Pengembangan Pembelajaran Geometri Bidang Datar Berbasis Pendekatan Guided Discovery dengan Pemanfaatan GeoGebra dalam Upaya Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas XII

Ambar Tri Wahyuni, Siti Rohayah

Abstract


Pembelajaran matematika dapat dikatakan berhasil jika siswa dapat menyelesaikan soal-soal yang diberikan. Namun, masih banyak siswa yang kesulitan dalam menyelesaikan berbagai persoalan matematika. Hal tersebut dikarenakan pemahaman konsep matematis siswa yang masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis validitas pembelajaran berbantuan GeoGebra dan mendemonstrasikan tingkat pemahaman konsep siswa kelas XII dalam pembelajaran Geometri Bidang Datar. Geogebra adalah program dinamis yang beragam fasilitasnya dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran matematika. Geogebra dapat digunakan untuk membantu siswa kelas XII SMA dalam pembelajaran Geometri Bidang Datar. Siswa dapat dimudahkan untuk mendemonstrasikan dan menunjukkan sifat-sifat pada suatu Geometri Bidang
Datar yang berbasis pendekatan guided discovery secara lebih realistik. Penelitian ini dilakukan di kelas XII SMA Negeri 3 Boyolali, kemudian dengan teknik purposive sampling dipilih 2 kelas sebagai subjek penelitian. Dengan metode pendekatan guided discovery dalam pemanfaatan aplikasi Geogebra ini siswa menjadi lebih menguasai materi, tertarik dalam pembelajaran, serta dapat menyelesaikan berbagai persoalan matematika.


Keywords


GeoGebra application; flat plane geometry; guided discovery approach

Full Text:

PDF

References


Asngari, D.R. (2015). Penggunaan geogebra dalam pembelajaran geometri. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. Universitas Yogyakarta 299-302

Elliot, S. N., Kratochwill, T. R. L., & Travers, J. F. (2000). Educational psychology: Effective teaching, effective learning. New York: McGraw-Hill.

Hanafiah, N. & Suhana, C. (2009). Konsep strategi pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.

Koohang, A. & Durante, A. (2003). Learners’ Perceptions toward the Web-based Distance Learning Activities/Assignments Portion of an Undergraduate Hybrid Instructional Model. Jurnal of Information Technology Education, 2(1), 105-113.

Muhtar, N.A., Nugraha, A., & Giyartini, R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran IPA berbasus Information Communication and Technology (ICT). Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(4), 20-31.

Nieveen, N. J. (1999). Design Approaches and Toos in Education and Training. Dordrecht: Kluwer Academic Publishers.

Nur, I. M. (2017). Pemanfaatan program geogebra dalam pembelajaran matematika. Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 5(1), 10-19.

Slavin, R. E. (2006). Educational psychology: Theory and practice, 8 th edition. Boston: Allyn and Bacon, Pearson Education, Inc.

Suprijono, A. (2015). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: https://doi.org/10.31002/mathlocus.v3i2.2794

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.