Ciri Semantis dan Bentuk Adjektiva pada Kalimat Majemuk dalam Tajuk Rencana Harian Kompas Edisi 7 Juni-31 Juli 2019 serta Formulasinya sebagai Bahan Ajar Bahasa Indonesia di SMA

Silvia Nurul Farida, Hari Wahyono, Molas Warsi Nugraheni

Abstract


Penelitian mengenai ciri semantis dan bentuk adjektiva pada kalimat majemuk dalam tajuk rencana harian Kompas edisi 7 Juni-31 Juli 2019 dilatarbelakangi oleh ketersediaan bahan ajar yang belum memadai sehingga menghambat proses belajar mengajar. Hal tersebut juga berdampak pada tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk (1) memperoleh deskripsi mengenai ciri semantis adjektiva pada kalimat majemuk dalam tajuk rencana harian Kompas edisi 7 Juni-31 Juli 2019, (2) memperoleh deskripsi mengenai bentuk adjektiva pada kalimat majemuk dalam tajuk rencana harian Kompas edisi 7 Juni-31 Juli 2019, (3) menghasilkan bahan ajar ciri semantis dan bentuk adjektiva pada kalimat majemuk menggunakan tajuk rencana harian Kompas edisi 7 Juni-31 Juli 2019. Teori yang digunakan dalam penelitian ini ialah (1) kalimat, (2) kalimat majemuk, (3) adjektiva, (4) ciri semantis adjektiva, (5) bentuk adjektiva, (6) tajuk rencana, (7) pengajaran, dan (8) bahan ajar. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah tajuk rencana di harian Kompas edisi 7 Juni-31 Juli 2019. Objek penelitiannya berupa ciri semantis dan bentuk adjektiva dengan wujud data berupa kalimat majemuk yang mengandung adjektiva. Metode penyediaan data dilakukan dengan metode simak. Teknik penyediaan data menggunakan teknik tandai-catat. Metode dan teknik yang digunakan untuk menganalisis data yaitu metode agih dan teknik bagi unsur langsung (BUL). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) terdapat 2 tipe ciri semantis adjektiva yaitu adjektiva bertaraf dan adjektiva tak bertaraf; (2) terdapat 2 bentuk adjektiva yaitu adjektiva monomorfemis dan adjektiva polimorfemis. Hasil penelitian dapat diimplementasikan sebagai bahan ajar kebahasaan dalam pembelajaran teks eksposisi kelas X semester ganjil di SMA pada KD 3.4 Menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksposisi dan KD 4.4 Mengontruksi teks eksposisi dengan memperhatikan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi), struktur, serta kebahasaan.

Kata Kunci:cirisemantisadjektiva, bentukadjektiva, kalimatmajemuk, tajukrencana, hariankompas


Full Text:

Untitled

References


Alwi, H., Dardjowidjojo, S., Lipoliwa, H., & Moeliono, A. M. (2010). Tata bahasa baku bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Arsanti, M. (2018). Pengembangan bahan ajar mata kuliah penulisan kreatif bermuatan nilai-nilai pendidikan karakter religius bagi mahasiswa prodi PBSI, FKIP, UNISSULA. Jurnal Kredo 1(2), 71-90. Retrieved from https://jurnal. umk.ac.id/index.php/kredo/article/view/2017

Budyatna, M. (2014). Jurnalistik teori dan praktik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Chaer, A. (2014). Linguistik umum. Jakarta: Rineka Cipta.

Hartanti, M., & Muhammad, T. (2017). Analisis relasi makna adjektiva dalam bahasa melayu dialek pontianak. Jurnal Pendidikan Bahasa 6(2). Retrieved from http://jurnal.ikippgriptk.ac.id/index.php/bahasa/article/vies/621

Ibrahim, R., & Nana, S.S. (2010). Perencanaan pengajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Iskandarwassid & Sunendar, H.D. (2008). Strategi pembelajaran bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset Bandung.

Kridalaksana, H. (2007). Kelas kata dalam bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Lestari, A.S. (2014). Pembuatan bahan ajar berbasis modul pada matakuliah media pembelajaran di jurusan tarbiyah STAIN Sultan Qaimuddin Kendari. Jurnal Al-Ta’dib, 7(2), 154-176. Retrieved from http://ejournal.iainkendari .ac.id/al-tadib/article/view/323/313

Lubis, M.S., R, S., & Juita, N. (2015). Pengembangan modul pembelajaran bahasa Indonesia berbantuan peta pikiran pada materi menulis makalah siswa kelas XI SMA/MA. Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajaran 2(1), 17-28. Retrived from http://ejournal.unp.ac.id/index.php/bsp/article/view/5026

Marliana, T., & Nusarini, N. (2015). Adjektiva bahasa indonesia: tinjauan bentuk, perilaku semantis, perilaku sintaksis. Jurnal Ilmiah Kebahasaan, Kesastraan, dan Pemelajarannya 1(2), 99-104. Retrieved from http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/caraka/article/view/1917

Nur’aini, H.I.M., Saddhono, K., & Ulya, C. (2015). Implementasi kurikulum 2013 pada pembelajaran menulis teks eksposisi (studi kasus di kelas x smk negeri 1 karanganyar). Jurnal BASASTRA 3(3), 1-17. Retrived from http://www.jurnal.fkip.uns.ac.id/andex.php/bhs_indonesia/article/view/780

Oktaria, D., Andayani, NFN., & Saddhono, K. (2017). Penguasaan kalimat efektif sebagai kunci keterampilan menulis eksposisi. Jurnal Metalingua 15(2), 165-177. doi: http://dx.doi.org/10.26499/metalingua.v15i2.63

Sudaryanto. (2015). Metode dan aneka teknik analisis bahasa. Yogyakarta: Sanata Dharma University Press.

Sukmadinata, N. A. (2016). Metode penelitian pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Umiyati, M. (2015). Prototipe semantis adjektiva bahasa indonesia: kendala dan keunikannya. Retorika: Jurnal Ilmu Bahasa 1(1), 61-80. doi: 10.2225/jr1. 1.109.60-80.

Wahyono, H. (2013). Bahasa indonesia penuntun terampil berbahasa. Yogyakarta: Tri Tunggal Buana Dewi.

Widjono Hs. (2011). Bahasa indonesia mata kuliah pengembangan kepribadian di perguruan tinggi. Jakarta: PT Grasindo

Wiranty, W., & Lizawati. (2017). Analisis relasi makna adjektiva dalam bahasa melayu dialek selimbau kabupaten kapuas hulu. Jurnal Pendidikan Indonesia 6(1), 25-36. Retrived from http://jurnal.ikippgriptk.ac.id/index.php/bahasa/article/view/397

Wulandari, N. A. (2003). Adjektiva dalam twitter berbahasa jawa. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.31002/repetisi.v3i1.1024

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.