HUBUNGAN TINGKAT PENGUASAAN NAMA ILMIAH DENGAN KEMAMPUAN MENENTUKAN GENUS TUMBUHAN OLEH MAHASISWA PENDIDIKAN IPA UNTIDAR
DOI:
https://doi.org/10.31002/nse.v2i1.475Keywords:
Korelasi, Penguasaan nama ilmiah tumbuhan, Kemampuan menentukan genusAbstract
Penggunaan nama ilmiah tumbuhan maupun hewan dalam kehidupan sehari-hari,baik di lingkungan masyarakat maupun dunia pendidikan sangat jarang sehingga sangat sedikit penguasaan mahasiswa terhadap nama ilmiah tumbuhan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan tingkat penguasaan nama ilmiah tumbuhan yang dimiliki oleh mahasiswa Program Studi Pendidikan IPA Universitas Tidar Magelang tahun akademik 2017/2018 terhadap kemampuan menentukan genusnya. Penelitian ini menggunakan tes dan diperdalam dengan wawancara. Analisis data penelitian dengan menggunakan analisis statistik korelasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa presentase rata-rata kemampuan mahasiswa dalam penguasaan nama ilmiah yaitu 18,78% , sedangkan rata-rata kemampuan mahasiswa dalam menentukan genusnya sebesar 86,36%. Dari data tersebut diperoleh korelasi sebesar 0,2343537 yang menunjukkan angka korelasi rendah antara tingkat penguasaan nama ilmiah tumbuhan dengan kemampuan menentukan genusnya. Simpulan mengungkapkan bahwa tidak ada hubungan antara penguasaan nama ilmiah dengan kemampuan menentukan genusnya. Mahasiswa dapat mengelompokkan tumbuhan ke dalam genus yang sama dengan melihat kata pertama pada nama ilmiah tumbuhan.
References
Muhlisin, Ahmad. (2017). Analisis Motivasi Mahasiswa dalam Menempuh Program Sarjana Pendidikan IPA Universitas Tidar. Indonesian Journal of Science and Education (IJOSE), 1(1), Oktober, pp. 57-60.
Juliyanto,Eko dkk . (2013). Perkembangan Pola Pemecahan Masalah Anak Usia Sekolah dalam Memecahkan Permasalahan Ilmu Pengetahuan Alam . Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. 9 , Juli, pp. 151-162.
Amri, & Jafar, Jusmiati. (2016). Analisis Kesulitan Mahasiswa Menghafal Nama-nama Latin di Program Studi Pendidikan Biologi Angkatan 2014 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Parepare. Jurnal Biotek, 4(2), Desember, pp. 262-277.
Silalahi, Marina. (2016). Pengetahuan Mahasiswa Terhadap Keanekaragaman Tumbuhan di Lingkungan Kampus (Studi Kasus Prodi Pendidikan Biologi UKI). Al- Kauniyah Jurnal Biologi, 9(1), Maret, pp. 19-25.
Syamsiah. (2006). Buku Ajar Taksonomi Tumbuhan Tinggi. Makassar: Badan Penerbit UNM.
Suharso dan Retnoningsih, Ana. (2009). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Semarang: Widya Karya.
Tjitrosoepomo, G. (1998). Klasifikasi Tumbuhan. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Sarwono, Sarlito W. (2005). Pengantar Umum Psikologi. Jakarta: Bulan Bintang.
Downloads
Published
Issue
Section
License
The authors who submit the manuscript hold almost all copyrights. However, the right of publication is transferred to Indonesian Journal of Natural Science Education. The right includes the rights to publish their article for the first time and to reproduce and distribute the article, including reprints, translations, photographic reproductions, microform, electronic form (offline, online) or any other reproductions of similar nature. This is copyright transfer form (Download) that must be signed by the corresponding author. After Journal of Natural Science and Integration published the article, the authors have the right to deposit it or republish it.
All articles published Open Access will be immediately and permanently free for everyone to read and download. We are continuously working with our author communities to select the best choice of license options, currently being defined for this journal as follows:
Indonesian Journal of Natural Science Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
you are free to:
Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material
for any purpose, even commercially.
The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.