Hiburan atau Distraksi? Mengurai Pengaruh TIKTOK pada Prestasi dan Interaksi Mahasiswa

Atik Robingatun, Yuni Kartika, Nawal Mahda, Phasya Permata, Laila Nai’ilatur, Joko Tri Nugraha

Abstract


Pada era digital saat ini, TikTok sebagai platform media sosial yang mendominasi, khususnya di kalangan generasi muda, termasuk mahasiswa Prodi Ilmu Administrasi Negara di Universitas Tidar. penelitian ini difokuskan pada bagaimana mahasiswa menggunakan TikTok dan apa pengaruhnya terhadap kehidupan akademik dan sosial mereka dan apa preferensi konten di antara mahasiswa yang menggunakan TikTok. Tujuan dari kajian ini adalah untuk memahami secara mendalam penggunaan TikTok di kalangan mahasiswa, mengeksplorasi dampaknya terhadap aspek akademik dan sosial, dan interaksi sosial yang terjadi di lingkungan mahasiswa. Penelitian menggunakan metode penelitian kuantitatif. Dimana pada penelitian kuantitatif ini menggunakan teknik survey. Metode pengumpulan data penelitian ini adalah survei dengan kuesioner kepada responden tentang pertanyaan yang telah di bagikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa TikTok berperan signifikan dalam memfasilitasi interaksi sosial di antara mahasiswa, memberikan mereka platform untuk hiburan, edukasi, personal branding, dan memperluas jaringan sosial mereka. TikTok dapat digunakan untuk hiburan dan juga digunakan sebagai sarana edukasi serta berinteraksi.

Full Text:

PDF

References


NUGROHO, T. W. J., Istiatin, I., & Mursito, B. (2022). Employee Performance Reviewing From Discipline, Motivation, Work Environment, And Leadership In Public Works And Spatial Planning Offices Klaten District. PERCIPIENCE International Journal of Social, Administration, Entrepreneurship, 2(1), 1-9.

IRIANTO, S., & Al-Amin, A. A. Analisis pengaruh Aplikasi Tiktok Terhadap Peningkatan Pembelajaran Bahasa Inggris

Pada Siswa. Innovative: Journal Of Social Science Research, 1(1), 42-48. (2021)

PEBTIANTI, A. Tren penggunaan tiktok pada kalangan remajamahasiswa jurusan sosiologi angkatan 2021 FISIP UPR. Journal Sosiologi, 4(1), 46-51. (2021)

MARBUN, B., & Rasyid, A. Pengaruh tiktok shop terhadap motif belanja online mahasiswa universitas islam riau. Jurnal Ilmu Komunikasi (JKMS), 11(2), 29-40. (2022)

GUGULE, H., & Mesra, R. Analisis Sosiologis Terhadap Video ViralTiktok tentang Penegakan Hukum di Indonesia. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 8(3), 1071-1078. (2022)

RAHIMULLAH, N. A., Damayanti, S. B., Izra, A. A., & Handayani, P. W. Assessing the factors influencing users accessing higher education

content on TikTok. Cogent Education, 9(1), 2148498. (2022)

SALSABILA, A. H., & Suhartono, S. Penerapan Mesia TikTok Detak Pustaka dalam Pembelajaran Menulis Puisi Siswa Kelas X MA Salafiyah Gresik. (2023)

SALSABILA, E. F., HANGGARA, G. S., & ARIYANTO, R. D. Pengaruh Media Sosial Tiktok Terhadap Perilaku Sopan Santun Siswa SMK PGRI 2 Kediri. Prosiding Konseling Kearifan Nusantara (KKN), 1, 32

(2021)

BAHRI, A., Damayanti, C. M., Sirait, Y. H., & Alfarisy, F. Aplikasi tiktok sebagai media pembelajaran bahasa indonesia. Jurnal inggris Indonesia Sains, 3(01), 120-130. (2022)

PRASTIOAJI, S. Dampak Algoritma TikTok Terhadap Perilaku Pengguna di Indonesia Ditinjau dari Perspektif Filsafat Teknologi MarshallMcLuhan (Doctoral dissertation, Universitas Gadjah Mada). (2023) SUGIYONO, D. Prof, Statistika Untuk

Penelitian. Bandung: Alfabeta Bandung. (2017)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 JMAN jurnal mahasiswa Administrasi negara



Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Atribusi-Nonkomersial 4.0 Creative Commons Internasional .