JASA DESAIN GRAFIS “WALANG KERIK” SEBAGAI TERAPAN UNSUR SAINS DAN MEDIA PELESTARIAN KEBUDAYAAN

Muhammad Yusrul Falah, Nur Ardiansyah, Zulkifli Sulistiyono, Jihat Bimananta, Eli Trisnowati

Abstract


Usaha yang kami jalankan adalah sebuah jasa desain grafis yang kami beri nama “Walang Kerik” diamana hasil desain yang kami produksi mengangkat tema kebudayaan Indonesia. Dengan mengangkat tema kebudayaan ini kami bertekad untuk terus memperkenalkan budaya yang dimiliki Indonesia supaya tidak tergerus oleh zaman. Kegiatan usaha ini dilakukan selama lima bulan. Dana yang diberikan sudah kami gunakan sepenuhnya sehingga pada aspek alat dan bahan yang diperlukan semua sudah terpenuhi. Pada aspek promosi pun kami sudah melaksanakan promosi secara online dan offline, pada lima bulan perjalanan usaha ini, pendapatan yang diperoleh dari usaha ini sudah melebihi target yang ditentukan. Usaha ini memiliki peluang pasar yang baik karena di daerah Magelang jasa desain yang mencantumkan unsur budaya belum ada, meskipun ada hanya sebagian kecil dan itupun mungkin hanya karena permintaan dari konsumennya bukan karena inisiatif desainernya. Respon dari para konsumenpun menunjukkan bahwa mereka mengalami kepuasan terhadap hasil desain yang kami buat. Mereka puas karena pengerjaan dari desain yang dipesan tergolong cepat dan mereka juga terkesan karena ternyata budaya yang dimiliki Indonesia sangat menarik jika dituangkan dalam sebuah desain.  Dengan semakin banyak desain yang kami buat dan semakin banyak jenis budaya yang kami tuangkan membantu budaya yang dimiliki Indonesia tetap dikenal disetiap generasinya.  


Keywords


jasa desain, desain grafis, seni, budaya

Full Text:

PDF

References


Efendy, O. Uchyana. (1993). Ilmu, Teori, dan Filsafat Komunikasi, Bandung: PT.Citra Aditya Bhakti.

Maimunah, M., Irsan, M., & Viditya, V. C. (2008). Desain Grafis Menunjang Karya Seni Dalam Komputer Melalui Aplikasi Software. CCIT Journal, 1(3), 249-270.

Mubah, A. S. (2011). Strategi Meningkatkan Daya Tahan Budaya Lokal dalam Menghadapi Arus Globalisasi. Jurnal Unair, 24(4), 302-308.

Ngafifi, M. (2014). Kemajuan teknologi dan pola hidup manusia dalam perspektif sosial budaya. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, 2(1).

Sachari, A., & Sunarya, Y. Y. (2000). Tinjauan Desain. Penerbit Institut Teknologi Bandung. Tanpa tahun.

Suneki, S. (2012). Dampak globalisasi terhadap eksistensi budaya daerah. CIVIS, 2(1/Januari).

Zamroni, M. (2009). Perkembangan Teknologi Komunikasi dan Dampaknya Terhadap Kehidupan. Jurnal Dakwah, 10(2), 195-211.

Zen. M.T, (1981), editor, Sains, Teknologi dan Hari Depan Manusia, Jakarta: Penerbit PT.Gramedia.




DOI: https://doi.org/10.31002/nse.v2i1.497

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indonesian Journal of Natural Science Education 

P-ISSN 2621-8747  |  E-ISSN 2621-8755

Published By:

Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar

Alamat Redaksi:

Jl. Kapten Suparman No. 39, Potrobangsan, Magelang Utara, Kota Magelang, Jawa Tengah 56116

email: ijnse@untidar.ac.id

Indexed By:

  

 

 Creative Commons License 

Indonesian Journal of Natural Science Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License.