PERENCANAAN PROGRAM KENANGA SEBAGAI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM PENANGGULANGAN BENCANA TANAH LONGSOR DI DESA KETOSARI, KAB. PURWOREJO

Vivianna Aulia, Nur Halimah

Abstract


Penanggulangan bencana (PB) sebagai rangkaian kegiatan baik sebelum maupun saat dan sesudah terjadi bencana dilakukan untuk mencegah, mengurangi, menghindari dan memulihkan diri dari dampak yang ditimbulkan oleh bencana. Dalam kurun waktu 2018-2021, di Desa Ketosari juga terjadi tanah longsor yang menimbulkan korban jiwa dan kerusakan material seperti permukiman, lahan pertanian, dan jalur transportasi. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis dan mengkaji kesiapsiagaan masyarakat dalam mitigasi bencana di Desa Ketosari Kabupaten Purworejo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data yang diperoleh melalui wawancara dengan masyarakat sekitar Desa Ketosari Kabupaten Purworejo dan menggunakan literature review yaitu dengan menelaah serta menganalisis dari berbagai kajian berupa dokumen, jurnal, ataupun dari artikel resmi untuk dapat memperoleh informasi yang relevan dengan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Desa Ketosari merupakan Daerah yang terletak di Perbukitan Menoreh dimana sebagian besar bertopografi miring sampai sangat terjal dengan jenis batuan yang beku dimana itu menjadikan tanah sangat rawan akan bencana longsor. Maka dari itu perlunya perhatian lebih dari pemerintah untuk membuat program terkait dengan bencana ini. Kesiapsiagaan dalam mitigasi bencana perlu disosialisasikan lebih lanjut oleh pemerintah dalam menangani kasus ini. Peneliti membuat rancangan program pemberdayaan masyarakat yang disebut sebagai program KENANGA (Kesiapsiagaan Penanggulan Bencana). Adapun program kenanga yaitu adanya perencanaan pembangunan yang didalamnya mengandung berbagai upaya pencegahan dari potensi bencana, kesiapsiagaan serta PRB (Pengurangan Risiko Bencana) pasca bencana.

Keywords : Pemberdayaan Masyarakat, Mitigasi Bencana, Tanah Longsor



Full Text:

PDF

References


Afandi, Z. (2018). Peran Pemerintah Desa Dalam Pengelolaan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (KANTIBMAS) Di Desa Ketosari Kecamatan Bener Kabupaten Purworejo. Skripsi. Diakses pada 26 Oktober 2021.

Anggun, T., Roni Ekha Putera, dan Roza Liesmana. (2020). Pemberdayaan Masyarakat dalam Pengurangan Risiko Bencana Banjir di Kecamatan Padang Selatan. 1(02). Diakses pada 23 Oktober 2021.

BPBD Kab Purworejo. (2021). Tanah Longsor Menutup Jalan Utama Purworejo-Magelang. Diakses dari

https://bpbd.purworejokab.go.id/berita/detail/tanah- longsor-menutup-jalan-utama-purworejomagelang.

Faturahman, B. M. (2018). Konseptualisasi mitigasi bencana melalui perspektif kebijakan publik. Publisia (Jurnal Ilmu Administrasi Publik), 3(2), 121-134.

Julius, A.M., dkk. (2020). Implementasi Program Desa Tangguh Bencana di Desa Gunung Geulis, Sukaraja, Bogor. 8(1). 1-10. Diakses pada 24 Oktober 2021.

Kusuma, S., dkk. (2020). Pembentukan Desa Tangguh Bencana melalui Kuliah Kerja Nyata Tematik Pengurangan Risiko Bencana di Kabupaten Purbalingga. 4(1). 42-51. Diakses pada 26 Oktober 2021.

Muhsin. A, Laila. N, dan Yuni.S. (2018). Participatory Rural Appraisal (PRA) For Corporate Social Responsibility (CSR). Yogyakarta: CV Budi Utama.

Muis, I., dan Khairil Anwar. (2018). Model Kesiapsiagaan Masyarakat dalam Pengurangan Risiko Bencana Tanah Longsor di Desa Tugumukti, Kecamatan Cisarua Kabupaten Bandung Barat. 3(4). 19-30

Pemberdayaan Masyarakat Dalam Mitigasi Bencana Melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (Bpbd) Kota Bandar Lampung Di Kelurahan Kota Karang Kecamatan Teluk Betung Timur Kota Bandar Lampung. Skripsi. Diakses pada 21 Okotober 2021.

Purworejo news.com (2020). Banjir Dan Tanah Longsor Landa Pituruh. Diakses dari https://purworejonews.com/breaking-news-banjir-dan- tanah-longsor-landa-pituruh/

Pusat Pendidikan dan Pelatihan Sumber Daya Air dan Konstruksi. (2017). Modul 3. Modul Konsep dan Karakteristik Bencana Pelatihan Penanggulangan Bencana Banjir.

Rahman, A. Z. (2015). Kajian mitigasi bencana tanah longsor di Kabupaten Banjarnegara. Gema Publica: Jurnal Manajemen dan Kebijakan Publik, 1(1), 1-14.

Wibowo, M.A. (2018). Strategi Peningkatan Kinerja Badan penanggulangan bencana daerah Kabupaten Pacitan Dalam Penanggulangan Bencana. Tesis. Diakses pada 23 Oktober 2021.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JMAN jurnal mahasiswa Administrasi negara



Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Atribusi-Nonkomersial 4.0 Creative Commons Internasional .