IDENTIFIKASI PERAN ALAT PERAGA IPA SD/MI DI KABUPATEN WONOSOBO

Firdaus Firdaus, Pamugkas Stiya Mulyani

Abstract


Penelitian ini membahas tentang identifikasi peran alat peraga IPA SD/MI di wilayah Wonosobo. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengetahui ketersediaan alat peraga IPA di SD/MI di kabupaten Wonosobo, (2) Mengetahui peran alat peraga IPA dalam pembelajaran di SD/MI di kabupaten Wonosobo , (3) Menganalisis pelaksanaan pembelajaran terhadap penggunaan alat peraga IPA di SD/MI di kabupaten Wonosobo.  Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa di SD/MI di kabupaten Wonosobo. Adapun jumlah guru sebagai responden sebanyak 16 guru dan jumlah siswanya adalah sebanyak 320 siswa. Adapun proses analisis data dilakukan melalui tiga tahapan, yaitu tabulasi data, analisis data kualitatif dan intepretasi data. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Alat peraga di sekolah sangat minim, banyak guru yang belum dapat membuat alat peraga sendiri dikarenakan waktu yang sangat terbatas dan keterampilan kurang. (2) Alat peraga memberikan dampak baik kepada siswa di antaranya siswa lebih mudah memahami materi, bersemangat, senang, tidak bosan/ betah dan aktif dalam pembelajaran. (3) Guru sudah baik dalam menggunakan alat peraga IPA serta dalam penyampaian materinya, tetapi variasi penggunaan alat peraga IPA kurang dikarenakan ketersediaan alat peraga IPA yang terbatas.


Keywords


identifikasi; alat peraga; IPA

Full Text:

PDF

References


Ainley, J. (2016). A global measure of digital and ICT literacy skills. Australian Council for Education Research, ED/GEMR/MRT/2016/p1/4. Hal. 1–21.

Binkley, M., et al. (2012). Defining Twenty-First Century Skills. In Assessment and Teaching of 21st Century Skills (hal. 17-66). Springer, Dordrecht.

Eggen, P. & Kauchak, D. (2012). Strategi dan Model Pembelajaran, Mengajar Konten dan Keterampilan Berpikir, Edisi 6. Jakarta: Indeks.

Firdaus. (2016). Efektivitas Penggunaan Media Audio-Visual dalam Pembelajaran Sains. Spektra: Jurnal Kajian Pendidikan Sains, 2(1), hal. 46–54.

Kafit, M. (2009). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Komputer untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Kelas VIII MTS NU Hasyim Asy’ari 03 Honggosoco Jekulo Kabupaten Kudus. Tesis magister, tidak diterbitkan, Universitas Negeri Sebelas Maret, Surakarta.

Nasab, M. Z., Esmaeili, R. & Sarem, H. N. (2015). The Use of Teaching Aids and Their Positive Impact on Student Learning Elementery School. International Academic Journal of Social Science, 2(11), 22 – 27.

Rusman, Kurniawan, D., & Riyana, C. (2012). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi: Mengembangkan Profesionalitas Guru. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Shabiralyani, G., Shahzad, K., Hamad, N., & Iqbal, N. (2015). Impact of Visual Aids in Enhancing the Learning Process Case Research: District Dera Ghazi Khan. Journal of Educational and Practice, 6(19), 226 – 233.




DOI: https://doi.org/10.31002/nse.v2i1.493

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indonesian Journal of Natural Science Education 

P-ISSN 2621-8747  |  E-ISSN 2621-8755

Published By:

Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar

Alamat Redaksi:

Jl. Kapten Suparman No. 39, Potrobangsan, Magelang Utara, Kota Magelang, Jawa Tengah 56116

email: ijnse@untidar.ac.id

Indexed By:

  

 

 Creative Commons License 

Indonesian Journal of Natural Science Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License.