Kesantunan Berbahasa dalam Transaksi Jual Beli di Pasar Wisata Inis sebagai Materi Ajar Pembelajaran Teks Negosiasi di SMA

Dita Wulandari, Fransiscus Xaverius Samingin, Irsyadi Shalima

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesantunan dan ketidaksantunan berbahasa yang terjadi pada saat transaksi jual beli di Pasar Wisata Inis, Desa Brondongrejo, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Purworejo; serta menghasilkan materi ajar pembelajaran teks negosiasi di SMA. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data yaitu pengamatan, studi pustaka, sadap/rekam, SBLC, dan teknik catat. Teknik analisis yang digunakan yaitu metode deskriptif analitik dan teknik analisis isi. Adapun, instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti itu sendiri. Subjek dalam penelitian ini yaitu para penjual dan pembeli yang menghasilkan tuturan pada saat melakukan transaksi di Pasar Wisata Inis. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan, ditemukan data yang mengandung (1) pematuhan maksim kesantunan berbahasa sejumlah 55 data, (2) pelanggaran terhadap maksim kesantunan berbahasa sejumlah 15 data, (3) hasil penelitian ini diformulasikan sebagai materi ajar berupa modul pembelajaran teks negosiasi untuk kelas X SMA yaitu KD 3.11 dan 4.11.

Kata Kunci: Kesantunan Berbahasa, Maksim, Pelanggaran Prinsip Kesantunan Berbahasa, Transaksi Jual Beli


Full Text:

Untitled

References


Kemendikbud. (2020). Silabus revisi 2020 bahasa Indonesia kelas 10 kurikulum 2013. Diakses pada 3 Januari 2021, dari guruberbagi@kemdikbud.go.id.

Leech, Geoffrey. (1993). Prinsip – Prinsip Pragmatik. Jakarta: Universitas Indonesia Press.

Prastowo, A. (2014). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar.Yogyakarta: DIVA Press.

Ratna, Nyoman Kutha. (2015). Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Wijana, Dewa Putu. (1996). Dasar-Dasar Pragmatik.Yogyakarta: ANDI.




DOI: https://doi.org/10.31002/repetisi.v4i1.1896

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.