IMPLEMENTASI KEBIJAKAN RETRIBUSI PELAYANAN PARKIR DI TEPI JALAN UMUM KAWASAN PECINAN KOTA MAGELANG BERDASARKAN PERDA KOTA MAGELANG NO. 3 TAHUN 2017

Elsa Aerani, Nike Mutiara Fauziah

Abstract


            Kawasan Pecinan Kota Magelang merupakan daerah dengan tingkat kemacetan yang lumayan tinggi. Hal ini disebabkan banyaknya kendaraan yang terparkir di sepanjang tepi jalan umum. Retribusi Parkir ditepi Jalan Umum diatur dalam Perda Kota Magelang Nomor 3 tahun 2017 tentang Retribusi Jasa Umum. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui Implementasi Kebijakan Retribusi Pelayanan Parkir Di Tepi Jalan Umum di Kawasan Pecinan Kota Magelang berdasarkan Perda Kota Magelang Nomor 3 Tahun 2017. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan Dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah Implementasi Kebijakan Retribusi Pelayanan Parkir ditepi Jalan Umum Kawasan pecinan Kota Magelang berdasarkan perda No. 3 tahun 2017 dikatakan cukup baik, hal ini didasarkan atas terpenuhinya variable Keberhasilan Implementasi Kebijakan menurut Edward III. Dalam mengkomunikasikan kebijakan Perda Nomor 3 tahun 2017 pemerintah Kota Magelang sudah mampu mentransmisikan kebijakan dengan baik, meskipun belum ada Standart Operasional Procedure (SOP) secara tertulis, Pelatihan dan Bimbingan dilaksanakan untuk meningkatkan kualitas juru Parkir, namun sikap dari juru parker dinilai masih kurang. Pengawasan dari masyarakat dibutuhkan dalam mengawasi jalanya kebijakan agar dapat sesuaid engan apa yang menjadi tujuanya.

 

Kata Kunci : Implementasi Kebijakan, Retribusi Parkir, Keberhasilan

 


Full Text:

Untitled

References


A. Ahmadi Imran. 2016. ”Implementasi Kebijakan Pengelolaan Parkir Ditepi Jalan Umum Gajah Mada Oleh Dinas Perhubungan Kota Samarinda “ dalam eJournal Administrasi Negara, Universitas Mulawarman ISSN 0000-0000. http: ejournal.an.fisip-unmul.ac.id,. Vol. 4, No. 2

Agustino, Leo. 2006. Dasar-Dasar Kebijakan Publik. Bandung: Cv Alfabeta

Hakim, Arif Rachman. 2014. “Implementasi Peraturan Daerah Kota Surabaya Nomor 8 Tahun 2012 Tentang Retribusi Pelayanan Parkir Di Tepi Jalan Umum (Studi Deskriptif tentang Pelayanan Parkir di Taman Bungkul Surabaya)” dalam Jurnal Administrasi, Ilmu Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Surabaya, No. 01,Vol. 01

Leo. Agustino. 2012. Dasar-Dasar Kebijakan Publik. Bandung: Alfabeta

Moleong, J. Lexy. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Nawawi, Agus Barda Arif. 2007. Masalah Penegakan Hukum dan Kebijakan Hukum Pidana dalam Penanggulangan Kejahatan. Jakarta : Kencana.

Paisal Rahmad. 2014. ”Implementasi Kebijakan Retribusi Pelayanan Parkir Di Tepi Jalan Umum (Studi Kasus Di Jalan Pahlawan Pasar Segiri Kota Samarinda)” dalam eJournal llmu Administrasi Negara, Universitas Mulawarman. ISSN 0000-0000, http: ejournal.an.fisip-unmul.org,. Vol.4, No. 2

Peraturan Daerah Kota Magelang Nomor 17 tahun 2011 tentang Retribusi Jasa Umum

Peraturan Daerah Kota Magelang Nomor 3 tahun 2017 tentang Retribusi Jasa Umum

Siahaan, Mariot. P. 2005. Pajak Daerah dan Retribusi Daerah. Jakarta: Rajawali Press.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wahab, Solichin Abdul, 2008. Analisis Kebijaksanaan, Dari Formulasi Ke Implementasi Kebijaksanaan Negara, Edisi Ketujuh, Jakarta: Bumi Aksara.

Wibawa, Samodra. 2011. Politik Perumusan kebijakan Publik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Widodo, Joko. 2009. Analisis Kebijakan Publik: Konsep dan Aplikasi Analisis Proses Kebijakan Publik. Malang: Bayumedia.

Winarno, Budi. 2012. Kebijakan Publik: Teori, Proses, dan Studi Kasus. Jakarta: PT Buku Seru.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JMAN jurnal mahasiswa Administrasi negara



Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Atribusi-Nonkomersial 4.0 Creative Commons Internasional .