IMPLEMENTASI CSR LINGKUNGAN TERHADAP PERUSAHAAN PERTAMINA DI BANJARMASIN SEBAGAI UPAYA MEWUJUDKAN GCG

Novi Wulan Suci, Elsa Siffa Nabillah Nurlailatri, Dyah Ikhtiariza, Syahrul Rizki Ramadhan, Printa Dewi Uma Azzahra, Adi Wahyono, Nabila Fairuzzahra, Ulfa Kurnia Sari

Abstract


Implementasi praktik CSR yang baik oleh PT Pertamina Integrated Terminal Patra Niaga Banjarmasin telah memberikan kontribusi positif terhadap penerapan prinsip-prinsip GCG. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran Corporate Social Responsibility (CSR) dalam mewujudkan Good Corporate Governance (GCG) di PT Pertamina Integrated Terminal Patra Niaga Banjarmasin. Fokus penelitian ini adalah pada hubungan antara praktik CSR yang dilakukan oleh perusahaan dan implementasi prinsip-prinsip GCG. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan normatif hukum dengan studi kasus pada PT Pertamina Integrated Terminal Patra Niaga Banjarmasin. Data diperoleh melalui komparasi dengan peraturan perundang-undangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT Pertamina Integrated Terminal Patra Niaga Banjarmasin telah melaksanakan sejumlah kegiatan CSR yang berfokus pada lingkungan. Perusahaan ini secara aktif terlibat dalam program penghijauan, pengelolaan limbah, dan kampanye kesadaran lingkungan di komunitas sekitar. Dalam konteks PT Pertamina Integrated Terminal Patra Niaga Banjarmasin, praktik CSR yang berfokus pada lingkungan telah membantu perusahaan memenuhi tanggung jawabnya terhadap masyarakat dan lingkungan sekitar, sambil memperkuat tata kelola perusahaan yang baik.

 


Full Text:

PDF

References


Artikel Ilmiah dan Jurnal

Samuel Ronatio Adinugroho, Budiharto, Joko Priyono, (2017) , “Pelaksanaan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan PT. Pertamina Semarang (Persero) Ditinjau Dari UU Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas”, Diponegoro Law Journal : Volume 6, Nomor 1

Ridwan F (2022), Direktorat Kemitraan Lingkungan Hidup dan Kehutanan “Ramah Tamah dengan Sahabat Bekantan Indonesia”

Hadi S. Alikodra, M. Bismark, M. Arief Soendjoto, dkk (2017). Judul Buku “Perjuangan Melawan Kepunahan”.

Aziz, Abdul. 2014, “Analisis Pengaruh Good Corporate Govenance (GCG) Terhadap Kualitas Pengungkapan Sustainbility Report (Studi Empiris Pada Perusahaan Di Indonesia Periode Tahun 2011-2012”, Jurnal Audit dan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Tanjungpura, Vol. 3, No. 2, Desember, Hal. 67

Assajidah, K., Ruslina Lisda, S.E. and MSi, A.K., 2022. “PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE DAN KUALITAS SISTEM INFORMASI AKUNTANSI TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN (Studi Kasus pada PT. Pertamina Persero) (Doctoral dissertation, Universitas Pasundan Bandung)”.

Pratiwi, W. D., & Purbaningrum, D. G. (2023). “Implementasi Prinsip Good Corporate Governance di Divisi Sumber Daya Manusia Pada PT Pertamina Pusat”. PUBLICNESS: Journal of Public Administration Studies, 2(1), 54-63.

Nasution, B., & Siregar, M. (2018). “PENERAPAN TATA KELOLA PERUSAHAAN YANG BAIK (GOOD CORPORATE GOVERNANCE) DALAM PELAKSANAAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL (CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY) PADA PT. PERTAMINA EP RANTAU KABUPATEN ACEH TAMIANG”, (Doctoral dissertation).

Ahmadi, Amiratika Salsabila. "Nilai Tambah Ekonomi Dari Coorporate Social Responsibility Pada PT Pertamina (Persero)." Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB Universitas Brawijaya, 2017/2018: 4.

Internet

Afdi. Pertamina Raih CSR dan PDB Awards 2022. 2022. https://www.baritopost.co.id/pertamina-raih-csr-dan-pdb-awards-2022/

Peraturan Perundang-undangan

Undang-undang Nomor 8 Tahun 1971 Tentang Pertambangan Minyak dan Gas Bumi jo UU Nomor 22 Tahun 2001 Tentang Minyak dan Gas Bumi.

Undang-undang Nomor 40 Tahun 2007 Tentang Perseroan Terbatas

Peraturan Pemerintah Nomor 47 Tahun 2012 Tentang Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perseroan Terbatas


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 LONTAR MERAH

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.