Peningkatan Prestasi dan Kemandirian Peserta Didik Kelas VIII dengan Model Auditory Intellectually Repetition Berbantuan Platform Alef Materi Relasi dan Fungsi

Gita Cahya Ari Sandi, Nur Salim

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian dan prestasi peserta didik pada materi relasi dan fungsi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus. Penelitian ini dilaksanakan di MTsN 3 Magelang  kelas VIII tahun ajaran 2022/2023. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIII B yang berjumlah 21 peserta didik. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Prosedur penelitian setiap siklus yaitu (1) perencanaan (planning), (2) pelaksanaan tindakan (action), (3) observasi (observation), dan (4) refleksi (reflection). Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket, lembar observasi, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi peserta didik meningkat, dilihat dari jumlah peserta didik yang memperoleh nilai tuntas sebesar 100% pada siklus II. Sedangkan pada siklus I jumlah peserta didik yang tuntas sebesar 71,42%. Kemandirian peserta didik juga dalam kategori kuat dilihat dari hasil angket pada siklus II (62%) lebih besar dari siklus I (47,5%). Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemandirian dan prestasi peserta didik ketika menggunakan Model AIR berbantuan platform alef.

Kata Kunci: auditory intellectually repetition, kemandirian, prestasi belajar


Keywords


Auditory Intellectually Repetition; kemandirian; prestasi belajar

Full Text:

PDF

References


Alyammahi, A. H. (2019). The impact of alef platform on students' performance at Al Asayel School in Abu Dhabi, UAE. Journal for Researching Education Practice and Theory (JREPT), 2(1), 80-108.

Chotimah, C. & Fathurrohman, M. (2018). Paradigma baru sistem pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Education, A. (2021). Diakses pada 28 Desember 2022 dari alef.co.id: https://alef.co.id/

Farhana, H., Awiria, & Muttaqien, N. (2018). Penelitian tindakan kelas. HC Publisher.

Fathurrohman. (2015). Model-model pembelajaran. Yogyakarta: FIP UNY.

Gusnita, M. H. (2021). Kemandirian belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif Think Pair Square (TPSq). Jurnal BSIS, 3(2), 286-296.

Hidayati, N. A. & Darmuki, A. (2021). Penerapan model Auditory Intellectually Repetition (AIR) untuk meningkatkan kemampuan berbicara pada mahasiswa. Jurnal Education, 7(1), 252-259.

Luthfiana, M. & Wahyuni, R. (2019). Penerapan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) terhadap hasil belajar matematika siswa. Jurnal Pendidikan Matematika: Judika Education, 2(1), 50-57.

Octavia, S. A. (2020). Model-model pembelajaran (Pertama ed.). Yogyakarta, Jawa Tengah: CV BUDI UTAMA.

Sarniah, S., Anwar, C., & Putra, R. W. (2019). Pengaruh model pembelajaran auditory intellectually repetition terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education, 3(1), 87-96.

Susilowati, D. (2018). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) solusi alternatif problematika pembelajaran. Edunomika, 2(1), 36-46.

Tayeb, T. (2017). Analisis dan manfaat model pembelajaran. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 4(2), 48-55.

Wibawa, B. (2003). Penelitian tindakan kelas. Jakarta: Depdiknas Dirjend. Dikdasmen Direktorat Tenaga Kependidikan.




DOI: https://doi.org/10.31002/mathlocus.v3i2.2795

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.