Framing Effect dan Pengumuman Dividen

Hani Olivia, Rokhmah Mutakhidah, Andika Dwi Pradipto

Abstract


Aspek psikologis mempengaruhi pengambilan keputusan keuangan utamanya bagi investor di pasar modal. Dalam fenomena ini, diasumsikan bahwa investor memiliki preferensi dan tipe resiko masing-masing sesuai yang dijelaskan oleh prospect theory. Dimana didalam pasar saham juga terdapat ketidakpastian, yang menyebabkan terjadinya bias dalam pengambilan keputusan yang dilakukan oleh investor. Sehingga pada realitasnya tidak sesuai dengan yang dijelaskan oleh signaling theory. Lebih lanjut, framing effect memiliki kaitan dengan dividen. Sepeti halnya dalam penyampaian berita, waktu pengumuman, dan sebagainya terkait kebijakan dividen. Dimana dalam hal ini cara penyampaian berita (frame) menentukan reaksi yang ditimbulkan oleh investor di pasar saham. Fenomena tersebut juga dapat dijelaskan oleh keuangan keprilakuan yang diasumsikan hal tersebut terjadi akibat adanya bias kognitif yang terjadi pada seseorang investor

Keywords


Framing effect, Pengumuman dividen

Full Text:

PDF

References


Asri, M. (2013). Keuangan Keperilakuan. Yogyakarta: BPFE.

Chandra, A., & Kumar, R. J. (2011). Determinants of Individual Investor Behaviour: An Orthogonal Linear

Transformation Approach. 29722.

Connelly, B. L., Certo, S. T., Ireland, R. D., & Reutzel, C. R. (2011). Signaling Theory : A Review and

Assessment. https://doi.org/10.1177/0149206310388419

Darlis, E., & Zirman. (2010). Analisis reaksi investor dalam merespon pengumuman dividen. Jurnal

Ekonomi, 18(4).

Debondt, W., Forbes, W., Hamalainen, P., Gulnur, Y., & Debondt, W. (2010). What can behavioural

finance teach us about finance ? https://doi.org/10.1108/17554171011042371

Dent, E. B., & Goldberg, S. G. (1999). The Journal of Applied Behavioral Science Challenging “ Resistance

to Change .” https://doi.org/10.1177/0021886399351003

Devi, Y. V., & Putra, I. S. (2020). Reaksi Pasar Terhadap Pengumuman Dividen Perusahaan yang

Termasuk dalam IDX High Dividend 20 Periode 2019. Jurnal PETA, 5, 79–95.

https://doi.org/10.23917/warta.v23i1.10202

Esomar, M. J. F. (2018). Reaksi Investor Terhadap Pengumuman Kenaikan dan Penurunan

Dividen di Bursa Efek Indonesia. Soso-Q, 6(2), 6–28. Haler, R. I. H. T. (2006). Individual

Preferences , Monetary Gambles , and Stock Market Participation : A Case for Narrow Framing.

Haryanto, S. (2011). Reaksi Investor terhadap Pengumuman Dividen di Bursa Efek Indonesia.

Jurnal Keuangan Dan Perbankan, 15(2), 213–220.

Kahneman, D., & Tversky, A. (1979). Prospect Theory: An Analysis of Decision under Risk. 47(March),

–291.

Lotfi, T. (2018). Dividend Policy in Tunisia: A Signalling Approach. International Journal of Economics

and Finance, 10(4), 84. https://doi.org/10.5539/ijef.v10n4p84

Maramis, J. B. (2018). Reaksi Investor Pasar Modal Indonesia Tehadap Pengumuman Dividen

(Studi Kasus Pada Perusahaan Asuransi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun

-2017). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(3), 1208–

https://doi.org/10.35794/emba.v6i3.20177

Nazilah. (2015). Pengaruh Framing Informasi Terhadap Pengambilan Keputusan Investasi Denganpendekatan

Eksperimental.

Pasek, G. W., Widanaputra, A., & Ratnasari, M. M. (2016). Pengaruh Framing dan Kemampuan

Numerik Terhadap Keputusan Investasi. Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana,

Vol.5(No.11), 3971–4000.

Pastika, I. W. A., & Widanaputra, A. A. G. P. (2019). Analisis Reaksi Pasar Terhadap Pengumuman

Dividen Saham. E-Jurnal Akuntansi, 27, 822. https://doi.org/10.24843/eja.2019.v27.i01.p30

Pramana, K., & Abundanti, N. (2017). Reaksi Pasar Terhadap Pengumuman Dividen di Bursa

Efek Indonesia. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 6(11), 254997.

