TRANSFORMASI MANAJEMEN KEPOLISIAN MELALUI PELAYANAN PUBLIK BERBASIS APLIKASI SIM NASIONAL PRESISI (SINAR)

Luthfia Ika Cahyani, Muhammad Fiiki Nurrohman, Meita Ika Setiowati, Rizal Iqbal Taufiq, Ari Mukti

Abstract


Pemerintah sebagai penyelenggara pelayanan publik dituntut untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan barang dan jasa publik. Dalam rangka mewujudkan penyelenggaraan pelayanan publik dibutuhkan manajamen pemerintah yang baik guna mendukung penyelenggaraan pelayanan publik salah satunya dengan melakukan inovasi pelayanan publik. Salah satu inovasi yang dilakukan pemerintah yaitu dengan Aplikasi SINAR yang diluncurkan oleh Kepolisian guna membantu penyelengaraan pelayanan SIM agar efektif dan efisien.  Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui inovasi penyelenggaraan pelayanan publik melalui Aplikasi SINAR serta manfaatnya bagi manajemen pemerintahan. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur dengan menunggunakan buku, jurnal, maupun sumber lain sebagai data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa aplikasi SINAR mempunyai prinsip penyelenggaraan publik yaitu kesederhanaan, kejelasan, kepastian waktu, akurasi, keamanan, tanggung jawab, kelengkapan sarana dan prasarana, kemudahan akses, kedisiplinan, dan kenyamanan. Aplikasi ini juga membantu pemerintah dalam perbaikan manajemen pemerintahan. Walaupun demikian aplikasi ini masih memiliki kekurangan diantaranya aplikasi masih sering error, belum diterapkan di seluruh wilayah Indonesia, dan metode pembayarannya hanya bisa dilakukan melalui ATM, M-Banking atau Internet Banking

Keywords : manajemen pemerintah, inovasi pelayanan publik, Aplikasi Sinar


Full Text:

PDF

References


Fidianingsih, V., & Fanida, E. H. 2020. Inovasi Layanan e-SIM (Elektronik Surat Izin Mengemudi) Sebagai Upaya Meningkatkan Pelayanan di Kepolisian Resort Kota Sidoarjo. Publika, 8(5).

Ismanudin. 2014. Teori Dan Implementasi Manajemen Pemerintahan. Jurnal Aspirasi, 5 (1), 43-53

Peraturan Menteri PANRB Nomor 30 Tahun 2012 Tentang Inovasi Pelayanan Publik

Juwita, A. 2018. Optimalisasi SIM online sebagai strategi untuk mewujudkan pelayanan prima pada kantor Satpas Jember. Airlangga Development Journal, 2(2), 91-117.

Anonim. 2021. Korlantas Polri Luncurkan Aplikasi Pembuatan SIM Online “SINAR” di UI. www.ui.ac.id (diakses pada 20 April 2020)

Korlantas POLRI. 2021. Layanan Perpanjangan SIM Berbasis Aplikasi Sinar Diluncurkan, Ini Alurnya. www.korlantas.polri.go.id (diakses pada 20 April 2020)

Purnama Rayhand. 2021. Sinar, Nama Aplikasi Buat SIM Online via Ponsel Mulai April. www.cnnindonesia.com (diakses pada 20 April 2020)

Andika, M Luthfi. 2021. Aplikasi Perpanjangan SIM Onlien Tak Bisa Diakses, Ini Kata Polisi. www.oto.detik.com (diakses pada 20 April 2020)

Atthahara, H. 2018. Inovasi pelayanan publik berbasis e-government: studi kasus aplikasi Ogan Lopian Dinas Komunikasi dan Informatika di Kabupaten Purwakarta. Jurnal Politikom Indonesiana, 3(1), 66-66.

Oktasari, D. M. 2015. Implementasi Kepmen Pan No. 63 Tahun 2003 Tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Publik Di Kantor Kecamatan Sepaku Kabupaten Penajam Paser Utara. Jurnal Pemerintahan, 3(2), 2257-2262.

Tribun-Bali.com. 2017. Mau Bikin SIM Secara Manual Atau Online? Begini Estimasi Waktu dan Biaya Selengkapnya.

www.bali.tribunnews.com (diakses pada 19 April 2021)

Arnani, Mela. 2021. Cara Perpanjangan SIM Online dan Rincian Biayanya. www.kompas.com (diakses pada 19 April 2021)

Debora, Sonya Teresa. 2021. Simak, Cara Buat dan Perpanjang SIM Online Lewat Ponsel. www.megapolitan.kompas.com (diakses pada 19 April 2021)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JMAN jurnal mahasiswa Administrasi negara



Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Atribusi-Nonkomersial 4.0 Creative Commons Internasional .