RESTRUKTURISASI ORGANISASI PERANGKAT DAERAH PADA DINAS TENAGA KERJA DAN DINAS SOSIAL KOTA MAGELANG

Desy Tri Meirinawati

Abstract


Reformasi Birokrasi merupakan upaya untuk melakukan pembaharuan dan perubahan mendasar terhadap sistem penyelenggaraan pemerintahan. Dalam penelitian ini terkait dengan reformasi birokrasi khususnya dalam penataan struktur organisasi atau restrukturisasi organisasi perangkat daerah pada Dinas Tenaga Kerja dan Dinas Sosial Kota Magelang. Restrukturisasi ini mengacu pada Peraturan Daerah Kota Magelang Nomor 3 Tahun 2016 tentang pembentukan dan susunan perangkat daerah. Pada peraturan daerah tersebut sebagai dasar untuk penyesuaian dan perubahan organisasi perangkat daerah. Rumusan masalah adalah : bagaimana restrukturisasi organisasi perangkat daerah pada Dinas Tenaga Kerja dan Dinas Sosial Kota Magelang serta faktor – faktor apa saja yang mempengaruhi restrukturisasi organisasi perangkat daerah pada Dinas Tenaga Kerja dan Dinas Sosial Kota Magelang.

 

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis restrukturisasi organisasi perangkat daerah pada Dinas Tenaga Kerja dan Dinas Sosial Kota Magelang (2) menganalisis  faktor-faktor  yang  mempengaruhi  restrukturisasi  organisasi perangkat daerah pada Dinas Tenaga Kerja dan Dinas Sosial Kota Magelang. Metode penelitian yang diguankan dalam penelitian ini adalah dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa   dalam melakukan restrukturisasi dianalisis dengan menggunakan 8 tahapan yaitu persiapan, analisis kekuatan dan kelemahan, mendesain sub organisasi baru, mendesain proyek, mendesain sistem kerja, mendesain sistem pendukung, mendesain mekanisme integratif, serta implementasi dan perubahan. Faktor yang mempengaruhi restrukturisasi antara lain yaitu lingkungan, strategi, dan teknologi.

 

 

 

Kata Kunci : Reformasi Birokrasi, Restrukturisasi, Kelembagaan


References


Azizy, A. Qodri. 2007. Change Management dalam Reformasi Birokrasi . Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Handoko, T.Hanny. 2006. Manajemen Personalia dan SDM. Yogyakarta: BPFL Hellriegel, Sloclum and Woodman. 2001. Organization behavior.

Cincinnati:South-Western College Publishing

Ignatius, Wursanto. 2003. Dasar- Dasar Ilmu Organisasi, Andi Yogyakarta.

Yogyakarta

Nugroho, Riant, 2004, Kebijakan Publik Formulasi, Implementasi, dan Evaluasi, Jakarta : Elex Media Komputindo

Robbins, Stephen. P. 2006. Perilaku Organisasi (alih bahasa Drs. Bejamin Molan).

Edisi Bahasa Indonesia. Klaten: PT Instan Sejati

Santosa, Pandji. 2008. Teori dan aplikasi Good Governance. Bandung: PT. Refika

Aditama

Sinambela, Lijan Poltak. 2008. Reformasi Pelayanan Publik.Jakarta: Bumi

Aksara.

F Risky, Olyvia. 2016. Restrukturisasi organisasi perangkat daerah dalam rangka reformasi administrasi. Universitas Brawijaya.

Pribadi, ulung. 2009. Restrukturisasi Organisasi Pemerintah Kabupaten Sleman dan Pemerintah Kota Surabaya 1999-2007. Universitas Gajah Mada: Yogyakarta.

Ramadhonni, nino E.P.W. 2010. Restrukturisasi organisasi perangkat daerah otonom (studi implementasi Peraturan Pemerintah No.41 Tahun 2007 di kabupaten Jember). Universitas Jember.

Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah

Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2016 tentang Organisasi Perangkat Daerah

Peraturan Daerah Kota Magelang Nomor 4 tahun 2008 tentang struktur organisasi dan tata kerja Dinas Daerah, Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Sosial Kota Magelang

Peraturan Daerah Nomor 3 Tahun 2016 tentang Organisasi Perangkat Daerah Kota Magelang


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JMAN jurnal mahasiswa Administrasi negara



Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Atribusi-Nonkomersial 4.0 Creative Commons Internasional .