SURVEI TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP APLIKASI MAGELANG SMART SERVICE SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN LAYANAN E-GOVERNMENT

Anisa Lestari, Amelia Putri Anastasya Putri Anastasya, Maulana Iqbal, Ocha Oktavia Ramadhan, Kamelia Sholikhah, Joko Tri Nugraha

Abstract


Studi ini membahas evaluasi tingkat kepuasan masyarakat terhadap aplikasi Magelang Smart Service sebagai bagian dari upaya peningkatan layanan e-government. e-government merupakan penerapan teknologi digital untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi layanan publik. Penerapan e-Government melalui aplikasi seperti Magelang Smart Service juga memberikan kemudahan akses informasi dan layanan bagi masyarakat, serta meningkatkan interaksi antara pemerintah dan masyarakat. Studi ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pengumpulan data melalui kuesioner online, Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 1.363.290 orang dengan responden yang berjumlah 101 orang. Penelitian ini menggunakan rumus sloven untuk menentukan jumlah sampel. Hasil survei menunjukkan bahwa mayoritas responden merasa puas dengan pelayanan, kualitas, dan kemudahan penggunaan aplikasi Magelang Smart Service. aplikasi ini berisi berbagai fitur untuk memudahkan masyarakat dalam menggunakan layanan publik, aplikasi ini dinilai lebih praktis karena menyatukan berbagai macam layanan publik Kabupaten Magelang menjadi satu platform, sehingga masyarakat tidak perlu lagi mengunduh banyak aplikasi berbeda untuk mengurus keperluan

Full Text:

PDF

References


Afrizal S, Hakiem N, Sensuse D.,I. (2015) “Analisis Kesiapan Implementasi E Government pada Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Republik Indonesia”. Journal of Information Systems, Vol 11, Issue 2.

Hapsari, S. W., Oktavianingtias, E., Zakiyah, B., & Kurniasih, Y. (2021).

PELAYANAN PUBLIK BERBASIS E-GOVERNANCE MELALUI PENERAPAN APLIKASI ‘OGAN LOPIAN’BIDANG PELAYANAN KESEHATAN DI KABUPATEN PURWAKARTA JAWA BARAT. JMAN jurnal mahasiswa

Administrasi negara, 5(1), 18-29.

I.G. Prihanto.Analisis Implementasi E Government Pada Pemerintah Daerah Tingkat Provinsi.2018diakses pada

tanggal 28 Mei 2018 http://jurnal.lapan.go.id/index.php/jurn

al_ansis/article/download/1772/1607

Lestari, y. D., Nugraha, J. T., & Fauziah, N. M. (2019). Pengembangan E government melalui Layanan Aspirasi Masyarakat di Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Magelang. Jurnal Ilmu Administrasi: Media Pengembangan Ilmu dan

Praktek Administrasi

Larasati, I., Yusril, A. N., & Al Zukri, P. (2021). Systematic Literature Review Analisis Metode Agile Dalam Pengembangan Aplikasi Mobile.

SISTEMASI, 10(2), 369-380.

Nalendra, A. R. A., Rosalinah, Y., Priadi, A., Subroto, I., Rahayuningsih, R., Lestari, R., ... & Zede, V. A. (2021). Statistika Seri Dasar Dengan SPPS.

Orbawati, E. B., Nugraha, J. T., & Fadlurrahman, F. (2023). Mengukur

Indeks Kepuasan Masyarakat (Studi Kasus Pelayanan SKCK dan SIM Pada Polres Kota Magelang). Jurnal Pemerintahan dan Politik, 8(1). Prihartono, D. (2023). Penerapan Pelayanan Publik Berbasis E-Governance Pada Era Revolusi IndustrI 4.0. Kebijakan:

Jurnal Ilmu Administrasi. 197 Indrajit, Richardus Eko. Membangun Aplikasi E-government, Jakarta: PT Elex Media Komputindo. 2016

Sumardi, S., Nawir, A., & Mukhlis, S. (2021). Analisis Transformasi

Birokrasi Melalui Pengembangan e-Government di Indonesia. Journal of Government Insight, 1(2), 84-91.

Sugiyono (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.

Bandung: CV. Alfabeta.

Widodo, N. (2016). Pengembangan e Government di Pemerintahan Daerah Dalam Rangka Mewujudkan Smart City (Studi di Pemerintah Daerah Kota Malang). Jurnal Ilmiah Administrasi Publik, 2(4), 227-235.

Yusuf, R. M. S., & Jumhur, H. M. (2018). Penerapan E-government Dalam Membangun Smart City Pada Kota Bandung Tahun 2018. eProceedings of Management, 5(3).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 JMAN jurnal mahasiswa Administrasi negara



Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Atribusi-Nonkomersial 4.0 Creative Commons Internasional .