PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI (Studi Pada Kantor Kelurahan Kedungsari, Magelang Utara)

Yuyun Purwati, Joko Tri Nugraha

Abstract


Untuk mengetahui sejauh mana keberadaan peran dan kontribusi sumber daya manusia dalam mencapai keberhasilan organisasi, diperlukan pengukuran kinerja. Kinerja sumber daya manusia sangat mempengaruhi keberhasilan suatu organisasi.  Kinerja merupakan suatu hasil yang dicapai oleh pekerja dalam pekerjaannya menurut kriteria tertentu yang berlaku untuk suatu pekerjaan. Kinerja dalam definisi pendapat yang berbeda mengungkapkan kinerja merupakan hasil kerja secara kualitas dan kuantitas yang dicapai oleh seorang pegawai dalam melaksanakan tugasnya sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan kepadanya. Kinerja mengacu pada prestasi pegawai yang diukur berdasarkan standar/kriteria yang ditetapkan oleh organisasi publik. Pengelolaan untuk mencapai kinerja pegawai yang tinggi terutama dimaksudkan untuk meningkatkan kinerja organisasi publik secara keseluruhan. Manfaat pengukuran kinerja pegawai yaitu untuk menganalisa dan mendorong efesiensi produksi untuk menentukan target atau sasaran yang nyata, untuk pertukaran informasi antar tenaga kerja dan manajemen yang berhubungan terhadap masalah-masalah yang berkaitan. Kinerja pegawai di organisasi publik dipengaruhi beberapa faktor diantaranya adalah gaya kepemimpinan dan motivasi kerja. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan teknik pengambilan sampel secara random. Hasil pengolahan data menunjukkan: (1)          Gaya kepemimpinan dan motivasi kerja memiliki pengaruh terhadap Kinerja Pegawai di Kantor Kelurahan Kedungsari Kecamatan  Magelang Utara sebesar R = 0,985; (2) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara gaya kepemimpinan terhadap kinerja pegawai di Kantor Kelurahan Kedungsari  Kecamatan Magelang Utara; (3) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi kerja terhadap kinerja pegawai di Kantor Kelurahan Kedungsari Kecamatan Magelang Utara; (4) Ada pengaruh positif dan signifikan antara gaya kepemimpinan dan motivasi kerja terhadap kinerja pegawai di Kantor Kelurahan Kedungsari Kecamatan Magelang Utara.

 

 Katakunci: Gaya Kepemimpinan, Kinerja Pegawai dan Motivasi Kerja


Full Text:

Untitled

References


Mathis, Robert L, and Jhon H. Jackson. Human Resource Management 10th Edition, Thomson South-Western, United States. 2000.

Menon, Maria E. “Perceptions of PreService and In-Service Teachers Regarding the Effectiveness of Elementary School Leadership in Cyprus”, The International Journal of Educational Management, 16 February, pg. 91-97. 2002.

M. Su’ud. Persepsi Sosial Tentang Kredibilitas Pemimpin, Jurnal Sinergi Kajian Bisnis dan Manajemen, 3(1), 51-65. 2000.

Sudarmanto. Kinerja dan Pengembangan Kompetensi SDM: Teori, Dimensi Pengukuran dan Implementasi dalam Organisasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2009.

Robbins, Stephen P. Perilaku Organisasi, Konsep, Kontrovesi, Aplikasi. PT Prenhallindo, Jakarta. 2001.

Mangkunegara, A.A. Anwar Prabu. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. 2009.

Rita, S. Analisis Pengaruh Kepemimpinan, Kompensasi dan Karakteristik Pekerjaan Terhadap Disiplin Kerja Serta Implikasinya Terhadap Kinerja Pegawai (Studi Pada Kantor Pertanahan Kota Semarang). Jurnal Ekonomi – Manajemen – Akuntansi, No. 26, Th. XVI, 96-116. 2009.

Biatna, D.T. Analisis Faktor Gaya Kepemimpinan dan Faktor Etos Kerja terhadap Kinerja Pegawai pada Organisasi yang Telah Menerapkan SNI 19-9001-2001. Jurnal Standardisasi, 9 (3), 106-115. 2007.

Evi, W. Pengaruh Budaya Organisasi dan Gaya Kepemimpinan terhadap Kinerja Pegawai Bagian Keuangan Organisasi Sektor Publik dengan Motivasi Kerja sebagai Variabel Intervening. Jurnal Nominal, 4 (1), 96-112. 2015.

Enny, R., Y. Warella, Zaenal, H. Pengaruh Motivasi Kerja, Kemampuan Kerja dan Gaya Kepemimpinan terhadap Kinerja Karyawan pada Badan Kesatuan Bangsa dan Perlindungan Masyarakat Provinsi Jawa Tengah. Jurnal Ilmu Adminstrasi dan Kebijakan Publik, 3(1), 89-97. 2006.

Ana, S.E. Pengaruh Motivasi Kerja terhadap Kinerja dengan Persepsi Lingkungan Kerja sebagai Variabel Pemoderasi (Studi pada Satua Polisi Pamong Praja Kota Surakarta). Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 4(1), 19-30. 2012.

Gomes, Faustino Cardoso. Manajemen Sumber Daya Manusia, Andi Offset, Yogyakarta. 2003.

Gibson, Ivanevich dan Donelly. Organisasi: Perilaku, Struktur dan Proses, Binarupa, Jakarta. 2004.

Mathis, Robert L, and Jhon H. Jackson. Human Resource Management 10th Edition, Thomson South-Western, United States. 2000.

Veithzal, Rivai. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan. Cetakan Pertama. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada. 2004.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. 2014.


Refbacks



Copyright (c) 2018 JMAN jurnal mahasiswa Administrasi negara



Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Atribusi-Nonkomersial 4.0 Creative Commons Internasional .