Identifikasi Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Matematika Peserta Didik di SMK Negeri 1 Tonjong

Utari Oktaviani, Siti Kumawati, Mila Nurul Apriliyani, Heny Nugroho, Eka Susanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor apa saja yang menyebabkan rendahnya hasil belajar peserta didik. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Tonjong karena nilai rata-rata ujian nasional mata pelajaran matematika di sekolah tersebut setiap tahunnya paling rendah dibanding mata pelajaran yang lain. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi melalui angket dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa rendahnya hasil belajar ternyata dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu faktor internal yang mencakup peserta didik tidak tertarik dengan matematika, kemampuan dasar berhitung siswa lemah, rendahnya pemahaman konsep peserta didik, peserta didik tidak mengerti lambang-lambang dalam matematika, kurangnya kedisiplinan peserta didik, dan kurangnya motivasi belajar peserta didik. Faktor eksternal mencakup ruang kelas yang panas sehingga membuat tidak nyaman, ruang kelas teori yang bising karena dekat dengan ruang praktik sehingga fokus peserta didik tidak optimal, dan faktor dari guru, yaitu kurang menarik peserta didik dalam menyampaikan materi sehingga peserta didik merasa bosan dan tidak berani bertanya.


Keywords


Faktor Eksternal; Faktor Internal; Hasil Belajar Matematika

Full Text:

PDF

References


Ardilla, A. & Hartanto. (2017). Faktor yang mempengaruhi rendahnya hasil belajar matematika siswa MTs Iskandar Muda Batam. Pythagoras, 6 (2), 175 – 186.

Barus, E. L. & Ridwan. A. S. (2017). Pengaruh model pembelajaran latihan inkuiri terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok usaha dan energi Di kelas X Semester II. Jurnal Inpafi, 5 (4), 16-22.

Depdiknas. (2004). Kurikulum 2004 mata pembelajaran matematika. Jakarta. Depdiknas.

Kurniawan, B., Wiharna, O., & Permana, T. (2017). Studi analisis faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar pada mata pelajaran teknik listrik dasar otomotif. Journal of Mechanical Engineering Education, 4 (2), 156-162.

Mulyasa. (2006). Kurikulum yang disempurnakan. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Novalia, R., Makmuri. A. S., & Adi, A.S. (2018). Application of type cooperative learning models missouri mathematics project (MMP) to increase learning result math. American Journal of Educational Researc, 6 (8), 1085-1092.

Rezeki, R. (2020). The effect of learning strategies and cognitive styles on learning outcomes of mathematics after controlling intelligence. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 3 (2), 1151-1163.

Riadi & Edy, S. (2016). Studi komparasi penggunaan strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD dan strategi konvensional terhadap hasil belajar matematika. Edumatika, 6 (2), 59-68.

Saggaf, M. S., Salam, R., & Rifka, R. (2017). The effect of classroom management on student learning outcomes. International Conference on Education, Science, Art and Technology, 98-102.

Salam, M., Ibrahim, N., & Sukadjo, M. (2019). The effect of learning model and spatial intelligence on learning outcome. Advances in Social Science, Education and Humanities Research (ASSEHR), 227 (307-310).

Slameto. (2013). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Suprijono, A. (2009). Cooperative learning: Teori dan aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suryabrata, S. (2014). Psikologi pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Surya, H. M. (2004). Psikologi pembelajaran dan pengajaran. Bandung: Pustaka Bani Quraisy.

Wahyudi, I. & Sufyarma, M. (2019). The effect of open ended approaches and learning motivation in mathematical learning outcomes in class V. International Journal of Educational Dynamics, 1 (2).




DOI: https://doi.org/10.31002/mathlocus.v1i1.892

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.