KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN PUBLIK BIDANG KESEHATAN DI PUSKESMAS MAGELANG SELATAN KOTA MAGELANG

Dwi Sekar Novianingrum, Siti Maratul Sholikah, Deviana Mutiara Clarita, Anggi Laila Sari, Rochana Dwi Lestari, Dewi Mulyana, Eka Dyah Astuti, Joko Tri Nugraho

Abstract


Pelayanan publik adalah kegiatan atau rangkaian kegiatan dalam rangka pemenuhan kebutuhan pelayanan sesuai dengan peraturan perundang-undangan bagi setiap warga negara dan penduduk atas barang, jasa, dan pelayanan administratif yang disediakan oleh penyelenggara pelayanan publik. Kesehatan adalah hak azasi manusia, sebagaimana didalam UU 1945 Pasal 28 H ayat (1). Masih banyak berita tentang penyelewengan-penyelewengan dalam pelaksanaan kewajiban memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, sehingga masyarakat tidak mendapatkan pelayanan yang prima bahkan masyarakat menemui hambatan dalam mendapatkan pelayanan kesehatan tersebut. Salah satu yang menjadi rujukan dari penelitian ini berada di Puskesmas Magelang Selatan. Penelitian ini menggunakan Metode Survei (Metode Angket/Kuesioner) dengan alat analisis menggunakan Indeks Pelayanan Masyarakat (IKM). Hasil penelitian menunjukan Pelayanan yang diberikan oleh Puskesmas Magelang Selatan dikatakan baik sesuai dengan 14 indikator di dalam IKM. Namun masih harus diefektifkan kembali mengenai persyaratan yang diberikan, perbaikan loket pendaftaran dan ketersediaan lahan parkir memadai.

 

Keywords : Pelayanan Publik, Kesehatan, IKM (Indeks Kepuasan Masyarakat

Full Text:

Untitled

References


Buku

Bungin, Burhan. 2009. Penelitian kualitatif. Prenanda Media Group: Jakarta

Depkes RI. 2011. Target Tujuan Pembangunan MDGs. Direktorat Jendral Kesehatan Ibu dan Anak:Jakarta

Riduwan. 2004. Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Cetakan Pertama. Bandung : Alfabeta.

Valerie, ParasuramanA.2001.( Diterjemahkan Oleh Sutanto) DeliveryQuality Service. The Free Press :New York.

Widodo, Joko. 2001. Good Governance : Telaah dari Dimensi Akuntabilitas dan Kontrol Birokrasi pada Era Desentralisasi dan Otonomi Daerah. Insan Cendekia:Surabaya.

Undang-Undang

Kepmen PAN Nomor 25 Tahun 2004TentangPedomanUmumPenyusunanIndeksKepuasanMasyarakat.

Kepmen PAN Nomor63/KEP/M.PAN/7/2003TentangPedomanUmumPenyelenggaraanPelayananPublik.

UU nomor 25 tahun 2009 tentang pelayanan publik

UUD 1945 pasal 28 H ayat 1 tentang kesehatan.

JURNAL

Afrizal, Dedy dan Chalid Sahuri. 2012.” Analisis Manajemen Pelayanan Publik”. Jurnal Administrasi Pembangunan. Riau : Universitas Riau. Vol 1, No. 1. Hal 1-100.

Hariany, Zulfida, Rahim Matondang. 2014. Analisis Indeks Kepuasan Masyarakat (Ikm) Terhadap Pelayanan Publik Di Puskesmas XXX. e-Jurnal Teknik Industri. Medan : Universitas Sumatera Utara. Vol 5, No. 2. Hal 17-21.

Kamarni,Neng. Tahun. “Analisis Pelayanan Publik terhadap Masyarakat (Kasus Pelayanan Kesehatan di Kabupaten Agam).

Sukamti, Sri dan Hardi Utomo. Tahun .Analisis Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) Pada Pelayanan Publik Di Puskesmas Kalicacing Kota Salatiga.

Widowati, Septiana Nina. Tahun. Kualitas Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Rowosari Kecamatan Tembalang Kota Semarang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JMAN jurnal mahasiswa Administrasi negara



Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Atribusi-Nonkomersial 4.0 Creative Commons Internasional .