RESOLUSI PEMERINTAH DALAM MENGENTASKAN ANGKA PENGANGGURAN TERHADAP PERBAIKAN TARAF KESEJAHTERAAN SOSIAL MASYARAKAT DI KABUPATEN CILACAP

Bellany Betta, Mudham Tabrani, Hendra Lana Saputra

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi pengangguran yang mengakar kuat di Kabupaten Cilacap dan peran pemerintah melalui kebijakan dan pelayanan sosialnya dalam meminimalisir tingginya angka pengangguran. Pengangguran merupakan suatu permasalahan sosial yang kian marak terjadi dalam kehidupan masyarakat. Pengangguran adalah kondisi di mana orang tidak memiliki pekerjaan dan tidak bekerja maupun seseorang yang sedang mencari pekerjaan. Tingkat pengangguran yang tinggi menjadi permasalahan serius yang harus dibenahi. Salah satu daerah yang memiliki angka pengangguran tertinggi adalah Kabupaten Cilacap. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik Kabupaten Cilacap, tingkat pengangguran dari tahun 2019-2021 berada pada intensitas naik yakni pada tahun 2021 sebesar 82 714,00 dengan persentase TPT mencapai 9,97%. Oleh karena itu hal ini menjadi topik yang sangat penting dan menarik untuk dianalisis dan dideskripsikan secara lebih mendalam terkait Resolusi Pemerintah Dalam Mengentaskan Angka Pengangguran Terhadap Perbaikan Taraf Kesejahteraan Sosial Masyarakat Di Kabupaten Cilacap. Menggunakan metode literatur review. Hasil penelitian menunjukkan bahwa angka pengangguran di Kabupaten Cilacap masih sangat tinggi dan peran pemerintah dalam menurunkan angka pengangguran sudah diupayakan di mana pemerintah menargetkan Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) 2022 sekitar 5,5 – 5,9 persen dengan keberhasilan pemerintah meningkatkan usaha mikro sebesar 3,31% dari tahun 2021 hingga 2022 melalui beberapa kebijakan dan pelayanan sosial yang diberikan seperti, Peraturan pemerintah daerah tentang kerja lokal yang merupakan inisiatif DPRD Kabupaten Cilacap, Pengembangan Potensi Kawasan Industri Hasil Tembakau (KIHT), Pemberdayaan pemuda oleh PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Cilacap, Pengurangan pengangguran remaja karang taruna dengan pelatihan produk dan lain sebagainya . Dengan demikian pemerintah berperan penting dalam pemenuhan lapangan pekerjaan dan pelatihan kualitas dan kompetensi masyarakat atau tenaga kerja.

Full Text:

PDF

References


-2023, B. (n.d.). Tingkat Penganggurann Terbuka Kabupaten Cilacap. Cilacapkab.Bps.Go.Id. Antara, J. N. (2022). Luncurkan Program CSR, Pertamina Cilacap dorong warga Donan makin produktif dan berdikari. Jateng.Antaranews.Com.

Cukai, A. W. B. dan. (2020). JEJAKI POTENSI KIHT DI CILACAP,

DPRD KABUPATEN CILACAP SAMBANGI BEA CUKAI. Beacukai.Go.Id.

https://www.beacukai.go.id/berita/jajaki-potensi-kihtdi-cilacap-dprd-kabupaten-cilacap-sambangi-beacukai.html

Hidayatulloh, M. I. (2017). Pengaruh Tingkat Pendidikan, Tanggungan Keluarga, dan Status Pernikahan Terhadap Keputusan Perempuan Bekerja (Studi Pada Desa Trawasan Kecamatan Sumobito Kabupaten Jombang). Journal Universitas Brawijaya.

Kencana, M. R. B. (2021). Proyek PLTS Pertamina di Kilang Cilacap

Serap Tenaga Lokal 67 Persen. Liputan6.Com.

KSM. (2021). Kilang Pertamina Cilacap bekali kaum muda dengan keterampilan las listrik 6G. Jatengantaranews.

Kurniawan, A. (2019). Investasi di Cilacap Capai 7 Triliun,

Angka Pengangguran Masih Tinggi. Serayunews.

Kurniawan, I., & pujono, pujono pujono. (2020). Pelatihan Las

Listrik Dasar Untuk Masyarakat Usia Produktif Lingkungan Rw 10 Desa Sidanegara Kecamatan Cilacap Tengah Kabupaten Cilacap. Journal of

Approriate Technology for Community Services, 1(2),

–99. https://doi.org/10.20885/jattec.vol1.iss2.art5

Kusnandar, V. B. (2021). Penduduk Kabupaten Cilacap Pada

Tahun 2020. Databoks.

Nastuti, A. (2021). Dukung Penurunan Angka Penganggurang

Kilang Pertamina Cilacap Bekali Kaum Muda dengan

Skill Las Listrik 6G. Bercahayafm.Cilacapkab.Go.Id.

Purnomo, K. I. (n.d.). Pengembangan Sumber Daya Manusia

Indonesia Pada Lembaga Kursus Sebagai Upaya Meningkatkan Tenaga Professional. Academia.Edu, 1–16.

https://www.academia.edu/download/53304533/PENGEMBANGAN_SUMBER_DAYA_MANUSIA_INDONESIA__PADA_LEMBAGA_KURSUS_SEBA

GAI_UPAYA_MENINGKATKAN_TENAGA_PROFESSIONAL.pdf

Sembiring, L. J., & Sandi, F. (2020). Menaker: 1,5 Juta Orang

Kehilangan Pekerjaan Karena Covid-19. CNBC Indonesia.

Setiawan, M. Y. (2020). Korban PHK di Pastikan Dapat Bantuan di Cilacap, Disnakerin: Sudah Diusulkan ke Pemprov Jateng.Tribunbanyumas.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 JMAN jurnal mahasiswa Administrasi negara



Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Atribusi-Nonkomersial 4.0 Creative Commons Internasional .