URGENSI PENYERTAAN INFORMASI AKTUAL PADA KEMASAN PRODUK SEBAGAI UPAYA PERLINDUNGAN HAK KONSUMEN
DOI:
https://doi.org/10.31002/lm.v6i1.3798Keywords:
nformasi, Produk, Konsumen, dan AktualAbstract
Kegiatan jual beli semakin masif dilakukan selaras dengan meningkatnya kebutuhan hidup manusia. Dengan begitu timbul berbagai macam permasalahan yang dapat merugikan beberapa pihak dan menguntungkan pihak lainnya. Kegiatan jual beli ini ini tak terlepas dari peran hukum sebagai alat mencapai keadilan dan menciptakan rasa aman sesuai dengan hak konstitusional bernegara. Salah satu masalah yang sering ditemui adalah ketidak sesuaian informasi aktual yang di sertakan. Dalam kegiatan jual beli terdapat klasifikasi jasa dan produk, dalam penelitian kali ini akan menilik lebih jauh di bagian produk. Oleh karena itu tujuan penelitian ini untuk menilik lebih dalam terkait urgensi penyertaan informasi aktual pada produk yang nantinya akan digunakan oleh konsumen. Penelitian dilakukan dengan metode yuridis normatif, yaitu dengan melakukan penelitian terhadap bahan pustaka terkait, didasarkan pada bahan hukum primer seperti peraturan perundangundangan dan sekunder berupa artikel penelitian. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa banyak faktor yang mendorong keharusan produsen menyertakan informasi aktual pada kemasan produk. Hal ini juga guna melindungi hak konsumensesuai UU No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen.References
Erick, I Putu Putra Sanjaya, I Nyoman Putu
Budiartha, and Ni made Sukaryati Karma. “Perlindungan Hukum Terhadap
Konsumen Dalam Jual Beli Barang
Melalui E - Commerce.” Jurnal Analogi
Hukum 1, no. 2 (2019): 239–43.
“KEWAJIBAN KORPORASI TERHADAP
KETERBUKAAN INFORMASI
PERUSAHAAN BAGI
PERLINDUNGAN KONSUMEN DI
INDONESIA” IX, no. 3 (2021): 76–85.
Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian
Suatu Pendekatan, (Jakarta: Rineka Cipta,
, hlm. 23.
Satjipto Rahardjo, Ilmu Hukum, (Bandung:
Offset Alumni, 1985), hlm. 80-81.
Sinaga, Niru Anita. “Pelaksanaan
Perlindungan Konsumen Di Indonesia.”
Jurnal Ilmiah Hukum Dirgantara 5, no. 2
(2014).
https://doi.org/10.35968/jh.v5i2.110.
Susantri, Yulia, Magister Ilmu, Hukum
Fakultas, Hukum Universitas, Syiah
Kuala, Darul Imarah, Aceh Besar, et al.
“PENCANTUMAN INFORMASI
PADA LABEL PRODUK KOSMETIK
OLEH INCLUSION OF
INFORMATION ON COSMETIC
PRODUCTS LABEL BY THE
PENDAHULUAN” 2, no. 8 (2018): 113–
Wayan, I, Gede Asmara, Nyoman Sujana, Dan
Ni, and Made Puspasutari. “Jurnal
Analogi Hukum Perlindungan Hukum
Terhadap Hak Konsumen Atas Informasi
Produk Import.” Jurnal Analogi Hukum
, no. 1 (2019): 120–24
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 LONTAR MERAH

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.