cooperative Learning Type Round Table dalam Pembelajaran Menulis Cerpen pada Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Windusari

Devi Runtiyani, Ayu Wulandari, Mashud Syahroni

Abstract


Pembelajaran menulis cerpen di SMK Negeri 1 Windusari masih kurang efektif dan menarik bagi siswa. Dalam penelitian ini, digunakan model Cooperative Learning Type Round Table untuk mengatasi masalah ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen Pretest dan Posttest Kontrol Group Design. Subjek penelitian yaitu 36 siswa dalam kelompok eksperimen dan 36 siswa dalam kelompok kontrol dengan pengambilan sampel melalui teknik purposive sampling pada kelas X SMK Negeri 1 Windusari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan yaitu kelompok eksperimen yang diajar menggunakan model Cooperative Learning Type Round Table mencapai kenaikan rerata skor lebih tinggi daripada kelompok kontrol. Rerata skor siswa yang diajar dengan model tersebut adalah 88,19 dengan kenaikan rerata sebesar 22.500, sedangkan siswa yang tidak diajar dengan model tersebut mencapai 85,97 dengan kenaikan rerata sebesar 18.888. Dengan demikian, penggunaan model Cooperative Learning Type Round Table efektif dalam meningkatkan hasil pembelajaran menulis cerpen di SMK Negeri 1 Windusari.


Kata kunci: cerpen, Cooperative Learning Type Round Table, efektifitas, menulis, pembelajaran.


Full Text:

PDF

References


Annisa, D. (2020). Model kooperatif tipe round tabel pada kemampuan menulis siswa di sekolah dasar. Pendidikan Tambusai. 4(2), 1451–1459.

Ariska, S. A., Hartati, Y. S., & ... (2022). Efektivitas penggunaan teknik round tabel terhadap kemampuan menulis teks kksposisi siswa kelas VIII SMPN 3 Silaut. ALINEA: Jurnal Bahasa. 02(01), 84–90.

Bimrew Sendekie Belay. (2022). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe round tabel untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa pada pembelajaran tematik kelas IV SDN 008 seberang Pantai Kuantan Singingi. 2005–2003 ,8.5.2017.

Huda. (2016). Penerapan model kooperatif tipe round tabel dalam pembelajaran menulis teks eksposisi pada siswa kelas X SMAN 7 Cirebon. Riksa Bahasa, 2(2), 224–229.

Izzaty, R. E., Astuti, B., & Cholimah, N. (2014). Komponen pembelajaran. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 5–24.

Jianti, M., Renariah, & Rasiban, L. M. (2017). Efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe round tabel dengan media gambar dalam pembelajaran kanji dasar. 1(1), 83–93.

Maulina, H., Hariana Intiana, S. R., & Safruddin, S. (2021). Analisis kemampuan menulis cerpen siswa sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(3), 482–486.

Mudijono dan Dimyati. (2013). Belajar dan pembelajaran. Rineka Cipta.

Pramudita, Ratna 2018. (2018). Pengaruh model quantum teaching terhadap hasil belajar kognitif peserta didik kelas VII ditinjau dari kecerdasan majemuk. Pramudita, Ratna 2018, 1–103.

Prasetyaningsih. (2012). Pengertian cerita pendek. Perpustakaan UNS, 10–21.

Prastya, F., & Haryanto. (2016). Pengembangan model tes essay berbantuan komputer untuk mata pelajaran elektronika dasar di SMKN 2 Yogyakarta. Program Studi Pendidikan Teknik Mekatronika. 6(2), 92–103.

Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, H. (2022). Implementasi kurikulum merdeka belajar di sekolah penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319.

Rohmawati. (2015). Efektfitas pembelajaran. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(1), 16.

Sanjaya, Wina. (2010). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta, Kencana, hlm 126.

Sari, S. R. (2019). Model Pembelajaran round tabel terhadap keterampilan menulis cerita pendek (penelitian pada siswa kelas v SD Negeri Pasuruhan 1.

Sukirman. (2020). Tes kemampuan keterampilan menulis dalam pembelajaran bahasa indonesia di sekolah. Jurnal Konsepsi, 9(2), 1–10.

Suparyanto dan Rosad. (2015). Model Cooperative Learning Type Round Table dan hasil belajar siswa. Suparyanto Dan Rosad, 5(3), 248–253.

Wahyuni, N. (2021). Penerapan model kooperatif tipe round tabel untuk meningkatkan keterampilan menulis drama siswa kelas VIII F SMPN 11 pontianak. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 6(1), 6–11.

Wenian, S. Y., Fikri, H., Program, M., Pendidikan, S., & Indonesia, S. (2008).Peningkatan kerja sama antarsiswa dan keterampilan menulis siswa kelas VII 5 melalui model pembelajaran kooperatif tipe. 1–11.

Widodo, H. B. (2013). Reliabilitas dan validitas konstruk skala konsep diri untuk mahasiswa indonesia. Jurnal Psikologi Undip, 3(1), 1-9–9.

Zahra, L. K., Marta, R., & Pahrul, Y. (2022). Improving free poetry writing skills using the cooperative roud tabel type model in elementary schools. 6(2), 2222–2227.




DOI: https://doi.org/10.31002/repetisi.v6i2.4249

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.