PERSPEKTIF ANGGOTA KIM KALURAHAN NGALANG PADA AKUN INSTAGRAM @DESA_NGALANG DALAM MEMBERIKAN LAYANAN INFORMASI

Agustine Gitania Kencana, Esa Yuna Salsabila, Laily Dina Rochmana, Devita Linda Dewi Serliana, Bima Eka Putra Setiyawan

Abstract


Jurnal penelitian ini bertujuan untuk melihat seberapa berpengaruhnya instagram pemerintah desa dalam memberikan layanan informasi. Dalam hal ini perspektif dari masyarakat dijadikan bahan acuan dalam mengetahui efektifitas kinerja instagram dakan layanan informasi. Selain itu juga bisa dijadikan bahan evaluasi pemerintah desa untuk pemaksimalan eksistensi instagram dalam platform penyebaran informasi. Instagram adalah platform media sosial yang banyak digunakan dengan miliaran pengguna di seluruh dunia. Karena popularitasnya, Instagram sekarang dapat digunakan oleh organisasi sebagai platform untuk layanan publik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi kemampuan platform media sosial Instagram untuk menguntungkan masyarakat. Menggunakan metodologi studi kasus, penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Data dikumpulkan melalui survey link google form kepada masyarakat. Menurut temuan penelitian, Instagram mungkin dapat meningkatkan efektivitas layanan publik, antara lain: Meningkatkan aksesibilitas informas. Instagram memungkinkan publik untuk menerima informasi dengan cepat dan mudah. Meningkatkan keterlibatan dan interaksi publik. Instagram menawarkan saluran dua arah untuk komunikasi antara publik dan organisasi. Secara keseluruhan, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Instagram dapat meningkatkan efisiensi layanan pemerintah. Namun, inisiatif diperlukan untuk mengatasi hambatan saat ini, seperti meningkatkan akses digital dan memotivasi bisnis untuk memanfaatkan Instagram.

Full Text:

PDF

References


Anggraeni, I., & Hartanto, E. (2023). Pengaruh Konten dan Kualitas Informasi Akun Instagram@idvolunteering terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Followers. Communicology: Jurnal Ilmu Komunikasi, 11(2), 229-242. [2] Anita, A., & Harsyeno, A (2023). Analisis Pemanfaatan Media Sosial Instagram Terhadap Respons Masyarakat Pengguna Layanan Informasi Direktorat Jenderal Pajak. Journal of Business Administration Economics & Entrepreneurship, 117-128

Hidayat, M. R. R., & Wenggi, I. R. (2022). Pemanfaatan Media Sosial dalam Rangka Peningkatan Pelayanan Publik. Jurnal Ilmiah Administrasi Pemerintahan Daerah, 14(2), 233-246.

Mutiah, T., La Ode, Y. M., Raharjo, A., Fitriyanto, F., Pemanfaatan & Suratriadi, P. (2022). Media Sosial Instagram@Ridwankamil Sebagai Upaya Meningkatkan Pelayanan Publik. Akrab Juara: Jurnal Ilmu-ilmu Sosial, 7(2), 271-282.

Nadirah, S. P., Pramana, A. D. R., & Zari, N. (2022). metodologi penelitian kualitatif, kuantitatif, mix method (mengelola Penelitian

Dengan Mendeley dan Nvivo). CV. Azka Pustaka.

Novesal, A. D. (2020). Optimalisasi Penggunaan Media Sosial Instagram Dalam Pemasaran Digital Produk Umroh Pada PT. Jejak Imani Berkah Bersama Pamulang Tahun 2019 (Bachelor's thesis, Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta).

Novianti, E., Nugraha, A. R., Komalasari, L., Komariah, K., & Rejeki, D. S. (2020). Pemanfaatan media sosial dalam penyebaran

informasi program pemerintah (Studi Kasus Sekretariat Daerah Kabupaten Pangandaran). AL MUNIR: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 48-59.

Pratiwi, A. P., & Abdurrahman, M. S. (2021).

Strategi Pengelolaan Media Sosial Instagram Humas Pemkot Bandung Di Masa Pandemi Covid-19. eProceedings of Management, 8(3).

Sutrisno, A. P., & Mayangsari, I. D. (2021). Pengaruh

Penggunaan Media

Sosial Instagram@ Humasbdg Terhadap Pemenuhan

Kebutuhan Informasi Followers. Jurnal Common, 5(2), 118-133.DAHL, Robert A. "The science of public administration: Three

problems." Public administration review 7.1 (1947): 1-11.

Wulandari, A., & Salma, A. N. (2022). Pengaruh

Penggunaan Media Sosial Instagram Terhadap Pemenuhkan Kebutuhan Informasi. Kaganga: Jurnal Pendidikan Sejarah dan Riset

Sosial Humaniora, 5(2), 242-246.

Yuliani, F. (2020). Media Baru dalam

Pelayanan Publik:(Sosial Media dalam Pelayanan Publik oleh OMBUDSMAN RI Bengkulu). Commed Jurnal Komunikasi dan

Media, 4(2), 149-157.

D.Ruben, Brent And Lea P Steward. (1998). Comunication And Human Behavior. Usa: Allyn And Bacon

McLuhan, Marshall. (1962). The Gutenberg Galaxy: The Making of Typographical Man. Toronto: University of Toronto Press.

Juliansyah Noor, Metodologi Penelitian, (Jakarta:Kencana, 2011),79 huh

Nanang Martono, Metode Penelitian Kuantitatif, (Purwekerto: Rajawali Pers, 2012),63

Yulianah, S. E. (2022). Metodelogi Penelitian Sosial. CV Rey Media Grafika.

Simon Kemp. (2024, 21 februari). Digital

:Indonesia.https://datareportal.com/repor ts/digital-2024-indonesia . diakses pada 5 April 2024


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 JMAN jurnal mahasiswa Administrasi negara



Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Atribusi-Nonkomersial 4.0 Creative Commons Internasional .