Meningkatkan Sikap Percaya Diri dan Hasil Belajar dengan Model Pembelajaran Jigsaw pada Materi Pola Bilangan untuk Siswa MTs Negeri 1 Magelang

Robiatul Adawiyah, Sri Sukapti

Abstract


Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan sikap percaya diri dan hasil belajar dengan model pembelajaran Jigsaw pada materi Pola Bilangan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII H MTs Negeri 1 Magelang. Penelitian ini berlangsung dalam dua siklus, yaitu siklus I terdiri atas 2 pertemuan dan siklus II terdiri atas 2 pertemuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan tes. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan soal tes uraian. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan bahwa penerapan model pembelajaran Jigsaw dapat meningkatkan sikap percaya diri dan hasil belajar siswa kelas VIII H MTs Negeri 1 Magelang pada materi Pola Bilangan. Berdasarkan analisis hasil siklus I dan siklus II, sikap percaya diri mengalami peningkatan sebesar 7,26%, yaitu dari 11,29% menjadi 18,55%. Hasil belajar pada siklus I menunjukkan persentase rata-rata pencapaian hasil tes sebesar 16,14% siswa memperoleh nilai di atas KKM dan pada siklus II menjadi 51,61%, artinya terjadi peningkatan sebesar 35,47%.


Keywords


jigsaw learning model, learning outcomes, self-confidence

Full Text:

PDF

References


Abdau, I. (2016). Implementasi penggunaan metode jigsaw learning dalam pembelajaran PAI di SMA Darus Syahid Sampang Madura. (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya).

Alilyaman, W., Rasul, A. & Subhanudin, S. (2022). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Timika. CERDAS, 1(1), 1-6.

Hapsara, A. S. (2020). Peningkatan partisipasi dan hasil belajar daring sosiologi melalui pendekatan problem posing berbasis infografis. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(2), 9–19.

Hia, Y. (2013). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII. Generasi Kampus, 6(2), 51-62.

Kartika, O. (2019). Penerapan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan percaya diri siswa kelas IV sekolah dasar. (Skripsi tidak dipublikasikan). Universitas Pendidikan Indonesia Bandung.

Kemendikbud. (2017). Panduan penilaian SMP. Jakarta: Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Lauster, P. (2015). Tes kepribadian. Jakarta: Bumi Aksara.

Mulyasa, E. (2008). Menjadi guru profesional menciptakan pembelajaran kreatif dan menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mustakim, M. & Solikhin, S. (2015). Upaya meningkatkan keberanian siswa bertanya dan prestasi belajar dengan pembelajaran Think Pair Share (TPS) berbantuan media. Jurnal Pendidikan, 16(2), 74-99.

Napitupulu, B. S. D., Yuni, Y. & Atiyyah, R. (2020). Hubungan kepercayaan diri (self confidence) dengan hasil belajar matematika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III.

Purwanto, N. (2013). Prinsip-prinsip teknik evaluasi pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Saputri, L. (2020). Peningkatan self confidence mahasiswa prodi pendidikan matematika melalui model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw di STKIP Budidaya. Serunai: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(1), 49-53.

Sholihah, H. A., Koeswardani, N. F. & Fitriana, V. K. (2018). Metode pembelajaran jigsaw dalam meningkatkan keterampilan komunikasi siswa SMP. KoPeN: Konferensi Pendidikan Nasional, 1(1), 160-167.

Susanto, A. (2014). Teori belajar dan pembelajaran di sekolah dasar. Jakarta: Kencana.

Trianto. (2009). Mendesain model pembelajaran inovatif-progresif: Konsep, landasan, dan inplementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

Trianto. (2015). Model pembelajaran terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Tridhonanto. (2010). Meraih sukses dengan kecerdasan emosional. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Ulum, S. (2020). Upaya meningkatkan hasil belajar siswa SMP melalui model pembelajaran kooperatif jigsaw pada materi persamaan linear dua variabel. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika, 13(1), 21-32.




DOI: https://doi.org/10.31002/mathlocus.v3i2.2807

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.