Nilai Pendidikan dalam Novel Alang: Hidup Tak Pernah Memberi Bahu Untuk Bersandar Karya Desi Puspitasari dan Implementasinya sebagai Bahan Ajar Pembelajaran Sastra di SMA

Isti Rahayu, Mursia Ekawati, Firstya Evi Dianastiti

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam novel Alang: Hidup Tak Pernah Memberi Bahu Untuk Bersandar Karya Desi Puspitasari. Nilai tersebut dapat disampaikan dalam pembelajaran sebagai upaya pembentukan karakter siswa. Rumusan masalah penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Nilai pendidikan apa saja yang terkandung dalam novel Alang: Hidup Tak Pernah Memberi Bahu Untuk Bersandar karya Desi Puspitasari?, (2) Bagaimana implementasi nilai pendidikan pada novel Alang: Hidup Tak Pernah Memberi Bahu Untuk Bersandar karya Desi Puspitasari dalam pembelajaran sastra di SMA?. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Nilai pendidikan novel Alang: Hidup Tak Pernah Memberi Bahu Untuk Bersandar (2) Bentuk implementasi nilai pendidikan dalam novel Alang: Hidup Tak Pernah Memberi Bahu Untuk Bersandar sebagai bahan ajar pembelajaran sastra di SMA. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik baca dan catat. Data dianalisis dengan teknik deskripsi kualitatif. Hasil penelitian ini ialah terdapat 26 data nilai pendidikan berupa nilai pendidikan religius, moral, sosial dan budaya. Hasil penelitian tersebut diformulasikan dalam bentuk handout mengenai materi isi novel kelas XII. Handout disusun mengacu pada KD 3.9 berupa menganalisis isi dan kebahasaan novel serta KD 4.9 berupa merancang novel atau novelet dengan memperhatikan isi dan kebahasaan.

Kata Kunci: novel, nilai pendidikan, bahan ajar


Full Text:

Untitled

References


Damono, S. D. (2003). Sosiologi Sastra. Semarang: Magister Ilmu Susastra Undip.

Prastowo, Andi. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Puspitasari, D. (2008). Alang: Hidup Tak Pernah Memberi Bahu Untuk Bersandar. Jakarta: Mahaka Publising (Imprint Republika Penerbit).

Ratna, N.K. (2004). Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Situmorang, J. (2017). Mengenal Agama Manusia. Yogyakarta: ANI.

Sukmadinata, N S. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Zubaedi. (2012). Pendidikan Berbasis Masyarakat. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Zuriah, Nurul. (2007). Pendidikan Moral dan Budi Pekerti dalam Perspektif Perubahan. Jakarta: PT Bumi Aksara




DOI: https://doi.org/10.31002/repetisi.v4i2.1927

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.