Persepsi Guru dan Siswa Terhadap Kurikulum 2013 pada Pembelajaran Matematika

zuhdi zuhdi, rahmatya nurmedina

Abstract


Kurikulum 2013 adalah kurikulum yang diterapkan sekolah yang ada di Indonesia. Selama penerapannya, masih banyak sekolah yang tidak efektif dalam penggunanaan Kurikulum 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi dari guru dan siswa terhadap Kurikulum 2013 pada mata pelajaran matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengambilan data dilakukan dengan wawancara. Sampel dari penelitan ini adalah guru matematika dan siswa kelas XII IPA MA Muhammadiyah Kapuas. Teknik analisis dilakukan dengan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah (1) guru tidak dapat melaksanakan secara penuh Kurikulum 2013 kepada siswa karena harus menyesuaikan keadaan siswa; dan (2) siswa dapat memahami materi matematika dengan baik, walaupun pembelajarannya belum sesuai Kurikulum 2013.
Kata Kunci: kurikulum 2013, pembelajaran matematika, persepsi guru dan persepsi siswa


Keywords


curriculum 2013, mathematics learning, teacher’s perception and student’s perception

Full Text:

PDF

References


Krissandi, A. D. S. (2018). Persepsi guru sekolah dasar terhadap keberhasilan implementasi kurikulum 2013. Profesi Pendidikan Dasar, 5(1), 79–89.

Kusnadi, D., Tahmir, S., & Minggi, I. (2014). Implementasi kurikulum 2013

dalam pembelajaran matematika di SMA Negeri 1 Makassar. MaPan:

Jurnal Matematika dan Pembelajaran 2(1), 123–135.

Mulyasa, E. (2006). Kurikulum tingkat satuan pendidikan: Sebuah panduan

praktis. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mustajib, H. N., Mukhadis, A., & Purwanto, E. E. (2018). Implementasi

kurikulum 2013 revisi pada program studi teknik kendaraan ringan berdasarkan persepsi guru dan siswa di SMK. Teknologi dan Kejuruan: Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya, 41(2), 110–18.

Setiadi, H. (2016). Pelaksanaan penilaian pada kurikulum 2013. Jurnal

Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 20(2), 166–178.

Sinambela, P. N. J. M. (2013). Kurikulum 2013 dan implementasinya dalam

pembelajaran. Generasi Kampus, 6(2), 17–29.

Suluh, M. & Jumadi. (2019). Persepsi guru dan peserta didik terhadap proses pembelajaran fisika berdasarkan kurikulum 2013. Jurnal Penelitian dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 2(2), 62–74.

Suprijono, A. (2019). Persepsi guru dan siswa terhadap implementasi

kurikulum 2013 pada pembelajaran sejarah di SMAN Jogoroto Jombang. Avatara, 7(3), 1–8.

Wahyuningtyas, D. T. (2017). Pelatihan media pembelajaran matematika

berdasarkan kurikulum 2013 bagi guru sekolah dasar di gugus 9 kecamatan Sukun Malang. Jurnal Dedikasi, 14(1), 8–11.

Zendrato, W. & Sarumaha, A. (2018). Persepsi guru mata pelajaran peminatan sosial terhadap implementasi kurikulum 2013 revisi di SMA Negeri 1 Telukdalam. Jurnal Education and Development, 6(1), 52–59.




DOI: https://doi.org/10.31002/mathlocus.v3i2.2735

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.