Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Pair Solo Menggunakan Media Tarius (Kotak Misterius) untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Persuasi pada Siswa Kelas VIII SMP

Annisa Puji Lisdayanti, Mimi Mulyani, Ayu Wulandari

Abstract


Penelitian ini berjudul “Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Pair Solo Menggunakan Media Tarius (Kotak Misterius) untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Persuasi pada Siswa Kelas VIII SMP” yang merupakan penelitian Research and Development (R&D). Tujuan dari penelitian yaitu: (1) deskripsi kebutuhan pengembangan model pembelajaran kooperati tipe team pair solo menggunakan media Tarius untuk meningkatkan kemampuan menulis teks persuasi pada siswa kelas VIII SMP, (2) deskripsi prinsip model pembelajaran kooperatif tipe team pair solo menggunakan media Tarius untuk meningkatkan kemampuan menulis teks persuasi pada siswa kelas VIII SMP, (3) membuat desain model pembelajaran kooperatif tipe team pair solo menggunakan media Tarius untuk meningkatkan kemampuan menulis teks persuasi pada siswa kelas VIII SMP. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif.

Hasil penelitian ini yaitu: (1) dibutuhkan model dan media pembelajaran yang membuat siswa mejadi aktif, (2) prinsip model pembelajaran yaitu prinsip pembelajaran kooperatif, interaktif, kebahasaan, pengulangan dan evaluasi, kognitif, pengetahuan, motivasi dan daya tarik, (3) pengembangan model pembelajaran berbentuk buku panduan model pembelajaran. Hasil validasi ahli model dengan skor 4, dan dari ahli materi dengan skor 4, sehingga buku panduan tersebut dikatakan layak.

Kata kunci: kemampuan menulis, media Tarius, model pembelajaran kooperatif, team pair solo, teks persuasi.


Full Text:

Untitled

References


Arsyad. (2014). Media pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Dalman. (2016). Keterampilan menulis. Depok: PT RajaGafindo Persada.

Huda. (2017). Cooperative learning: Metode, teknik, struktur, dan model penerapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kosasih. (2017). Bahasa Indonesia: buku siswa smp/mts kelas viii. Jakarta: Pusat Kurikulum, Balitbang, Kemendikbud.

Mulyani, M. (2011). Model pembelajaran menulis berbasis kearifan lokal yang berorientasi pendidikan karakter studi kasus: kuasi eksperimen pada siswa smpn 2 kelas vii, windusari, magelang. Pena Volume 1 Nomor 1. 93-109. Diunduh dari: https://www.Online-Journal.Unja.ac.id/Pena/Article/View/1427 (Diakses pada tanggal 29 November 2019)

Ra. (2017). Kreasi cantik exploding box untuk acara spesial. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Sadiman, Rahadjo., Haryono., & Harjito. (2014) Media pendidikan: pengertian, pengembangan, dan pemanfaatannya. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Sukmadinata. (2016).Metode Penelitian Pendidikan.Bandung:PT Remaja Rosdakarya.

Suprijono. (2015). Cooperative learning: Teori dan aplikasi paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: https://doi.org/10.31002/repetisi.v6i1.4162

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.