Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Weebly pada Materi Puisi untuk Siswa Kelas X SMA/MA

Miftakhur Rohmah, Ayu Wulandari, Theresia Pinaka Ratna Ning Hapsari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan analisis kebutuhan media, menghasilkan media, dan mengetahui kelayakan media pembelajaran interaktif berbasis Weebly pada materi puisi untuk siswa kelas X SMA/MA. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Research and Development (R&D) dengan tiga tahapan model pengembangan ADDIE, yaitu Analysis, Design, dan Development. Subjek pada penelitian dan pengembangan ini adalah media pembelajaran interaktif berbasis Weebly pada materi puisi untuk siswa kelas X SMA/MA. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner. Oleh sebab itu, instrumen pada penelitian ini berupa angket kebutuhan serta angket uji validasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu, anlisis data kualitatif berupa masukan dari ahli materi, ahli media, dan respons siswa. Analisis data kuantitatif dengan penskoran, dari data kualitatif kemudian dipersentasekan menggunakan rumus persentase kelayakan. Hasil penilaian kelayakan media oleh ahli materi mendapat skor persentase 80%, ahli media 82,89%, dan penilain dari respons siswa 87,36%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan media pembelajaran interaktif berbasis Weebly layak digunakan untuk pembelajaran puisi kelas X SMA/MA.

Kata kunci: Media Pembelajaran, Weebly, Puisi.


Full Text:

Untitled

References


Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: PT RAJAGRAFINDO PERSADA.

Batubara, H. H. (2018). Pembelajaran Berbasis Web dengan Moodle Versi 3.4. Yogyakarta: Deepublish.

Dewita, T. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Menulis Puisi Berbasis Lectora Inspire dengan Metode Self Directed Learning Untuk Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Jetis Bantul.

Fathurrahman. (2014). In Membuat Website Mudah dan Praktis dengan Weebly. Jakarta: PT Elex Media Komputinda.

Fatmawati. (2020). Pengembangan Media Bola Gambar Puitis (Bombastis) Untuk Pembelajaran Menulis Puisi Siswa Kelas X.

Haryanto, T. (2020). Riset Pengguna Internet di Indinesia. Retrieved from detik.com: https://inet.detik.com/cyberlife/d-4907674/riset-ada-1752-juta-pengguna- internet-di-indonesia

Hidayat, R. (2010). Cara Praktis Membangun Website Gratis. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Malawat, I. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Sparkol Videoscribe Berbasis Blog Materi Menulis Puisi Pada Siswa Kelas X Ips-A Di Ma Al-Anwar Diwek Jombang.

Mukhlis. (2020). Teknik Penulisan Puisi Teori Aplikasi dan Pendekatan. Jakarta: PT Metaforma Internusa. Pengguna Internet Naik 40% Saat Bekerja dan Belajar dari Rumah. (2020). Retrieved from Kominfo: https://www.kominfo.go.id/

Purnomo, A. (2020). Pendidikan Jarak Jauh di Masa pandemi Covid 19. Retrieved from kompasiana: https://www.kompasiana.com/

Qusthalani. (2018). In Pendidikan Tanpa Kertas Abad 21. Guepedia.

Santoso, P. s. (2016). Pengembangan Website Pembelajaran Interaktif Untuk Mendukung Blended Learning Pada Matapelajaran Bahasa Indonesia Di Smp Negeri 3 Banjar.

Sinabariba, R. B. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Biografi Siswa Kelas X SMA Negeri 8 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian dan Pengembangan. Bandung: Alfabeta.

Sumiharsono, R., & Hasanah, H. (2017). Media Pembelajaran. Jember: CV Pustaka Abadi.

Tihawa, J. A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web dalam Keterampilan Menulis Puisi di Kelas VI SDN Kauman 1 Malang.

Wicaksosno, R. H. (2018). Pengembangan Media Permainan Imajinasi dalam Pembelajaran Menulis Puisi bagi Siswa Kelas X.

Yaumi, M. (2018). Media dan Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group.




DOI: https://doi.org/10.31002/repetisi.v4i2.1924

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.