METODE PEMBELAJARAN FISIKA BERDASARKAN KESALAHAN YANG DIBANTU MELALUI FILM HOLLOW MAN 2 SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI OPTIKA

Daniel Aryadiputra Krismanda

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) merancang suatu pembelajaran materi optika yang mengajarkan siswa untuk berpikir tingkat tinggi/High Order Thinking Skill (HOTS) dengan memanfaatkan film fiksi ilmiah (Hollow Man 2)yang di dalamnya terdapat beberapa peristiwa yang salah menurut konsep Fisika;(2)membuat model pembelajaran di mana dengan menganalisis kejadian-kejadian tak nalar pada film, materi pembiasan, pemantulan, indeks bias, serta proses mata melihat dapat dipahami dengan lebih baik; (3) memberikan contoh pembelajaran Fisika yang menarik dan menantang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas, dandilakukan kepada 9 mahasiswa Fisika dan Pendidikan Fisika angkatan pertama. Data penelitian diperoleh dari Soal Evaluasi berbasis HOTS serta Lembar Observasi KBM yang didukung oleh Lembar Kuesioner. Dari data yang didapatkan, diperoleh bahwa siswa mengalami peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi dalam menganalisis dan mengevaluasi suatu masalah. Jadi dapat disimpulkan bahwa pembelajaranmenggunakan film Hollow Man 2 berhasil membuat siswa aktif dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, meningkatkan kemampuan siswa dalam berpikir HOTS,serta meningkatkan pemahaman siswa pada materi optika.

 

 


Keywords


HOTS, belajar dari kesalahan, film fiksi ilmiah, optika

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31002/nse.v2i2.705

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indonesian Journal of Natural Science Education 

P-ISSN 2621-8747  |  E-ISSN 2621-8755

Published By:

Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar

Alamat Redaksi:

Jl. Kapten Suparman No. 39, Potrobangsan, Magelang Utara, Kota Magelang, Jawa Tengah 56116

email: ijnse@untidar.ac.id

Indexed By:

  

 

 Creative Commons License 

Indonesian Journal of Natural Science Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License.