Rahayu, C. W. E. (2017). The Influence of Information Framing towards Investors Reaction in

Bullish and Bearish Market Condition: an Experiment. Jurnal Dinamika Manajemen, 8(2), 199–

https://doi.org/10.15294/jdm.v8i2.12760

Ross, S. A. (1977). The determination of financial structure : the incentive-signalling approach. 8(1), 23–40.

Saragih, A. E. (2019). Event Study: Reaksi Pasar Terhadap Pengumuman Dividen Pada Perusahaan

yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Reviu Akuntansi Dan Keuangan, 5(1), 1–24.

https://doi.org/10.1007/springerreference_1418

Shafi, M. (2014). Determinants Influencing Individual Investor Behavior In Stock Market : A Cross Country

Research Survey Introduction : 2(1), 60–71.

Spence, M. (1972). Job Market Signaling. 355–374.

Statman, M. (2014). Borsa _ Istanbul Review Behavioral finance : Finance with normal people.

Borsa Istanbul Review, 14(2), 65–73. https://doi.org/10.1016/j.bir.2014.03.001 Journal of March "Management Research", Volume 2 Nomor 1, pp. 8-15

Sudira Putra, I., & Sujana, I. (2014). Analisis Reaksi Pasar Terhadap Pengumuman Dividen Tunai

Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. E-Jurnal Akuntansi, 8(2), 118–

Sukartha, I. M. (2013). Reaksi Pasar Terhadap Pengumuman Dividen Perusahaan Yang Termasuk

Kategori Lq 45. E-Jurnal Akuntansi, 2(1), 1–18.

Tastaftiani, M., & Khoiruddin, M. (2015). Analisis Pengaruh Pengumuman Dividen Tunai

Terhadap Abnormal Return Dan Variabilitas Tingkat Keuntungan Saham. Management

Analysis Journal, 4(4), 333–340. https://doi.org/10.15294/maj.v4i4.8886

Tversky, A., & Kahneman, D. (1981). The Framing of Decisions and the Psychology of Choice The Framing

of Decisions and the Psychology of Choice. 211(4481), 453–458.

Tversky, A., & Kahneman, D. (1986). RATIONAL CHOICE AND THE FRAMING OF

DECISIONS. 59(4), 251–278.

Wahyu, C., & Rahayu, E. (2017). The Influence of Information Framing towards Investors

Reaction in Bullish and Bearish Market Condition : an Experiment Pengaruh Pembingkaian

Informasi terhadap Reaksi Investor pada Kondisi Pasar Bullish dan Bearish : Sebuah

Eksperimen. Jurnal Dinamika Manajemen, 8(36), 199–207.

Wardani, E. K. (2014). Pengaruh Framing Effect Terhadap Pengambilan Keputusan Investasi

Dengan Locus Of Control Sebagai Variabel Pemoderasi. JURNAL NOMINAL, III, 52–60.

Wahyu, C., & Rahayu, E. (2017). The Influence of Information Framing towards Investors

Reaction in Bullish and Bearish Market Condition : an Experiment Pengaruh Pembingkaian

Informasi terhadap Reaksi Investor pada Kondisi Pasar Bullish dan Bearish : Sebuah

Eksperimen. Jurnal Dinamika Manajemen, 8(36), 199–207.

Pasek, G. W., Agus, I. P., & Agung, G. (2019). Effect Framing Dalam Pengambilan Keputusan

Investasi Tinjauan Dari Kemampuan Numerik. Jurnal KRISNA: Kumpulan Riset Akuntansi,

(2), 125–130.

Nazilah. (2015). Pengaruh Framing Informasi Terhadap Pengambilan.

Candraningrat, I. R., Salim, U., Indrawati, N. K., & Ratnawati, K. (2018). Influence of Framing

Information and Disposition Effect in Decision of Investment : Experimental Study on

Investor Behavior at Indonesia Stock Exchange Representative on Denpasar , Bali.

International Review of Management and Marketing, 8(3), 59–68.

T, A. M., & Purwoko, B. (n.d.). Studi Kepustakaan Mengenai Landasan Teori Dan Praktik Konseling

Expressive Writing. 1–8.

Surakhmad, W. (1990). Pengantar Penelitian Ilmiah, metode dan teknik. Tarsito


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JOURNAL OF MARCH "MANAGEMENT RESEARCH"

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 
Universitas Tidar, Fakultas Ekonomi
Jalan Kapten Suparman, No. 39, Potrobangsan, Magelang Utara.
Kode Pos: 56116
Telp (0293) 364113
Website: fe.untidar.ac.id