Profil Self-Confidence Siswa Kelas IX dalam Pembelajaran Matematika Melalui Penerapan Model Guided Discovery Learning

Latifa Nur Aini, Meili Ekawati

Abstract


Proses pembelajaran matematika masih menemui banyak kendala dalam pelaksanaannya. Belajar matematika memerlukan kesiapan diri untuk mendukung adanya interaksi secara langsung, baik siswa dengan siswa, siswa dengan guru, maupun siswa dengan pembelajaran. Interaksi yang terjadi dalam pembelajaran merujuk pada bagaimana siswa mengekspresikan kepercayaan diri atau self-confidence yang dimiliki terhadap situasi yang dihadapi. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan memberi gambaran bagaimana profil dan kriteria self-confidence siswa dalam menghadapi pembelajaran matematika pada materi fungsi kuadrat melalui penerapan model guided discovery learning. Pendekatan deskriptif kualitatif diterapkan dalam penelitian ini untuk menggambarkan profil self-confidence siswa. Subjek dalam penelitian ini dipilih secara purposive sampling yaitu siswa kelas IX A SMPN 1 Tempuran sebanyak 25 subjek. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi, angket, dan dokumentasi. Observasi dilakukan ketika pembelajaran matematika berlangsung pada materi fungsi kuadrat yang dilaksanakan melalui model pembelajaran guided discovery learning. Pemberian angket dilakukan pada pertemuan keempat pembelajaran fungsi kuadrat. Sedangkan dokumentasi berasal dari lembar aktivitas siswa dan LKPD yang telah disiapkan sebagai perangkat pembelajaran dalam penerapan model guided discovery learning pada pembelajaran fungsi kuadrat. Data dalam penelitian adalah berupa tabel skor dan kriteria self-confidence siswa yang diperoleh selama pembelajaran dan penelitian berlangsung. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan, diperoleh bahwa melalui penerapan model guided discovery learning siswa kelas IX memiliki tingkat self-confidence yang tergolong tinggi dengan rata-rata skor akhir sebesar 76,31.


Keywords


quadratic function, guided discovery learning, self-confidence

Full Text:

PDF

References


Asdar, A., Arwadi, F., & Rismayanti, R. (2021). Pendekatan pendidikan matematika realistik terhadap hasil belajar matematika dan self confidence siswa SMP. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 1-16.

Lestari, K. E. & Yudhanegara, M. R. (2018). Penelitian pendidikan matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Lestari, W. (2017). Efektivitas model pembelajaran guided discovery learning terhadap hasil belajar matematika. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 2(1), 64-74.

Purwasih, R. (2015). Meningkatkan kemampuan pemahaman matematis dan self confidence siswa MTs di Kota Cimahi melalui model pembelajaran inkuiri terbimbing. Didaktik, 9(1), 16-25.

Ramdan, Z. M., Veralita, L., Rohaeti, E. E., & Purwasih, R. (2018). Analisis self confidence terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMK pada materi barisan dan deret. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(2), 171-179.

Syam, A. & Amri. (2017). Pengaruh kepercayaan diri (self confidence) berbasis kaderisasi IMM terhadap prestasi belajar mahasiswa. Jurnal Biotek, 5(1), 87-102.

Tayibu, N. Q. & Faizah, A. N. (2021). Efektivitas pembelajaran matematika melalui metode penemuan terbimbing setting kooperatif. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 117-128.

TIMSS. (2008). TIMSS 2007 International mathematics report: Findings from IEA’s trends in international mathematics and science study the fourth and eight grades. Boston: TIMSS & PIRLS International Study Center.




DOI: https://doi.org/10.31002/mathlocus.v3i2.2789

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.